Kalimaro, Kedungjati, Grobogan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kalimaro adalah desa di kecamatan Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia.

Kelurahan Kalimaro merupakan bagian dari berjalannya administrasi pemerintahan, yang mempunyai peranan sangat penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan program pemerintahan pada semua tingkatan tergantung kepada penyusunan pelaksanaan yang bersumber dari kelurahan dan informasi yang dibuat oleh pemerintahan kelurahan secara sistematis, lengkap, akurat dan terpadu.

Kalimaro
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenGrobogan
KecamatanKedungjati
Kodepos
58167
Kode Kemendagri33.15.01.2010 Edit the value on Wikidata
Luas1.340.755 ha
Jumlah penduduk4.890 jiwa
Kepadatan-

Desa Kalimaro memiliki empat Dusun, yaitu Dusun Kalimaro, Lukas, Krangkek dan Mliwang. Dimana Dusun Mliwang memiliki 6 RT dan 1 RW. Di Dusun ini terdapat 2 masjid, yaitu di RT 01 Masjid Jami’ At Taqwa dan di RT 06 Masjid Babut Taqwa, juga terdapat 7 Mushola di Dusun Mliwang, yaitu Mushola Al Muttaqin di RT 01, Mushola Al Huda dan Al Ikhlas di RT 02, Mushola Roudlotul Jannah di RT 03, Mushola Al Huda di RT 04, Mushola An Nur di RT 05 dan Mushola Nurul Huda di RT 06.

Struktur pembagian administrasi dan pemerintahan Kelurahan Kalimaro, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan sebagai berikut.

Stuktur Administrasi Pemerintahan

No. Struktur Nama
1 Camat Kabupaten Grobogan Winoto
2 Kepala Desa Kalimaro Hartono
3 Sekretaris Sutikno
4 Kaur Keuangan Suali
5 Kaur Pemerintahan Masmul
6 Kaur Sosial Kesra Ustadi
7 Unsur Pelaksana Sujadi
8 Kadus Kalimaro Manggung
9 Kadus Krangkek Tipyani
10 Kadus Mliwang Sri miharti
11 Kadus Lukas Sutikno
12 Unsur Pelaksanan Rusno
13 Pembantu Umum Munawar

Letak wilayah Dusun Mliwang berada di Kelurahan Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut.

Letak Wilayah Kalimaro

No. BATAS DESA/KELURAHAN
1 Sebelah Utara Desa Jumo
2 Sebelah Selatan Desa Kedungjati
3 Sebelah Timur Desa Penadaran, Kec. Gubug
4 Sebelah Barat Lahan Perhutani

Dusun Mliwang merupakan dusun yang sudah mulai berkembang, lembaga pendidikan formal yang ada di Dusun ini mulai dari PAUD, TK dan SD. Sedangkan pendidikan non formal ada TPA dan Madin yang mengajarkan ilmu keagamaan. Adapun tingkat pendidikan di Dusun Mliwang menurut wawancara dengan Ibu Kadus, rata-rata penduduk merupakan tamatan SD-SMP, beberapa hingga jenjang SMA dan masih sedikit yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Keadaan sosial ekonomi masyarakat Dusun Mliwang, Desa Kalimaro berdasarkan mata pencaharian atau pekerjaan sesuai dengan hasil wawancara dengan Ibu Kadus Mliwang sangatlah beragam. Masyarakat di Dusun ini mayoritas tamatan SD bahkan tidak bersekolah, maka masyarakat rata-rata menjadi pekerja buruh lepas di kota besar dan menjadi petani karena luasnya lahan persawahan yang ada di Desa Kalimaro. Dengan mengandalkan sawah, masyarakat rata-rata menjadi petani jagung, padi, kedelai dan pohon jati. Dan ada pula beberapa masyarakat yang menjadi wirausaha dan wiraswasta.

Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kondisi ekonomi rata-rata masyarakat di Dusun ini masih tergolong rendah, karena mayoritas masyarakat menjadi buruh harian lepas, petani dan bahkan ada yang belum bekerja. (Pebruari, 2018)

Keadaan Sosial Budaya Masyarakat Dusun Mliwang, Desa Kalimaro Kabupaten Grobogan sangat beragam dan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemasyarakatan dan adat istiadat. Mendahulukan dan menghormati guru/Kyai, orang yang lebih tua, suka bergotong-royong, tolong menolong dan lain sebagainya. Keadaan sosial keagamaan masyarakat Dusun Mliwang, Desa Kalimaro, Kecamatan Kedungjati, Kab. Grobogan mayoritas beragama Islam, dan ada beberapa masyarakat yang beragama non muslim. Di Dusun Mliwang terdapat dua buah masjid yang terletak di RT 01 dan RT 06 dimana masjid tersebut sangat menunjang keberlangsungan peribadahan warga masyarakat, juga terdapat beberapa TPA dan Madin yang juga menyokong anak-anak dalam mempelajari ilmu agama. Selain itu, kegiatan keagamaan rutin dilakukan di Dusun Mliwang di antaranya adalah Jam’iyyah Yasinan Bapak-Bapak dan yasinan Ibu-Ibu tiap RT, pengajian selapanan se Dusun Mliwang, Al-Barjanji dan Tahlil. (Pebruari, 2018)