Kaki lima (arsitektur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Atap sebuah rumah di Australia Utara. Bagian bawah berwarna putih disebut sebagai kaki lima. Dalam contoh ini kaki lima dipasang pada kemiringan kasau . Papan lisplang abu-abu tua membentuk tepi luar dan memiliki alur untuk menerima lembaran lapisan kaki lima yang menutupi ekor kasau.

Kaki lima adalah fitur arsitektur eksterior atau interior, umumnya bagian bawah elemen konstruksi yang horizontal dan tinggi. Bentuk dasarnya, terkadang menggabungkan atau menyiratkan proyeksi balok, kasau, atau rangka pada bagian luar dinding pendukung, adalah bagian bawah ceracapan (untuk menghubungkan dinding pendukung ke tepi atap yang menonjol). Papan vertikal di tepi atap disebut lisplang .

Di bawah ceracapan atap[sunting | sunting sumber]

Dalam analisis spasial, ini adalah salah satu dari dua bidang yang diperlukan dari setiap area (3 dimensi) yang dibangun secara opsional, ceracapan, yang diproyeksikan, agar area tersebut berada di dalam ruang bangunan.

Dalam analisis muka dua dimensi, muka tersebut merupakan muka diskrit yang hampir selalu sejajar dengan tanah yang menjembatani celah antara pembatas (dinding) bangunan dan salah satu: bidang asing paralelnya ( lisplang ) bila ada; atau jika tidak ada bidang seperti itu, suatu titik di sepanjang (atau ujung tiba-tiba) jorokan luar jorokan atap. Kaki lima dan lisplang biasanya disekrup atau dipaku ke kasau yang dikenal sebagai kasau loookout, perbaikannya sering kali dilakukan secara bersamaan. Dinding tembok pembatas atau birai cenderung menghalangi bagian atap, sebagai desain alternatif, keduanya lebih menyukai atap datar dan dinding tahan cuaca. Jorokan atap yang sangat menonjol merupakan ciri khas arsitektur Eropa untuk melindungi dinding dari hujan, hujan es, dan salju seperti gaya chalet Swiss, arsitektur Belanda, Rumania, dan Tudor .

Referensi[sunting | sunting sumber]