Ceracapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ceracapan menjorok, ditampilkan di sini dengan sistem braket modillon

Ceracapan[1] adalah tepi atap yang menjorok ke permukaan dinding dan, biasanya, menonjol di luar sisi bangunan. Atapnya membentuk penjorok untuk membuang air dari dinding dan mungkin dihias dengan tinggi sebagai bagian dari gaya arsitektural, seperti sistem braket kayu sangga lengkung Tiongkok.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Fungsi utama dari ceracapan adalah untuk menahan air hujan dari dinding dan untuk mencegah masuknya air di persimpangan dimana atap bertemu dengan dinding. Ceracapan juga dapat melindungi jalur di sekitar bangunan dari hujan, mencegah erosi pijakan, dan mengurangi percikan di dinding dari hujan saat menyentuh tanah.

Fungsi sekundernya adalah untuk mengontrol penetrasi matahari sebagai bentuk desain bangunan surya pasif ; ceracapan yang menjorok dapat dirancang untuk menyesuaikan perolehan matahari bangunan agar sesuai dengan iklim setempat, garis lintang, dan orientasi bangunan. [2]

Ceracapan yang menjorok juga dapat menampung bukaan untuk ventilasi ruang atap. [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stevens, Alan M. (2004). A comprehensive Indonesian-English Dictionary (dalam bahasa Inggris). PT Mizan Publika. ISBN 978-979-433-387-7. 
  2. ^ External moisture – a guide to using the risk matrix (PDF). Department of Building and Housing New Zealand. 2005. hlm. 8. 
  3. ^ "HOME CLINIC; Making Eaves Inspection a Routine". The New York Times. 26 November 2000. Diakses tanggal 17 May 2011.