Kaki-rumbai besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaki-rumbai besar
Phalaropus tricolor

Female (breeding plumage)
Status konservasi
Risiko rendah
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusPhalaropus
SpesiesPhalaropus tricolor
(Vieillot, 1819)
Tata nama
Dinamakan berdasarkanAlexander Wilson
Sinonim taksonSteganopus tricolor
ProtonimSteganopus tricolor
Distribusi

Kaki-rumbai besar ( Phalaropus tricolor ) adalah sejenis burung perandai, burung kaki-rumbai terbesar, berkembang biak di padang rumput Amerika Utara di Kanada bagian barat dan Amerika Serikat bagian barat. Ia bermigrasi, musim dingin di danau garam pedalaman dekat Andes di Argentina .[2] Mereka adalah migran yang melintasi Amerika Tengah sekitar bulan Maret/April dan kembali pada bulan September/Oktober. Spesies ini merupakan burung pengungsi langka di Eropa Barat.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Burung ini dinamai ahli burung Skotlandia-Amerika Alexander Wilson . [3] Nama Inggris dan nama genus untuk phalarope berasal dari bahasa Prancis phalarope dan bahasa Latin ilmiah Phalaropus dari bahasa Yunani Kuno phalaris, "orang bodoh", dan pous, "kaki". Coots dan phalaropes keduanya memiliki jari kaki yang melengkung. Tiga warna spesifiknya berasal dari bahasa Latin tri-, "tiga-", dan warna, coloris "warna". [4] [5]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kaki-rumbai besar sedikit lebih besar dari kaki-rumbai merah sekitar 23 cm (9,1 in) panjangnya. Ini adalah burung pantai mungil dengan jari kaki melengkung dan paruh hitam halus. Betina yang sedang berkembang biak sebagian besar berwarna abu-abu dan coklat di bagian atas, dengan bagian bawah berwarna putih, leher kemerahan, dan bercak kemerahan di panggul. Jantan yang berkembang biak adalah versi betina yang lebih kusam, dengan punggung berwarna coklat, dan bercak kemerahan berkurang atau tidak ada.

Pengukuran : [6]

  • Panjang : 87–94 in (220–240 cm)
  • Berat : 13–39 oz (370–1.110 g)
  • Lebar Sayap : 153–169 in (390–430 cm)

Dalam sebuah studi tentang pembiakan kaki-rumbai besar di provinsi Saskatchewan, Kanada, betina ditemukan rata-rata berukuran sekitar 10% lebih besar dalam ukuran standar dan berat sekitar 30% lebih banyak dibandingkan jantan. Betina memiliki berat 68 hingga 79 g (2,4 hingga 2,8 oz), sedangkan jantan rata-rata 518 g (18,3 oz) .

Burung muda berwarna abu-abu dan coklat di bagian atas, dengan bagian bawah berwarna keputihan dan bercak gelap di bagian mata. Di musim dingin, bulunya pada dasarnya berwarna abu-abu di bagian atas dan putih di bagian bawah, tetapi penutup mata berwarna gelap selalu ada. Umur rata-rata di alam liar adalah 10 tahun.[7]

Ekologi dan status[sunting | sunting sumber]

Kaki-rumbai sangat halofilik (mencintai garam) dan makan dalam jumlah besar ketika bermigrasi di danau garam seperti Danau Mono di California, Danau Abert di Oregon, dan Great Salt Lake di Utah, sering kali dengan phalarope berleher merah .

Saat makan, kaki-rumbai besar sering berenang dalam lingkaran kecil dan cepat, membentuk pusaran air kecil. Perilaku ini diduga membantu proses makan dengan cara mengangkat makanan dari dasar perairan dangkal. Burung itu akan mencapai pinggiran pusaran dengan paruhnya, mencabut serangga kecil atau krustasea yang terperangkap di dalamnya.

Peran jenis kelamin burung pada umumnya terbalik pada ketiga spesies kaki-rumbai. Betina lebih besar dan berwarna lebih cerah dibandingkan jantan. Betina mengejar jantan, bersaing memperebutkan wilayah bersarang, dan akan secara agresif mempertahankan sarang dan pasangan pilihannya. Setelah betina bertelur, mereka mulai bermigrasi ke selatan, meninggalkan jantan yang mengerami telurnya. Tiga sampai empat telur diletakkan di sarang tanah dekat air. Yang muda mencari makan sendiri.

Meski sangat umum, populasi burung ini mungkin telah menurun di beberapa daerah karena hilangnya habitat lahan basah di padang rumput. Beberapa area persiapan sangat penting selama migrasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Steganopus tricolor". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ "500,000 birds to migrate from Utah to Argentina". The Advocate. August 4, 2013. 
  3. ^ Szabo, M.J. (2013) Wilson's phalarope in Miskelly, C.M. (ed.) New Zealand Birds Online.
  4. ^ "Phalarope"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  5. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 301, 390. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  6. ^ "Wilson's Phalarope Identification, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-27. 
  7. ^ Wasser, D. E.; Sherman, P. W. (2010). "Avian longevities and their interpretation under evolutionary theories of senescence". Journal of Zoology. 280 (2): 103. doi:10.1111/j.1469-7998.2009.00671.x.