Kaki-rumbai kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaki-rumbai kecil
Phalaropus lobatus

Breeding plumage
Winter plumage
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693490
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusPhalaropus
SpesiesPhalaropus lobatus
Linnaeus, 1758
Tipe taksonomiPhalaropus
Tata nama
Sinonim takson
  • Tringa lobata and Lobipes lobatus Linnaeus, 1758[1]
Distribusi

Range of P. lobatus      Breeding range     Wintering range

Kaki-rumbai kecil ( Phalaropus lobatus ), juga dikenal sebagai kaki-rumbai utara dan kaki-rumbai hiperborean, [3] adalah burung perandai kecil. Kaki-rumbai ini berkembang biak di wilayah Arktik di Amerika Utara dan Eurasia . Ia bermigrasi, dan, yang tidak biasa bagi seekor burung perandai , ia bermigrasi dari musim dingin di laut ke lautan tropis.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kaki-rumbai kecil berukuran sekitar 18 cm (7,1 in) panjangnya, dengan jari-jari kaki melengkung dan paruh lurus dan halus. Betina yang sedang berkembang biak sebagian besar berwarna abu-abu tua di bagian atas, dengan leher berwarna kastanye dan dada bagian atas, wajah hitam dan tenggorokan putih. Mereka memiliki garis sayap putih yang membantu membedakan burung ini dari kaki-rumbai amerika yang serupa. Jantan yang berkembang biak adalah versi betina yang lebih kusam. Mereka memiliki jari-jari kaki yang melengkung untuk membantu mereka berenang. Burung muda berwarna abu-abu dan coklat di bagian atas, dengan bagian bawah mengkilap dan bercak hitam di bagian mata. Di musim dingin, bulunya pada dasarnya berwarna abu-abu di bagian atas dan putih di bagian bawah, tetapi penutup mata hitam selalu ada. Mereka memiliki suara tajam yang digambarkan sebagai whit atau twit .

Pengukuran standar
Panjang 1.650–200 mm (65–8 in)
Berat 35 g (1,2 oz)
Lebar sayap 380 mm (15 in)
Sayap 101–1.065 mm (4,0–41,9 in)
Ekor 45–51 mm (1,8–2,0 in)
Kulmen 202–235 mm (8,0–9,3 in)
Tarsus 198–216 mm (7,8–8,5 in)

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Pada ketiga spesies kaki-rumbai, betina berukuran lebih besar dan warnanya lebih cerah dibandingkan jantan. Betina mengejar dan memperebutkan pejantan, dan akan mempertahankan pasangannya dari betina lain hingga perkawinan selesai dan pejantan memulai inkubasi. Jantan melakukan semua aktivitas inkubasi dan membesarkan anak ayam, sedangkan betina mungkin berusaha mencari pasangan lain. Jika seekor pejantan kehilangan telurnya karena dimangsa, ia mungkin akan berpasangan kembali dengan pasangan aslinya atau betina baru untuk mencoba lagi. Ketika musim kawin sudah terlambat untuk memulai sarang baru, betina memulai migrasi ke selatan, meninggalkan jantan untuk mengerami telur dan merawat anak-anaknya.

Sarangnya berupa cekungan yang ditumbuhi rumput di puncak gundukan kecil. Satu sarang burung biasanya ada empat telur berwarna kuning zaitun bernoda, tapi bisa lebih sedikit. Inkubasi sekitar 20 hari. Anak-anaknya kebanyakan mencari makan sendiri dan mampu terbang dalam waktu 20 hari setelah menetas.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Saat makan, kaki-rumbai kecil sering kali berenang dalam lingkaran kecil dan cepat, membentuk pusaran air kecil. Perilaku ini diduga membantu proses makan dengan cara mengangkat makanan dari dasar perairan dangkal. Burung itu akan menjangkau bagian tengah pusaran dengan paruhnya, mencabut serangga kecil atau krustasea yang terperangkap di dalamnya. Di laut terbuka, mereka sering ditemukan dimana arus konvergen menghasilkan upwelling. Selama migrasi, beberapa kawanan singgah di perairan terbuka di mulut Teluk Fundy untuk mengambil keuntungan dari makanan yang disebabkan oleh arus pasang surut.

Migrasi[sunting | sunting sumber]

Hampir seluruh musim non-kawin dihabiskan di perairan terbuka. Karena spesies ini jarang melakukan kontak dengan manusia, spesies ini bisa sangat jinak.

Status[sunting | sunting sumber]

Kaki-rumbai kecil adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Red-necked Phalarope (Phalaropus lobatus) - Avibase". avibase.bsc-eoc.org. Diakses tanggal 2020-10-19. 
  2. ^ BirdLife International (2019). "Phalaropus lobatus". 2019: e.T22693490A155525960. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22693490A155525960.en. 
  3. ^