Kaki-rumbai merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaki-rumbai merah
Phalaropus fulicarius

female in breeding plumage
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693494
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusPhalaropus
SpesiesPhalaropus fulicarius
(Linnaeus, 1758)
Tipe taksonomiPhalaropus
Tata nama
Sinonim takson
  • Tringa fulicaria Linnaeus, 1758
  • Crymophilus fulicarius (Linnaeus, 1758)
  • Phalaropus fulicaria (lapsus)
ProtonimTringa fulicaria
Distribusi

Breeding distribution
EndemikSatpura National Park

Kaki-rumbai merah atau kaki-rumbai kelabu ( Phalaropus fulicarius ) adalah sejenis burung perandai kecil. Burung kaki-rumbai ini berkembang biak di wilayah Arktik di Amerika Utara dan Eurasia . Ia bermigrasi, dan, yang tidak biasa bagi seekor burung perandai bermigrasi terutama melalui jalur samudera, musim dingin di laut di lautan tropis.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kaki-rumbai merah berukuran sekitar 21 cm (8,3 in) panjangnya, dengan jari-jari kaki melengkung dan paruh lurus, agak lebih tebal dibandingkan kaki-rumbai kecil . Betina yang sedang berkembang biak didominasi warna coklat tua dan hitam di bagian atas, dengan bagian bawah berwarna merah dan bercak putih di pipi. Paruhnya berwarna kuning, ujungnya hitam. Jantan yang berkembang biak adalah versi betina yang lebih kusam. Burung muda berwarna abu-abu muda dan coklat di bagian atas, dengan bagian bawah mengkilap dan bercak gelap di bagian mata. Di musim dingin, bulunya pada dasarnya berwarna abu-abu di bagian atas dan putih di bagian bawah, tetapi penutup mata hitam selalu ada. Paruhnya berwarna hitam di musim dingin. Mereka mengeluarkan suara "Beek" dan itupun hanya sebentar.

Pengukuran Standar
panjang 1.960–230 mm (77–9 in)
berat 55 g (1,9 oz)
lebar sayap 430 mm (17 in)
sayap 121–132 mm (4,8–5,2 in)
ekor 585–671 mm (23,0–26,4 in)
culmen 21–23 mm (0,83–0,91 in)
tarsus 218–23 mm (8,58–0,91 in)

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Peran jenis kelamin burung pada umumnya terbalik pada ketiga spesies kaki-rumbai. Betina lebih besar dan berwarna lebih cerah dibandingkan jantan. Betina mengejar jantan, bersaing memperebutkan wilayah bersarang, dan akan secara agresif mempertahankan sarang dan pasangan pilihannya. Setelah betina bertelur berwarna coklat zaitun, mereka memulai migrasi ke selatan, meninggalkan jantan untuk mengerami telur dan merawat anak-anaknya. Tiga sampai enam telur diletakkan di sarang tanah dekat air. Inkubasi berlangsung 18 atau 19 hari. Anak-anaknya kebanyakan mencari makan sendiri dan mampu terbang dalam waktu 18 hari setelah lahir.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Saat mengais makanan, kaki-rumbai merah sering berenang dalam lingkaran kecil dan cepat, membentuk pusaran air kecil. Perilaku ini diduga membantu proses makan dengan cara mengangkat makanan dari dasar perairan dangkal. Burung itu akan mencapai pinggiran pusaran dengan paruhnya, mencabut serangga kecil atau krustasea yang terperangkap di dalamnya. Mereka terkadang terbang untuk menangkap serangga yang sedang terbang. Di lautan terbuka, mereka ditemukan di daerah dimana arus laut yang menyatu menghasilkan upwelling dan sering ditemukan di dekat kelompok paus . Di luar musim bersarang, mereka sering bepergian secara berkelompok.

Spesies ini seringkali sangat jinak dan mudah didekati.

Status dan konservasi[sunting | sunting sumber]

Kaki-rumbai merah adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Phalaropus fulicarius". 2018: e.T22693494A132531581. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22693494A132531581.en.