Kaeng phet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaeng phet
Kaeng phet mu kari merah babi
Nama lainKari merah
JenisKari
Tempat asalThailand
Bahan utamaBumbu kari merah (bawang merah, bawang putih, cabai merah kering, lengkuas, terasi, garam, kulit jeruk purut, ketumbar, biji ketumbar, jintan putih, lada, sereh), santan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Bahan bumbu kari merah sebelum dihaluskan

Kaeng phet atau kari merah (Thai: แกงเผ็ด; RTGS: kaeng phet, IPA: [kɛːŋ pʰèt], terjemahan: sup pedas) adalah masakan Thailand populer yang dibuat dari campuran bumbu kari merah, santan, dan daging; biasanya daging ayam, babi, atau sapi.

Bumbu halus kari merah[sunting | sunting sumber]

Bumbu dasar kari merah (Thai: พริกแกงเผ็ด RTGS: prik gaeng ped) secara tradisional dibuat dari bahan segar yang dihaluskan atau dilumat dengan menggunakan cobek dan ulekan. Bumbu ini tergolong bumbu basah, namun biasanya bumbu kering dahulu yang dihaluskan. Warna merah berasal dari cabai merah kering besar (Thai: พริกแห้งเม็ดใหญ่ RTGS: prik haeng met yai) – yang merupakan cabai merah prik chee fa yang dikeringkan.

Bumbu kari merah terdiri atas campuran cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, lengkuas, terasi, garam, kulit jeruk purut, ketumbar, biji ketumbar, jintan putih, lada, dan sereh.[1] Di pasar tradisional Thailand, bumbu kari merah segar produksi massal siap pakai dijual, biasanya dalam tumpukan pasta bumbu berwarna merah. Kini bumbu kari merah Thai dalam botol atau toples juga tersedia di pasar swalayan dengan merek-merek tertentu.

Bahan dan cara penyiapan[sunting | sunting sumber]

Bumbu kari merah halus tadi dimasak dalam wajan dengan minyak goreng, kemudian ditambahkan santan kelapa.[1] Kemudian, irisan daging sebagai lauk sumber protein, dimasukkan ke dalam campuran kari merah berkuah ini. Beragam jenis daging dapat digunakan untuk membuat kari merah, antara lain daging ayam, babi, sapi, udang, bahkan daging eksotik seperti daging paha kodok atau daging ular. Resep paling lazim menggunakan daging ayam, babi, atau sapi. Bumbu tambahan lainnya kemudian ditambahkan, antara lain kecap ikan, gula, irisan daun jeruk purut, terong sayur bulat, rebung, daun kemangi Thailand (bai horapha).[2]

Tahu, daging tiruan vegetarian, atau sayur-sayuran seperti labu dan blewah dapat juga digunakan sebagai pengganti daging, untuk membuat versi vegetarian kaeng phet. Akan tetapi karena adanya kandungan terasi udang dalam bumbu kari, maka hidangan ini tidak sepenuhnya vegetarian. Hidangan ini biasanya disajikan berkuah dengan kekentalan seperti sup, dan disajikan dengan nasi putih.

Bumbu kari merah sendiri kerap kali dijadikan bumbu tambahan untuk menambah citarasa makanan lainnya, seperti thot man pla (semacam perkedel ikan) and sai ua (sosis Chiang Mai panggang).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Mark Wiens (June 20, 2014). "Authentic Thai Red Curry Paste Recipe (พริกแกงเผ็ด)". Eating Thaifood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-24. Diakses tanggal 20 May 2015. 
  2. ^ surfin' chef. "Scrumptious Thai Coconut Red Curry". Food.com. Diakses tanggal 20 May 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]