Kacang saba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kacang saba
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
Pachira aquatica

Sinonim

Carolinea macrocarpa
Bombax macrocarpum
Pachira macrocarpa

Kacang saba[2] (Pachira Aquatica) adalah pohon lahan basah tropis dalam keluarga Malvaceae, berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan tumbuh di rawa-rawa. Tumbuhan ini dijual secara komersial dengan nama Pohon Uang dan Tanaman Uang.[2] Pohon ini terkadang dijual dengan batang yang dikepang dan umumnya ditanam sebagai tanaman hias, meskipun yang lebih umum dijual sebagai tanaman hias sebenarnya adalah spesies serupa yakni Pachira glabra.[3]

Dalam Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Di Asia Timur tumbuhan ini (Hanzi: 馬拉巴栗; Pinyin: Mǎlābā lì; harfiah: 'Kastanye Malabar') sering disebut sebagai "pohon uang goyang" (搖錢樹). Pohon ini telah lama populer sebagai tanaman hias di Jepang. Pada tahun 1986, seorang sopir truk Taiwan pertama kali menanam lima pohon kecil dalam satu pot bunga dengan batangnya yang dikepang. Popularitas tanaman hias ini meningkat pesat di Jepang dan kemudian di sebagian besar negara Asia Timur lainnya. Mereka secara simbolis dikaitkan dengan keberuntungan finansial dan biasanya terlihat dalam bisnis, terkadang dengan pita merah atau hiasan lain yang dilampirkan. Namun, banyak spesimen dalam budidaya yang dijual sebenarnya adalah spesies yang berkerabat dekat yakni P. glabra, yang dasar tebalnya mengembang pada usia yang lebih muda dan memiliki kebiasaan pertumbuhan yang lebih kecil, bunga yang kurang mencolok, dan kapsul biji berwarna hijau berukuran 6 inci, bukan kapsul biji coklat berukuran 12 inci.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Botanic Gardens Conservation International (BGCI); IUCN SSC Global Tree Specialist Group (2019). "Pachira aquatica": e.T146783390A146783392. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-2.RLTS.T146783390A146783392.en. 
  2. ^ a b "Bonsai Pohon Uang (Pachira aquatica): Cara Merawat & Panduan Pembuatan Bonsai Pohon Uang". bennisobekti.com. 06 Desember 2018. Diakses tanggal 13 Januari 2023. 
  3. ^ "Pachira aquatica" Hawaiian Tropical Plants Nursery