Kabhi Alvida Naa Kehna (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Kabhi Alvida Naa Kehna"
Singel oleh Sonu Nigam dan Alka Yagnik
dari album Kabhi Alvida Naa Kehna
BahasaHindi
Dirilis16 Juni 2006
StudioDharma Productions Pvt. Ltd.
Red Chillies Productions
Durasi6:43 (Video musik)[1]
8:06 (Audio)[2]
LabelSony Music Entertainment India Pvt. Ltd.
Komponis musikShankar–Ehsaan–Loy
LirikusJaved Akhtar
ProduserHiroo Yash Johar
Karan Johar
Kronologi singel Sonu Nigam dan Alka Yagnik
""Chori Chori""
(2005)
"Kabhi Alvida Naa Kehna"
(2006)
""Tumhi Dekho Naa""
(2006)
Audio luar
audio di YouTube

"Kabhi Alvida Naa Kehna" (bahasa Indonesia: "Tidak Pernah Mengucap Selamat Tinggal") adalah sebuah lagu dari drama percintaan 2006 Kabhi Alvida Naa Kehna, yang menjadi lagu utama untuk film tersebut. Lagu tersebut menampilkan Shahrukh Khan, Rani Mukerji, Preity Zinta, Abhishek Bachchan, dan Ahsaas Channa. Lagu tersebut dinyanyikan oleh Sonu Nigam dan Alka Yagnik. Lagu tersebut dirilis pada 16 Juni 2006.

Lagu tersebur digubah oleh oleh Shankar–Ehsaan–Loy dan ditulis oleh Javed Akhtar. Lagu tersebut diproduksi oleh Hiroo Yash Johar dan Karan Johar dan berada dibawah label Sony Music India.[1]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video musik ini menampilkan sebagian dari pemain film Kabhi Alvida Naa Kehna.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada bagian awal, tampak Dev Saran (Shahrukh Khan) yang pergi ke rumah barunya, lalu disambung dengan Maya Talwar (Rani Mukherji) yang keluar dari stasiun kereta dengan membawa koper, kemudian kamera menunjukkan papan yang bertuliskan "WELCOME TO PHILADELPHIA, The City of Brotherly Love". Setelah itu, kamera mulai memperlihatkan bagian dalam rumah baru Maya, disambung dengan memperlihatkan bagian dalam rumah baru Dev. Kemudian, Dev memeluk sebuah bola dan pada bagian itu Sonu Nigam mulai bernyanyi, dilanjutkan dengan Maya yang melihat-lihat bagian dalam rumah barunya. Kemudian, Dev menaruh foto dia bersama anaknya di rak buku, lalu dia melihat ke luar jendela, disambung dengan Maya yang sedang bersandar di sebuah tembok yang kelihatan sedang frustasi. Kemudian, tampak Dev yang sedang berjalan pincang membawa tasnya dan ia memakai jaket.[1]

Pada bagian tengah, tampak Rhea Saran (Preity Zinta) yang sedang menandatangani surat perceraian dengan suaminya, disambung dengan Rishi Talwar (Abhishek Bachchan) yang sedang melepaskan cincin kawinnya dengan menahan tangis. Setelah itu, kamera turun dari atas ke bawah, memperlihatkan anak-anak yang sedang keluar dari sekolahnya dan salah satunya Arjun Saran (Ahsaas Channa), kemudian ia bertemu dan berpelukan dengan ibunya yaitu Rhea, kemudian Rhea melihat Dev dan mereka berdua saling bertatapan, lalu Rhea pergi meninggalkannya begitu saja, dan saat itulah Alka Yagnik mulai bernyanyi. Setelah itu, tampak adegan yang memperlihatkan dimana Maya menjadi guru baru di sebuah sekolah, disambung dengan Maya yang sedang berjalan sambil menangis kecil di taman bermain. Adegan berikutnya menampilkan Dev yang sedang duduk di bangku jalan, kemudian datang seorang laki-laki gendut yang sedang membaca koran, disambung dengan Maya yang sedang menangis di bangku taman, diikuti dengan Dev yang sedang makan, dan setelah itu disambung lagi dengan Maya yang sedang makan. Kemudian layar menjadi putih, dan kemudian menampilkan Rishi yang sedang menaiki tangga dan tiba-tiba hujan turun, lalu disambung dengan Maya yang sedang berjalan di tengah hujan lebat, lalu disambung lagi dengan Rhea yang sedang menggendong anaknya, dan yang terakhir disambung dengan Dev yang sedang berjalan di tengah-tengah hujan salju. Pada adegan berikutnya, menampilkan Maya yang sedang kedinginan berjalan di tengah-tengah hujan salju, disambung dengan Dev yang sedang meminum kopi sambil berjalan di stasiun kereta. Adegan berikutnya, menampilkan Maya yang sedang duduk di bangku taman. Adegan selanjutnya, menampilkan Dev yang sedang berjalan di tengah lapangan sepak bola yang tertutupi salju, disambung dengan Maya yang sedang mengusap air matanya, disambung lagi dengan adegan Dev di tengah lapangan sepak bola, kemudian disambung lagi dengan Maya yang sedang berjalan di jalanan penuh salju.[1]

Pada bagian akhir, menunjukkan adegan dimana Dev dan Maya yang sedang duduk bersama di tangga, kemudian disambung dengan mereka yang sedang berjalan di antara tangga. Setelah itu tampak Maya yang sedang bersandar di sebuah pagar rumah sambil melamun, kemudian disambung dengan Dev yang sedang berjalan sambil merangkul tangga, lalu disambung lagi dengan Maya yang sedang duduk di bangku stadion. Pada adegan selanjutnya, memperlihatkan Dev yang sedang melihat sebuah surat. Lalu pada adegan terakhir, tampak Maya yang sedang berjalan membawa tumpukan sayuran, kemudian ia bertemu dengan mantan suaminya di zebracross, dan kemudian pada layar tampak tulisan "3 Years Later", yang mana menandakan lompatan waktu ke tiga tahun setelahnya.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Lokasi pengambilan salah satu adegan pada video musik Kabhi Alvida Naa Kehna.[1]

Lokasi syuting video musik ini adalah di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, seperti yang tampak pada bagian awal video musik ini.

Philadelphia[sunting | sunting sumber]

Philadelphia adalah kota terbesar di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Pada tahun 2018, diperkirakan populasi kota ini adalah 1.584.138.[3] Kota ini memiliki total luas daerah sebesar 369.59 km2 dan kepadatan populasinya adalah sekitar 4,554.95/km2.

Kota ini didirikan oleh seorang kaum quaker bernama William Penn pada 1682.[4][5]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Daftar penghargaan dan nominasi yang diterima oleh lagu Kabhi Alvida Naa Kehna[6]
Penghargaan Kategori Penerima Hasil
Penghargaan Film Bollywood Penyanyi Playback Perempuan Terbaik Alka Yagnik Menang
Penghargaan Filmfare Pembuat Lirik Terbaik Javed Akhtar Nominasi
Penyanyi Playback Laki-Laki Terbaik Sonu Nigam
Penyanyi Playback Perempuan Terbaik Alka Yagnik
Penghargaan Film India Global Penyanyi Playback Laki-Laki Terbaik Sonu Nigam
International Indian Film Academy Awards Pembuat Lirik Terbaik Javed Akhtar
Penyanyi Playback Laki-Laki Terbaik Sonu Nigam
Penyanyi Playback Perempuan Terbaik Alka Yagnik

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Kabhi Alvida Naa Kehna - Title Song | Shahrukh | Rani | Preity | Abhishek, diakses tanggal 2019-10-12 
  2. ^ Kabhi Alvida Naa Kehna Best Title Track - Shah Rukh Khan|Rani|Sonu Nigam|Alka Yagnik, diakses tanggal 2019-10-12 
  3. ^ "U.S. Census Bureau QuickFacts: Philadelphia County, Pennsylvania". www.census.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-12. 
  4. ^ Weigley, Russell Frank; Wainwright, Nicholas B.; Wolf, Edwin (1982). Philadelphia : a 300 year history. Internet Archive. New York : W.W. Norton. 
  5. ^ Gattuso, John; Discovery Channel (Firm) (2001). Philadelphia. Internet Archive. Singapore : APA Publications ; Boston : Distributed in the United States by Langenocheidt. 
  6. ^ Kabhi Alvida Naa Kehna - IMDb, diakses tanggal 2019-10-12 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]