Kâmil Pasha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kıbrıslı
Mehmed Kâmil
Pasha
Kamil bey.jpg
Wazir Agung Kesultanan Utsmaniyah
Masa jabatan
25 September 1885 – 4 September 1891
Penguasa monarkiAbdul Hamid II
PendahuluMehmed Said Pasha
PenggantiAhmed Cevad Pasha
Masa jabatan
2 October 1895 – 7 November 1895
Penguasa monarkiAbdul Hamid II
PendahuluMehmed Said Pasha
PenggantiHalil Rifat Pasha
Informasi pribadi
Lahir1833
Nicosia, Eyalet Siprus, Kesultanan Utsmaniyah
Meninggal dunia14 November 1913 (usia 80)
Nicosia, Protektorat Siprus, Britania Raya
KebangsaanWarga Negara Utsmaniyah
Partai politikPartai Kebebasan dan Keselarasan

Mehmed Kâmil Pasha (Turki Utsmaniyah: محمد كامل پاشا; bahasa Turki: Kıbrıslı Mehmet Kâmil Paşa, "Mehmed Kamil Pasha the Cypriot"), juga bisa ditulis dengan Kiamil Pasha (1833 – 14 November 1913), adalah seorang negarawan di Kesultanan Utsmaniyah keturunan Turki Siprus pada akhir abad ke-19 sampai awal abad ke-20. Ia menjabat Wazir Agung Kesultanan selama empat periode.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kâmil Pasha pada tahun 1916.
Kâmil Pasha bersama keluarga kerajaan Inggris, Mesir, dan Turki (Şehzade Mehmed Ziyaeddin) di tahun 1911.
Enver Bey meminta Kâmil Pasha mengundurkan diri ketika terjadinya Kudeta Utsmaniyah 1913.

Ia dilahirkan di Nikosia pada tahun 1833, sebagai anak dari Captain Salih Ağa dari desa Pyrogi, di Siprus. Penugasan pertamanya adalah dengan keluarga Khedive dari Eyalet Mesir yang pada saat itu hanya secara keresmian saja bergantung pada pemerintahan pusat Kesultanan Utsmaniyah di Konstantinopel. Ketika mengemban penugasan ini, ia mengunjungi London untuk menghadiri Pameran Raya tahun 1851 mengawal salah satu anak Khedive. Persinggahan Kiamil di London mengguratkan kekaguman sepanjang hidup di hatinya terhadap Britania Raya sampai-sampai selama kariernya dalam negara Utsmaniyah, ia dikenal sebagai seorang Anglofilia.

Karena ia menguasai Bahasa English secara sempurna, sampai penghujung kariernya, ia selalu mengusahakan pertemanan antara Inggris dan negara Utsmaniyah.

Setelah tinggal di Mesir selama sepuluh tahun, Mehmed Kamil menggantikan jabatan Abbas I pada pemerintahan Utsmaniyah pada tahun 1860 dan selama sembilan belas tahun kemudian – sampai ia masuk ke kabinet – ia mengisi berbagai jabatan administratif di berbagai bagian kesultanan . Ia memerintah, atau membantu memerintah provinsi Rumelia Timur, Hezcegovina, Kosovo, dan kampung halamanya, Siprus.

Periode jabatannya adalah:

  • dari 25 September 1885 sampai 4 September 1891, di bawah pemerintahan Abdülhamid II,
  • dari 2 Oktober 1895 sampai 7 November 1895, di bawah pemerintahan Abdülhamid II,
  • dari 5 Agustus 1908 sampai 14 Februari 1909, di bawah pemerintahan Abdülhamid II dan selama Masa Konstitusional Kedua di Kesultanan Utsmaniyah,
  • dan dari 29 Oktober 1912 sampai 23 Januari 1913, di bawah pemerintahan Mehmed V Reşad dan selama Masa Konstitusional Kedua di Kesultanan Utsmaniyah.

Pada bulan Mei 1913, ia kembali ke kampung halamannya, Siprus, yang terakhir ia lihat pada waktu ia memerintah di daerah itu pada tahun 1864.

Alasan kedatangannya bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Setelah Revolusi Turki Muda tahun 1908, Kamil awalnya mencoba untuk berkompromi dengan para penguasa baru. Akan tetapi, ia segera memutuskan untuk menentang Committee of Union and Progress (CUP/Komisi Kesatuan dan Kemajuan) dan menjadi simbol kepemimpinan kelompok oposisi yang liberal dan pro-desentralisasi, partai Turki Muda, yang dikenal juga sebagai Partai Kebebasan dan Keselarasan (yang disebut juga Uni Liberal atau Liberal Entente). Setelah penggulingan rezim CUP pada musim panas 1912 oleh para Perwira Penyelamat, ia menjabat Wazir Agung pada pemerintahan Partai Kebebasan dan Keselarasan. Ia ditujuk sebagai Wazir Agung karena kedekatannya dengan Inggris (ia sering dijuluki İngiliz Kamil, atau "Kamil Inggris", karena kecenderungannya yang Anglofilia[2]), dengan harapan ia bisa mengeratkan hubungan dengan Inggris setelah kekalahan kesultanan di Perang Balkan Pertama (di mana pihak Bulgaria yang menang perang tersebut diwakili Inggris dalam hubungan internationalnya). Pada bulan Januari 1913, pemerintahan Kamil memutuskan untuk menerima syarat perdamaian yang berat, bahkan termasuk pelepasan wilayah kekuasaan.

Anggota CUP dalam kemiliteran memakai keputusan tersebut sebagai alasan melakukan kudeta kedua pada tanggal 23 January 1913. Pada hari itu, Enver Bey, salah satu pimpinan militer CUP, bersama beberapa rekannya menyerbu Gerbang Agung (gedung lambang pemerintahan pusat Utsmaniyah) sementara Kabinet sedang rapat di dalamnya. Menurut beberapa catatan, salah satu perwira Enver, Yakup Cemil, menembak Menteri Peperangan Nazım Pasha dan kemudian kelompok tersebut memaksa Kamil Pasha untuk mengundurkan diri di bawah todongan pistol.

Kamil kemudian ditaruh dalam tahanan rumah dan diawasi. Mantan Wazir Agung tersebut (yang nyawanya kemungkinan besar terancam) diundang oleh rekannya, Lord Kitchener dari Inggris, untuk tinggal bersamanya di Kairo. Setelah tiga bulan di Mesir, Mehmed Kamil Pasha memutuskan untuk menunggu datangnya kesempatan baik di kampung halamannya, Siprus.

Lima minggu setelah kepulangannya ke Siprus, terjadi pembunuhan penggantinya sebagai Wazir Agung dari CUP, Mahmud Shevket Pasha, pada bulan June 1913. Pembunuhan tersebut dilakukan oleh seorang saudara Nazım Pasha untuk membalaskan kematiannya. Rezim CUP berreaksi dengan mempersekusi politisi-politisi oposisi terkenal. Djemal Pasha, yang pada saat itu menjabat sebagai Prefek CUP untuk ibu kota Konstantinopel, memberitahukan keluarga Kamil bahwa ia harus pergi dari Kesultanan Utsmaniyah, atau ia pun akan ditangkap. Keluarganya kemudian mengikutinya mengungsi dari kesultanan.

Pada tanggal 14 November 1913, ketika berbunga-bunga karena ia berencana mengunjungi Inggris pada tahun 1914, Kamil Pasha mendadak meninggal setelah pingsan dan kemudian dikuburkan di halaman masjid Arab Ahmed Pasha.

Sir Ronald Storrs, Gubernur Inggris atas Siprus dari tahun 1926 sampai 1932, mengusahakan agar sebuah tugu memorial didirikan di atas makam Kamil Pasha. Ia juga membuat tulisan Bahasa Inggris yang diukirkan di batu nisan yang ditambahkan di bawah batu nisan Turki lama. Tulisan tersebut adalah sebagai berikut:

Yang Mulia Kiamil Pasha Putera Kapten Salih Agha dari Pyroi Lahir di Nikosia pada tahun 1833 Bendaharawan Komisioner Larnaca Direktur Evqaf Empat kali menjabat Wazir Agung Kesultanan Utsmaniyah Seorang Turki yang Hebat dan Seseorang yang Hebat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Daftar Wazir Agung Utsmaniyah

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ İsmail Hâmi Danişmend, Osmanlı Devlet Erkânı, Türkiye Yayınevi, İstanbul, 1971 (Turkish)
  2. ^ Finkel, Caroline (1 August 2007). Osman's Dream: The History of the Ottoman Empire. Basic Books. hlm. 523. ISBN 978-0-465-00850-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan pemerintahan
Didahului oleh

Kartallı Mehmed Emin Pasha
Wali Aleppo

1877–1879
Digantikan oleh

Abdullah Galib Pasha
Didahului oleh

Hasan Fehmi Pasha
Wali Aidin

1895–1907
Digantikan oleh

Ibrahim Faik Bey
Jabatan politik
Didahului oleh

Abdüllatif Subhi Pasha
Menteri Amal Keagamaan
1880
Digantikan oleh

Mehmed Nazif Pasha
Didahului oleh

Mehmed Tahir Münif Efendi
Menteri Pendidikan
1880–1881
Digantikan oleh

Ali Fuad Bey
Didahului oleh


Mehmed Asim Pasha

Menteri Amal Keagamaan

1882–1885
Digantikan oleh

Mustafa Zihni Efendi
Didahului oleh

Küçük Mehmed Said Pasha
Wazir Agung

1885–1891
Digantikan oleh

Ahmed Cevad Pasha
Didahului oleh

Küçük Mehmed Said Pasha
Wazir Agung

1895
Digantikan oleh

Halil Rifat Pasha
Didahului oleh

Küçük Mehmed Said Pasha
Wazir Agung
1908–1909
Digantikan oleh

Hüseyin Hilmi Pasha
Didahului oleh

Said Halim Pasha
Kepala Dewan Negara

1912
Digantikan oleh

Arif Hikmet Pasha
Didahului oleh

Gazi Ahmed Muhtar Pasha
Wazir Agung

1912–1913
Digantikan oleh

Mahmud Şevket Pasha
Catatan dan referensi
1. Kuneralp, Sinan (1999). Son dönem Osmanlı erkân ve ricali, 1839-1922 (in Turkish). Beylerbeyi, Istanbul: İsis.