Kudeta Utsmaniyah 1912

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kudeta Utsmaniyah 1912 adalah kudeta yang dilancarkan oleh sekelompok perwira militer yang dikenal dengan nama "Perwira-Perwira Penyelamat" (Turki Utsmaniyah: Halâskâr Zâbitân) pada tanggal 17 Juli 1912.[1] Akibat kudeta ini, pemerintahan Komite Persatuan dan Kemajuan (yang berhasil memenangkan pemilihan umum Utsmaniyah 1912 dengan cara curang) dijatuhkan.

Perwira-Perwira Penyelamat seringkali dianggap sebagai sayap militer Partai Kebebasan dan Keselarasan yang menjadi partai oposisi utama setelah pemilu tahun 1912. Kudeta ini terjadi di tengah ketidakstabilan politik yang dipicu oleh perebutan kekuasaan dan Peperangan Balkan.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Pada musim panas tahun 1912, pemerintahan Utsmaniyah dikuasai oleh Partai Kebebasan dan Keselarasan. Namun, pada bulan Oktober, Perang Balkan Pertama dimulai dan Kesultanan Utsmaniyah mengalami kekalahan di semua front. Akibatnya, Komite Persatuan dan Kemajuan melancarkan kudeta pada Januari 1913 dan menjatuhkan pemerintahan Partai Kebebasan dan Keselarasan. Pemerintahan Komite Persatuan dan Kemajuan menguasai Utsmaniyah hingga berakhirnya Perang Dunia I.

Referensi[sunting | sunting sumber]