Kudeta Utsmaniyah 1913

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Massa berkumpul di depan Gerbang Agung (bahasa Turki: Bâb-ı Âlî) sesaat setelah terjadinya kudeta di dalam.

Kudeta Utsmaniyah 1913, juga dikenal dengan nama Penyerangan Gerbang Agung (bahasa Turki: Bâb-ı Âlî Baskını), adalah kudeta yang dilancarkan oleh sejumlah anggota Komite Persatuan dan Kemajuan yang dipimpin oleh Ismail Enver Bey dan Mehmed Talaat Bey pada tanggal 23 Januari 1913. Kelompok ini melancarkan serangan kejutan di gedung pemerintahan utama Kesultanan Utsmaniyah yang disebut "Gerbang Agung" (bahasa Turki: Bâb-ı Âlî). Selama kudeta ini, Menteri Angkatan Laut Nazım Pasha dibunuh dan Wazir Agung Kâmil Pasha dipaksa mundur. Kemudian pemerintahan jatuh ke tangan Komite Persatuan dan Kemajuan yang dipimpin oleh "Tiga Pasha" yang terdiri dari Enver, Talaat dan Djemal Pasha.

Sebelumnya, pada tahun 1911, Partai Kebebasan dan Keselarasan yang dipimpin oleh Kâmil Pasha dibentuk sebagai partai oposisi. Partai ini berhasil memenangkan pemilihan umum di Istanbul.[1] Komite Persatuan dan Kemajuan kemudian membalasnya dengan melakukan kecurangan dan menggunakan tindakan kekerasan selama pemilu tahun 1912.[2] Akibatnya, Perwira-Perwira Penyelamat (bahasa Turki: Halâskâr Zâbitân) memberontak dan mengakibatkan jatuhnya pemerintahan Mehmed Said Pasha yang berasal dari Komite Persatuan dan Kemajuan.[3] Pemerintahan baru dibentuk di bawah kepemimpinan Ahmed Muhtar Pasha, tetapi pemerintahan ini juga dibubarkan pada Oktober 1912 setelah meletusnya Perang Balkan Pertama.[4]

Setelah mendapat izin dari Sultan Mehmed V untuk membentuk pemerintahan baru pada akhir Oktober 1912, Kâmil Pasha memulai perundingan dengan Kerajaan Bulgaria.[5] Bulgaria meminta agar bekas ibu kota Utsmaniyah di Edirne (Adrianopel) diserahkan kepada Bulgaria, sehingga membuat murka rakyat Turki. Komite Persatuan dan Kemajuan kemudian melancarkan kudeta ini.[5] Setelah kekuasaan berhasil diambil alih, partai oposisi ditindas dan pemimpin mereka ditangkap atau dibuang ke Eropa. Enver Pasha lalu diangkat sebagai Menteri Perang. Ia menarik Utsmaniyah dari Konferensi Perdamaian London dan mendekatkan diri dengan Kekaisaran Jerman.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burak, hlm. 307.
  2. ^ Alkan, Mehmet Öznur (May 1999). "Osmanlı'dan Günümüze Türkiye'de Seçimlerin Kısa Tarihi" (pdf). setav.org. hlm. 50. Diakses tanggal 14 April 2013. 
  3. ^ Birinci 1990, hlm. 164-177.
  4. ^ Bağcıoğlu, Fatih. "İttihat ve Terakki Üzerine Düşünceler-2" (dalam bahasa Turki). Sızıntı. Diakses tanggal 16 March 2013. 
  5. ^ a b Kuyaş 2013, hlm. 26.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]