Juanita Castro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Juanita Castro
Informasi pribadi
Lahir Juana de la Caridad Castro Ruz
6 Mei 1933 (umur 85)
Birán, Provinsi Holguín, Kuba
Hubungan Ángel Castro y Argiz (ayah)
Ramón Castro Ruz (saudara)
Fidel Castro (saudara)
Raúl Castro (saudara)
Alina Fernández (kemenakan)
Mariela Castro (kemenakan)
Alejandro Castro Espín (keponakan)

Juana de la Caridad "Juanita" Castro Ruz (lahir di Birán, Provinsi Holguín, Kuba, 6 Mei 1933; umur 85 tahun) adalah seorang aktivis Kuba serta adik dari Fidel dan Raúl Castro, yang masing-masing adalah Presiden Kuba yang dulu dan sekarang. Setelah bekerja sama dengan Central Intelligence Agency di Kuba, ia tinggal di Amerika Serikat sejak 1964.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Juanita lahir di Birán, dekat Mayarí, yang sekarang dikenal sebagai Provinsi Holguín. Ia adalah anak keempat dari pasangan Ángel Castro y Argiz dan Lina Ruz González, dan memiliki tiga saudara — Ramón, Fidel, dan Raúl — dan tiga saudari — Angelita, Enma, dan Agustina. Lina Ruz adalah tukang masak Angel Castro; ia menikah dengan wanita lainnya saat kelahiran Juanita dan kakak-kakaknya dan ia dan lina tak pernah menikah. Ia juga memiliki lima saudara seayah: Lidia, Pedro Emilio, Manuel, Antonia, dan Georgina, yang dibesarkan oleh istri pertama Ángel Castro, Maria Luisa Argota.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bardach, Ann Louise: Cuba Confidential. p57-59
Sumber tambahan
  • Castro, Juanita (2009). Fidel y Raul - Mis Hermanos, La Historia Secreta. Santillana USA Publishing Company, Inc. ISBN 978-1-60396-701-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]