Alina Fernández

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Alina Fernández
Alina Fernandez.jpg
Alina Fernandez pada 8 Februari 2008
Lahir 19 Maret 1956 (umur 62)
Havana, Kuba
Orang tua Fidel Castro, Natalia Revuelta Clews
Fernandez berbicara di Ohio University (2009)

Alina Fernández Revuelta (lahir di Havana, Kuba, 19 Maret 1956; umur 62 tahun) adalah putri dari Fidel Castro dan Natalia Revuelta Clews.[1] Ia merupakan pengkritik pemerintah Kuba, dimana ia tinggal sampai 1993.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Fernández tinggal dengan ibunya, Natalia "Naty" Revuelta Clews, yang lahir di Havana pada 1925 dan ayah tirinya, Orlando Fernández. Di Kuba, ia bekerja sebagai peragawati dan direktur hubungan masyarakat dari sebuah perusahaan mode Kuba, menurut Badan Program Universitas. Pada 1993, di usia 37 tahun, ia meninggalkan Kuba untuk pergi ke Spanyol menggunakan makalah-makalah palsu dan rambut palsu. Elena Díaz-Verson Amos, seorang imigran Kuba, dan istri dari John Amos (pendiri Aflac, Inc.) membantu Fernández meninggalkan Kuba. Fernández tinggal di Columbus, Georgia, dengan Díaz-Verson selama beberapa tahun.

Fernández kemudian pindah ke Miami dimana ia bekerja di radio. Pada 1998, Fernández menulis Castro's Daughter: An Exile's Memoir of Cuba yang mengisahkan hidupnya di Kuba dan perubahan yang terjadi sepanjang hampir empat dekade. Ia membuat sebuah acara radio yang bernama Simplemente Alina (Simply Alina) di WQBA, Miami. Pada Selasa dan Kamis, topik pada acara varietasnya bersifat ringan, dengan tamu-tamu seperti pelukis dan musisi. Ia mendevosikan Rabu untuk politik Kuba.

Fernández memiliki satu putri. Dalam sebuah wawancara pada 2008 dengan majalah Foreign Policy,[2] ia berkata bahwa ia lebih dekat dengan Pamannya Raúl Castro ketimbang dengan ayahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Buku dan autobiografi[sunting | sunting sumber]

  • Havana Dreams, a Story of Cuba by Wendy Gimbel (Alfred A. Knopf, 1998) ISBN 0-679-43053-9
  • Castro's Daughter, An Exile's Memoir of Cuba by Alina Fernandez (St. Martin's Press, 1997) ISBN 0-312-19308-4