Juan Luis Segundo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Juan Luis Segundo, S.J. (lahir di Montevideo, Uruguay 31 Maret 1925 - meninggal 17 Januari 1996) adalah seorang imam Yesuit dan teolog yang merupakan salah satu tokoh yang terpenting dalam gerakan yang dikenal sebagai "Teologi Pembebasan." Ia menulis banyak buku tentang teologi, ideologi, iman, hermeneutika, dan keadilan sosial, dan merupakan pengecam yang berani terhadap apa yang dipandangnya sebagai ketidakpedulian gereja terhadap penindasan dan penderitaan.

Segundo belajar di seminari-seminari Yesuit di Argentina, di Louvain, Belgia (dan di sana ia bertemu temannya sesama mahasiswa Gustavo Gutiérrez) dan di Sorbonne. Dari sini ia mendapatkan gelar doktornya. Ia kembali ke Uruguay untuk mendirikan dan mengajar di Pusat Studi Teologi dan Sosial Peter Faber, yang ditutup oleh pemerintah Uruguay pada 1971. Setelah itu, ia banyak melakukan perjalanan, memberikan ceramah dan mengajar di universitas-universitas di Brasil, Kanada, dan Amerika Serikat, termasuk di Harvard.

Karya-karyanya yang terpenting (diterjemahkan dari bahasa aslinya, bahasa Spanyol ke dalam bahasa Inggris antara lain:

  • A Theology for Artisans of a New Humanity (Teologi untuk Pembentuk Kemanusiaan yang Baru) (5 jilid, 1973-74)
  • The Liberation of Theology (1975-76)
  • Jesus of Nazareth Yesterday and Today (Yesus dari Nazaret, Kemarin dan Sekarang) (5 jilid, 1982-88; Jilid 1, Faith and Ideologies, (Iman dan Ideologi) adalah yang paling terkenal)
  • The Liberation of Dogma (Pembebasan Dogma) (1989-1992)


Sumber[sunting | sunting sumber]

Kim, Hyung-Kon, "Juan Luis Segundo," The Boston Collaborative Encyclopedia of Modern Western Theology, 1999