Journal of Contemporary Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Journal of Contemporary Asia  
Berkas:Journal of Contemporary Asia.jpg
Singkatan (ISO)J. Contemp. Asia
Disiplin ilmuStudi Asia
BahasaBahasa Inggris
Disunting olehKevin Hewison
Detail publikasi
PenerbitRoutledge
Sejarah penerbitan1970-sekarang
Frekuensi5 terbitan/tahun
Faktor dampak1.141 (2016)
Pengindeksan
ISSN0047-2336 (print)
1752-7554 (web)
LCCN78612738
OCLC224503150
Pranala

Journal of Contemporary Asia (JCA) adalah sebuah jurnal akademik tertelaah-sejawat dalam bidang studi Asia. Jurnal ini didirikan pada tahun 1970 dan diterbitkan empat bulan sekali oleh Routledge. Jurnal ini saat ini dikelola oleh Kevin Hewison (Profesor Emeritus, University of North Carolina at Chapel Hill). Salah satu pendirinya, Peter Limqueco adalah editor emeritus. Editor lainnya diantaranya Geoffrey Gunn (Profesor Emeritus, Universitas Nagasaki), Richard Westra (Universitas Nagoya) dan Toby Carroll (City University of Hong Kong).

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

JCA adalah publikasi yang tertelaah dengan baik, hadir empat bulan sekali dan telah dilakukan sejak tahun 1970. Ketika jurnal tersebut didirikan, jurnal ini diterbitkan sebagai alternatif untuk menyajikan perspektif arus utama tentang isu-isu Asia kontemporer. Jurnal ini mempertahankan tradisi ini dan berusaha menerbitkan artikel yang membahas masalah luas perkembangan ekonomi, politik dan sosial di Asia. Artikel tentang masalah pembangunan ekonomi, ekonomi politik, pertanian, perencanaan, kelas pekerja, gerakan masyarakat, politik dan kekuasaan, imperialisme dan kerajaan, lembaga keuangan internasional, lingkungan, dan sejarah ekonomi sangat disambut dengan baik. Jurnal ini juga memiliki minat yang kuat dalam pengembangan teori ilmiah yang memiliki arti global, terutama mengenai peran negara, analisis kelas, kekuatan dan globalisasi.

Tujuan penting dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan karya periset yang berbasis di Asia, mereka yang bekerja dalam tradisi terbaik ekonomi politik yang kritis, serta periset muda.

Faktor dampak[sunting | sunting sumber]

Menurut Journal Citation Reports, faktor dampak jurnal ini pada tahun 2016 adalah 1.141. Faktor dampak 5-tahun dari jurnal ini adalah 1.184. Jurnal ini terdaftar dalam "Studi Area."

Editor[sunting | sunting sumber]

Dewan editorial saat ini meliputi:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]