Politik Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta Asia.

Politik Asia sangat bervariasi seperti yang diharapkan dari sebuah daratan besar dan populasi yang beragam. Monarki konstitusional, Monarki absolut, Negara satu partai, Negara bagian, Wilayah tergantung, Demokrasi Liberal dan kediktatoran militer adalah semua faktor-faktor di wilayah tersebut, serta berbagai bentuk dari kemandirian gerakan.

Peradaban memiliki sejarah panjang di seluruh Asia dan mungkin terlibat politik dari awal meskipun beberapa dari yang paling awal dilihat struktur politik muncul di Mesopotamia dengan munculnya tulisan menawarkan rincian ini politik. Sebuah Layanan sipil yang besar dan terorganisasi dengan baik seperti yang muncul di China juga tambahan yang diperlukan untuk politik. Banyak dari iklim politik di Asia hari ini dipengaruhi oleh kolonialisme dan imperialisme masa lalu dengan beberapa negara mempertahankan hubungan dekat dengan mantan gubernur kolonial sementara yang lain terlibat dalam perjuangan kemerdekaan dengan konsekuensi yang terus dirasakan.

Situasi saat ini masih beragam, dengan permusuhan di beberapa bagian Asia seperti berlanjutnya ketegangan di Laut Cina Selatan, Kashmir, Taiwan, Tibet, Korea Utara serta daya saing ekonomi antara Republik Rakyat Cina dan India. China dan India tidak memiliki perjanjian damai, atau tidak juga antara Rusia dan Jepang atau Korea Utara dan Korea Selatan. Namun, ada juga yang bergerak ke arah kerjasama yang lebih besar dan komunikasi yang berada di satu wilayah dengan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) contoh yang penting.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Aliansi internasional[sunting | sunting sumber]

Dewan Asia[sunting | sunting sumber]

Dewan Asia adalah inisiatif pan-continental yang diluncurkan pada tahun 2016 untuk mencapai persatuan yang lebih besar antara negara-negara Asia. Pertama KTT Dewan Asia Pertama dijadwalkan akan diadakan pada tahun 2018 di Tokyo. Terlepas dari pertemuan puncak dan pertemuan berkala tingkat menteri, berbagai forum Dewan Asia menyatukan pemimpin Asia di bawah satu atap untuk membahas isu-isu pan-Asia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Asia Council meet to explore new pathways in India-Pakistan relation". News Today. Diakses tanggal 2 April 2017.