Johnny Sitohang Adinegoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
KRA.
Johnny Sitohang Adinegoro
200px
Bupati Dairi
Petahana
Mulai menjabat
2009
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Gubernur Syamsul Arifin
Gatot Pujo Nugroho
Wakil Irwansyah Pasi
Didahului oleh MP Tumanggor
Informasi pribadi
Lahir 17 April 1956
Bendera Indonesia Sibolga, Sumatera Utara
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Partai politik Golkar
Suami/istri Dumasi Sianturi
Anak dr. Nitawati Sitohang
Natalina Sitohang, Am.Kep
Tindoan Sitohang, ST
Susi Anna Sitohang, SH
Deprianto Sitohang
Margomgom Sitohang
Agama Kristen Protestan

KRA Johnny Sitohang Adinegoro (lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 17 April 1956; umur 61 tahun) adalah bupati Dairi yang menjabat pada periode 2009-2014.

Ia adalah putera dari Jonathan Ompu Tording Sitohang (Pj. Bupati Dairi tahun 1949). Ia memulai karier politiknya sejak tahun 1978 sebagai Pengurus Komisaris Desa Golkar di Desa Lae Hole, Parbuluan. Ia lalu menjadi Komisariat Golkar Parbuluan hingga menjadi Ketua Partai Golkar Kabupaten Dairi tahun 1998 hingga sekarang.

Di lembaga legislatif, KRA Johnny Sitohang Adinegoro mengawali kariernya sebagai anggota DPRD Kabupaten Dairi tahun 1987 dan terakhir menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi sampai tahun 2004. KRA Johnny Sitohang Adinegoro juga memiliki banyak pengalaman berorganisasi di luar organisasi politik, antara lain pernah menjadi Ketua DPC Pemuda Panca Marga Kabupaten Dairi dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Dairi.

KRA Johnny Sitohang Adinegoro juga pernah menjadi wartawan di Jakarta dan guru di Lae Hole. Perhatian terhadap dunia pendidikan dibuktikan dengan mendirikan sekolah di Lae Hole yang selanjutnya sekolah tersebut diserahkan kepada Yayasan HKBP di Lae Hole Kecamatan Parbuluan.

Pada tahun 2004, KRA Johnny Sitohang Adinegoro terpilih sebagai Wakil Bupati Dairi yang menjadi pasangan DR. M.P. Tumanggor sebagai Bupati Dairi periode 2004-2009. Dan pada 20 April 2009, KRA Johnny Sitohang Adinegoro dilantik sebagai Bupati Dairi berpasangan dengan Irwansyah Pasi, SH sebagai Wakil Bupati periode 2009-2014 sebagai hasil pilihan rakyat secara langsung melalui Pilkada.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
MP Tumanggor
Bupati Dairi
2009 - sekarang
Diteruskan oleh:
Masih Menjabat