John Mellencamp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Mellencamp
Mellencamp.jpg
John Mellencamp di Harbor Park, Norfolk, VA pada 25 Juli 2009.
Latar belakang
Nama lain Johnny Cougar
John Cougar
John Cougar Mellencamp
Little Bastard
Genre Rock, heartland rock, roots rock, Americana, folk
Pekerjaan Musisi, penyanyi/pencipta lagu
Instrumen vokal, gitar, harmonika
Tahun aktif 1976–sekarang
Label MCA, Riva, Mercury, Columbia, Island, Universal Republic Records, Hear Music
Artis terkait Crepe Soul
Trash
Mason Brothers
Mitch Ryder
James McMurtry
Me'Shell Ndegeocello
Chuck D
India.Arie
Trisha Yearwood
Little Big Town
Joan Baez
Situs web JohnMellencamp.com

John Mellencamp, sebelumnya dikenal sebagai Johnny Cougar, John Cougar, atau John Cougar Mellencamp (lahir di Seymour, Indiana, 7 Oktober 1951; umur 62 tahun) adalah penyanyi/pencipta lagu rock Amerika Serikat. Ia juga dikenal sebagai pelukis dan kadang-kadang sebagai aktor. Musiknya berirama heartland rock dengan sentuhan pop. Lirik lagu sebagian besar menyinggung soal politik, rasialisme, kemiskinan, dan mortalitas.

Album rekaman yang dihasilkannya telah terjual lebih dari 40 juta keping di seluruh dunia, dan mendudukkan 22 lagunya ke dalam urutan tangga lagu hit Top 40 di Amerika Serikat. Ia pernah menempatkan 7 lagu di urutan nomor satu Mainstream Rock Tracks, dan menjadikannya sebagai artis solo dengan lagu terbanyak di urutan nomor satu tangga lagu Mainstream Rock Tracks. Walaupun pernah dicalonkan sebanyak 13 kali,John Cougar hanya pernah memenangi satu Grammy Awards untuk lagu "Hurts So Good".

Bersama Willie Nelson dan Neil Young, Mellencamp mendirikan organisasi Farm Aid pada tahun 1985. Organisasi ini mengadakan konser untuk meningkatkan kesadaran tentang semakin berkurangnya lahan pertanian milik keluarga. Dana yang terkumpul dipakai untuk mempertahankan keluarga petani di lahan pertanian milik mereka. Konser tahunan Farm Aid telah berlangsung lebih dari 25 tahun, dan tetap terus diselenggarakan. Hingga tahun 2010, organisasi ini telah mengumpulkan lebih dari AS$36 juta untuk mempromosikan sistem pertanian milik keluarga di Amerika Serikat.

John Cougar Mellencamp diabadikan di dalam museum Rock and Roll Hall of Fame pada 10 Maret 2008 oleh Billy Joel.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia dilahirkan di Seymour, Indiana sebagai anak kedua dari lima bersaudara. Ayahnya adalah seorang insinyur listrik dan ibunya adalah mantan ratu kecantikan. Ketika masih bayi, ia menderita meningocele ringan yang memaksanya lama tinggal di rumah sakit.[2] Ia adalah keturunan imigran Jerman bernama Johann Herman Möhlenkamp yang menetap di kawasan White Creek, Bartholomew County, Indiana pada tahun 1855.[3]

Mellencamp sewaktu remaja memiliki masalah dengan hukum, termasuk ditangkap pada usia 8 tahun karena memasuki rumah orang tanpa izin. Ia membentuk band pertamanya ketika berusia 14 tahun,[2] dan kemudian bermain di band-band lokal bernama Trash dan Snakepit Banana Barn. Pada usia 18 tahun, ia kabur bersama Priscella, pacarnya yang hamil.[2] Keduanya memperoleh anak pertama pada Desember 1970, hanya enam bulan sebelum lulus sekolah menengah atas.

Pada tahun 1972, Mellencamp diterima masuk di akademi dua tahun bernama Unversitas Vincennes di Vincennes, Indiana. Semasa kuliah, ia bereksperimen dengan obat-obatan terlarang dan alkohol. Ia mengaku dalam wawancara majalah Rolling Stone tahun 1986, "Kalau aku sedang mabuk marijuana, itu memengaruhi aku begitu drastis hingga ketika aku masih kuliah, ada kalanya aku tidak dapat bangkit dari sofa. Aku akan terus berbaring, sambil mendengarkan Roxy Music, di samping sebuah pemutar piringan hitam, hingga aku tidak mesti bangun untuk membalik piringan hitam. Aku cuma mendengar piringan hitam satu ke piringan hitam lainnya. Ada empat atau lima hari seperti itu ketika aku betul-betul tidak sadar."[4]

Setelah lulus dari Universitas Vincennes pada tahun 1975, Mellencamp bermain dengan sejumlah band lokal, termasuk band Trash yang beraliran glam rock. Ia mendapat pekerjaan di Seymour sebagai teknisi pemasang telepon, namun tidak lama sebelum dipecat karena berkata-kata kotor di rumah pelanggan. Sebelum lulus universitas, Mellencamp sudah tobat dan berhenti menggunakan obat terlarang dan alkohol, dan bercita-cita mengejar karier di bidang musik.

Tanpa sepengetahuan atau seizin dirinya, manajer Tony DeFries memberinya nama panggung John Cougar.[5] Kontrak bernilai jutaan dolar berhasil didapat Mellencamp dari kantor manajemen artis Main Man. DeFries yang juga manajer David Bowie tidak percaya Mellencamp dapat sukses dengan memakai nama asli. Hingga melihat sendiri sampul album pertama Chestnut Street Incident (1976), Mellencamp tidak mengetahui dirinya diorbitkan DeFries dengan memakai nama Johnny Cougar.[5] Album Chestnut Sreet Incident tidak sukses secara komersial sehingga kontraknya dibatalkan MCA.

Masih memakai nama John Cougar, Mellencamp membuat dua buah album berikutnya, John Cougar dan Nothing Matters and What If It Did? John Cougar sukses sebagai artis laris ketika album American Fool sampai di urutan atas tangga album Amerika Serikat pada tahun 1982, dan menghasilkan sebuah album platina.[6] Dua lagu yang terkenal dari album American Fool adalah "Jack and Diane" dan "Hurts So Good".

Ia ingin mengganti nama menjadi John Mellencamp. Dua album berikutnya, Uh Huh (1983) dan Scarecrow (1985) dirilisnya dengan nama John Cougar Mellencamp.[6] Album Scarecrow menghasilkan lagu hit "Small Town" yang sampai ke urutan ke 6 tangga lagu Amerika Serikat pada Desember 1985.[6]

Setelah masa transisi berakhir, album Lonesome Jubilee (1987) dirilisnya dengan nama John Mellencamp. Album Lonesome Jubilee terbukti menembus batasan sosial. Selain lagu "Cherry Bomb" yang dikenal berkat video musiknya, "Paper in Fire" dari Lonesome Jubilee disukai pekerja kerah biru sekaligus kalangan eksekutif berdasi.[6] Album Mellencamp lainnya yang sukses menembus batasan sosial adalah Big Daddy (1989), Whenever We Wanted (1991), Human Wheels (1993), dan Dance Naked (1994).

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Indictees for 2008". Rock and Roll Hall of Fame official website. 2007-12-13. Diakses 2008-03-11. 
  2. ^ a b c Erlewine, Stephen Thomas. "John Mellencamp Biography". Yahoo! Music. Diakses 2010-03-14. 
  3. ^ (Jerman) Udo Thörner: Kalkriese, ein Dorf im Osnabrücker Land, und die amerikanische Hitparade di Amerikanetz.de
  4. ^ Fricke, David (February 2, 1986). "Mellencamp: wildcat no more". The Herald-Times (Bloomington, Indiana). Diakses June 28, 2009. 
  5. ^ a b Wilson, Dave (2004). Rock Formations: Categorical Answers to How Band Names Were Formed. Cidermill Books. hlm. 123. ISBN 0-9748-4835-2. 
  6. ^ a b c d Browne, Pat; Ray Broadus Browne (2001). The Guide to United States Popular Culture. Popular Press. hlm. 529. ISBN 0-8797-2821-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]