Johannes Ludovicius Jakobus Hubertus Pel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jend. Pel sebagai komandan dalam Militaire Willems-Orde pada awal tahun 1876

Johannes Ludovicius Jakobus Hubertus Pel (lahir di Maastricht, Belanda, 10 Januari 1823 – meninggal di Aceh Besar, Kesultanan Aceh, 23 Februari 1876 pada umur 53 tahun) adalah tokoh militer Belanda yang menjadi komandan di Kutaraja (pusat pertahanan) di bawah Jend. Jan van Swieten yang kemudian menggantikannya sebagai mayor jenderal. Setelah itu Pel diangkat sebagai penguasa sipil dan militer di Aceh.

Monumen Jenderal Pel di Peucut, Banda Aceh

Setelah kekalahan yang dialami May. Joost Hendrik Romswinckel dalam Perang Aceh Kedua, pasukan Belanda pulang ke Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 26 April 1874. Tinggallah Jend. Pel yang berada dalam posisi sulit karena harus mengurusi keadaan pasukan yang amburadul dan morilnya menurun. Di samping tewas akibat perang, banyak juga yang tewas akibat penyakit tropis dan kolera. Di samping itu, akses ke laut juga terhambat karena cuaca buruk, kuburan-kuburan Belanda diobrak-abrik oleh pejuang-pejuang Aceh. Belum lagi serangan malam oleh pejuang Aceh.

Barulah setelah bala bantuan datang, Pel dapat memimpin ekspedisi lanjutan di Aceh.

Pada tanggal 24 Januari 1875, Kol. Pel dianugerahi gelar komandan dalam Militaire Willems-Orde oleh Raja Willem III.

Pel meninggal mendadak akibat pecahnya pembuluh nadi di sebuah kampung bernama Tonga. Namun sejarawan Muhammad Said membantah hal ini dan dan menyebutkan bahwa Pel sebenarnya tewas oleh pihak Aceh namun disembunyikan oleh pihak Belanda.[1] Pel dimakamkan di Kerkhoff, Kutaraja. Kemudian, sebuah monumen didirikan untuknya di Kutaraja. Setelah gerakan ofensifnya, pasukan Belanda kembali dalam politik bertahan Jend. Van Swieten (yang masih ikut campur dalam politik di Aceh).

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • 1874. George Kepper (redaksi). Kapitein der Genie. De Oorlog tusschen Nederland en Atchin. Rotterdam. Nijgh en Ditmar
  • 1878. George Frederik Willem Borel. Kapitein van de artillerie. Onze vestiging in Atjeh, critisch beschreven. D.A. Thieme.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Said, Muhammad. 1961. Aceh Sepanjang Abad. Medan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
jabatan baru
Penguasa Militer Aceh
1874-1876
Diteruskan oleh:
G.B.F. Wiggers van Kerchem