Johanna van Gogh-Bonger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Johanna van Gogh-Bonger
Jo van Gogh-Bonger, by Woodbury and Page.jpg
Johanna van Gogh-Bonger pada 1889
Lahir Johanna Gezina Bonger
04 Oktober 1862
Amsterdam, Belanda
Meninggal 02 September 1925 (umur 62)
Laren, Belanda
Suami/istri Theo van Gogh
(m. 1889; j./d. Kesalahan: waktu tidak valid)

Johan Cohen Gosschalk
(m. Kesalahan: waktu tidak valid; j./d. Kesalahan: waktu tidak valid)
Anak Vincent Willem van Gogh

Johanna Gezina "Jo" van Gogh-Bonger (lahir di Amsterdam, Belanda, 4 Oktober 1862 – meninggal di Laren, Belanda, 2 September 1925 pada umur 62 tahun) adalah istri dari Theo van Gogh, diler seni, dan saudari ipar dari pelukis Vincent van Gogh dan pemain utama dalam pertumbuhan ketenaran Vincent.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Johanna Gezina Bonger lahir pada 4 Oktober 1862 di Amsterdam, Belanda. Ia adalah anak kelima dari tujuh bersaudara dari seorang petugas asuransi. Keluarganya adalah musikal, mengadakan pementasan setiap sore, dan Johanna menjadi seorang pemain piano yang mengiringinya. Tak seperti para kakaknya, yang memegang tugas-tugas rumah tangga, Johanna, seorang "anak periang dan aktif", diperbolehkan untuk melanjutkan pendidikannya dengan belajar bahasa Inggris, dan meraih gelar perguruan tinggi. IOa singgah beberapa bulan di London, bekerja di perpustakaan British Museum.[1]

Dari usia tujuh belas tahun, ia menyimpan sebuah buku harian mendetail, yang menjadi sumber informasi lebih tentang Vincent van Gogh. Pada masa itu, ia juga terpengaruh dengan penulis non-conformist Multatuli.

Masa dewasa[sunting | sunting sumber]

Jo dengan putranya Vincent Willem di studio fotografer Raoul Saisset, 4 Rue Frochot, Paris, 1890

Pada usia dua puluh dua tahun, ia menjadi guru bahasa Inggris di sebuah sekolah asrama khusus putri di Elburg, kemudian mengajar di Perguruan Tinggi khusus Putri di Utrecht. Pada sekitaran masanya di Amsterdam, ia diperkenalkan oleh saudaranya Andries kepada Theo van Gogh, saudara Vincent. Salah satu saudari Van Gogh menyebutnya "pintar dan handal".

Kehidupan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Ia tinggal di New York dari 1915 sampai 1919, saat ia kembali ke Amsterdam. Ia meninggal pada 2 September 1925, di usia 62 tahun, di Laren, Belanda. Pada masa kematiannya, ia masih sedang menerjemahkan surat-surat Vincent kepada bahasa Inggris. Ia meninggalkan satu anak dan empat cucu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Van Gogh: The Life. S Naifeh & G. White Smith. Profile Books (2012) p450

Pranala luar[sunting | sunting sumber]