Montmartre (seri Van Gogh)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Street Scene in Montmartre: Le Moulin à Poivre
Vincent Willem van Gogh 133.jpg
SenimanVincent van Gogh
Tahun1887
MediumOil on canvas
LokasiVan Gogh Museum, Amsterdam (F570)

Seri Lukisan Montmarte adalah lukisan - lukisan karya dari Vincent van Gogh yang dibuat antara tahun 1886 hingga 1867 di distrik Montmarte, Paris saat Van Gogh tinggal bersama dengan saudaranya, Theo van Gogh. Selama dua tahun di Paris, karya yang dibuat pada tahun 1886 menggambarkan nuansa gelap dan suram. Van Gogh mulai menggunakan ragam warna dan pencahayaan dengan teknik kuas berdasarkan gaya impresionisme dan pointilisme. Karya dalam seri menghadirkan contoh hasil lukisannya pada periode tersebut dan proses yang dilewati Van Gogh sebagai seorang seniman.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Paris[sunting | sunting sumber]

Van Gogh berpindah dari Belanda menuju Paris pada 1886 atas saran dari saudara laki-lakinya, Theo van Gogh yang merupakan diler seni. Ia mendapatkan ragam pengaruh dari seniman terkenal di Belanda pada masa tersebut dan kerabatnya, Anton Mauve, seorang pelukis realis dan anggota penting di Sekolah Hague.[1]

Gaya artistik[sunting | sunting sumber]

Saat Van Gogh melukis, lukisannya ingin digambarkan tidak hanya pada subyek namun untuk menunjukkan pesan atau maksud tertentu. Melalui lukisan bertema alam nya, Van Gogh dapat menyalurkan maksuda dan pesan tersebut. Proses melukis dengan menggabungkan obyek dan memberikan pesan yang dapat ditangkap oleh para audiens menjadi sebuah tantangan tersendiri.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wallace, R (1969). of Time-Life Books, ed. The World of Van Gogh (1853-1890). Alexandria, VA, USA: Time-Life Books. hlm. 40, 69. 
  2. ^ Balakian, A; Balakian, A.E. (2008). Symbolist movement in the literature of European languages. Netherlands: John Benjamins Publishing. hlm. 446–447. ISBN 978-963-05-3895-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]