Jim Croce

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jim Croce
Jim Croce.jpg
Jim Croce mengenakan baret untuk foto iklannya untuk 7up.
Latar belakang
Asal Philadelphia, Pennsylvania
Meninggal 20 September 1973
Genre Rock
Folk
Instrumen Piano
Gitar
Harmonika
Vokal
Tahun aktif 19601973
Label Capitol
ABC Dunhill

James Joseph Croce (10 Januari 194320 September 1973), yang lebih dikenal dengan nama Croce, adalah seorang penyanyi dan pengarang lagu Amerika.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Croce lulus dari SMA Upper Darby di Drexel Hill, Pennsylvania pada 1960 dan pada 1976 menjadi orang pertama lulusan sekolah ini yang namanya dicantumkan dalam daftar Tokoh Terkemuka sekolah ini. Kemudian, ketika belajar di Universitas Villanova (lulus 1965), Croce menjadi tertarik untuk menjadi musikus professional. Ia bertemu dengan calon istrinya, Ingrid, pada suatu perlombaan menyanyi di Gedung Konvensi di Philadelphia. Saat itu Croce menjadi salah seorang juri dalam kontes tersebut.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1960-an, Jim Croce membentuk sejumlah band sekolah dan mengadakan pertunjukan di kedai-kedai kopi dan di universitas. Belakangan, bersama istrinya Ingrid ia tampil sebagai duet pada pertengahan tahun 1960-an hingga awal tahun 1970-an. Mulaanya mereka menyanyikan lagu-lagu karya Ian and Sylvia, Gordon Lightfoot, Joan Baez, dan Woody Guthrie, tetapi belakangan mereka mulai mengarang lagu-lagu mereka sendiri seperti “Age”, “Hey Tomorrow”, dan “Spin, Spin Spin” yang kemudian menjadi lagu-lagu hit Jim pada awal 1970-an.

Pada saat yang sama, Croce mendapatkan kontraknya yang pertama untuk menyanyi di sebuah bar pedesaan dan restoran steak di Lima, Pennsylvania, yang bernama Riddle Paddock. Di sini, selama beberapa tahun kemudian, Jim mengembangkan ikatan yang sangat erat dengan penonton yang kritis dan membangun kumpulan lagunya hingga lebih dari 3.000 lagu. Daftarnya mencakup setiap genre musik dari blues hingga country, rock & roll hingga folk, dengan lagu-lagu cinta yang lembut dan dan balada yang tradisional, yang selalu diperkenalkan dengan sebuah cerita dan senyuman yang nakal.

Pada 1968, Jim dan Ingrid Croce didorong untuk pindah ke New York City untuk merekam album pertama mereka dengan Capital Records. Selama dua tahun beirkutnya, mereka menempuh lebih dari 450.000 km untuk pentas di klub-klub kecil dan di konser-konser di lingkungan konser perguruan tinggi untuk mempromosikan album mereka Jim and Ingrid Croce.

Kemudian Jim merasa kecewa dengan bisnis musik dan New York City. Ia menjual segala sesuatunya kecuali sebuah gitar, untuk membayar sewa dan kemudian mereka kembali ke daerah pedesaan di Pennsylvania. Di sana Jim mendapatkan pekerjaan mengemudikan truk dan melakukan pekerjaan bangunan untuk membayar rekening-rekeningnya. Ia menyebut masa ini sebagai “Masa Pembangunan Watak”. Ia banyak menghabiskan waktunya duduk di bak truknya untuk mengarang lagu tentang teman-temannya dan orang-orang yang ia sukai dan jumpai di bar-bar setempat serta tempat-tempat perhentian truk.

Sukses[sunting | sunting sumber]

Pada 1970, Jim bertemu dengan seorang penyanyi-pengarang lagu dan pianis/gitaris yang terdidik secara klasik Maury Muehleisen dari Trenton, New Jersey. Mulanya, Croce mendukung Maury dengan gitar pada pertunjukan-pertunjukannya. Namun lambat-laun kekuatan musik mereka menyebabkan mereka tiba pada suatu tingkat yang baru. their musical strengths led them each to new heights. Permainan gitar Maury yang sangat indah dan penuh inspirasi menjadi pendamping sempurna bagi musik Jim yang sangat menyentuh bumi.

Pada 1972, Jim Croce menandatangani tiga kontrak rekaman dengan ABC Records untuk menerbitkan You Don't Mess Around With Jim dan Life & Times pada tahun yang sama. Rekaman tunggal "You Don't Mess Around With Jim", "Operator (That's Not The Way It Feels)" dan "Time In A Bottle" (ditulis untuk anak lelakinya yang baru saja lahir, A. J. Croce) menolong albumnya sebelumnya mencapai tangga pertama dalam tangga lalu-lagu tahun 1974. Rekaman tunggal Jim yang terbesar "Bad, Bad Leroy Brown", mencapai tempat pertama di tangga lagu-lagu AS pada musim panas tahun 1973, laku terjual dua juta kopi.

Kematian mendadak[sunting | sunting sumber]

Croce, 30, dan Muehleisen, 24, meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan pesawat komersial kecil pada 20 September 1973 di Natchitoches, Louisiana sehari sebelum mereka menerbitkan albumnya yang ketiga, I Got A Name. Album yang diterbitkan secara anumerta itu memuat tiga lagu hitnya, "I Got A Name," "Workin' At The Car Wash Blues" dan "I'll Have To Say I Love You In A Song."

Warisan musik[sunting | sunting sumber]

Pada 1990, Jim Croce dicantumkan ke dalam Daftar Tokoh Pengarang Lagu.

Pada akhir tahun 1990-an, Ingrid Croce, janda Jim, dan anak mereka, A.J. Croce memperoleh hak penerbitan untuk semua lagu Jim Croce. Sejak itu Ingrid dan A.J. Croce telah menerbitkan Jim Croce Home Recordings, Facets, Jim Croce: Classic Hits, dan rekaman DVD pertama dari penampilan televisi Jim dalam “Have You Heard – Jim Croce Live,” dengan terbitan yang paling baru CD mereka bulan Januari 2006 dengan judul yang sama. Ingrid dan A.J. Croce juga menerbitkan sebuah film khusus untuk PBS, saluran TV publik di AS, dengan arsip film dari koleksi keluarga Croce, bersama-sama dengan cuplikan dari DVD mereka “Have You Heard – Jim Croce Live.”

Pada 1985, Ingrid Croce membuka Croce's Restaurant & Jazz Bar, yang terletak di Distik Gaslamp yang historis San Diego, CA, sebagian sebagai penghormatan untuk almarhum suaminya.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]