Jesus of Nazareth: From the Baptism in the Jordan to the Transfiguration

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jesus of Nazareth
Sampul edisi pertama
PengarangPaus Benediktus XVI
Perancang sampulJean Traina
NegaraAmerika Serikat
BahasaJerman
SubjekKristologi
Teologi
PenerbitDoubleday
Tanggal terbit
15 Mei 2007
Jenis mediaCetak
Halaman355
ISBNISBN 0-385-52341-6
OCLC166254996
Diikuti olehJesus of Nazareth: Holy Week 

Jesus of Nazareth: From the Baptism in the Jordan to the Transfiguration adalah yang pertama dari serangkaian buku tentang kehidupan dan ajaran Yesus dari Nazareth, yang ditulis oleh Paus Benediktus XVI, diterbitkan dalam tiga jilid. Seri buku ini diterbitkan oleh Doubleday pada tahun 2007.

Dalam pendahuluan buku tersebut, Paus Fransiskus secara eksplisit menyatakan bahwa risalah tersebut "sama sekali bukan merupakan penerapan magisterium," namun lebih merupakan "ekspresi pencarian pribadinya akan wajah Tuhan."

Sepuluh pasal tersebut membahas sebagian besar pelayanan publik Yesus, meliputi pokok bahasan dan peristiwa seperti baptisan Kristus di tangan Yohanes Pembaptis, Khotbah di Bukit, arti dari perumpamaan, Panggilan Dua Belas, Pengakuan Petrus, dan Transfigurasi.

Dua jilid lainnya diterbitkan oleh Benediktus tentang Yesus: berjudul Jesus of Nazareth: Holy Week (2011) dan Jesus of Nazareth: The Infancy Narratives (2012).

Kebangkitan[sunting | sunting sumber]

Pada halaman 273 dan 274, Paus Benediktus XVI menyimpulkan tiga pengamatan mengenai kebangkitan Yesus:

1) Yesus tidak kembali ke kehidupan biologis normal seperti orang yang menurut hukum biologi pada akhirnya harus mati lagi

2) Yesus bukan hantu. Dengan kata lain, dia tidak termasuk dalam dunia orang mati tetapi entah bagaimana mampu menampakkan dirinya di dunia orang hidup.

3) Namun perjumpaan dengan Tuhan yang bangkit tidak sama dengan pengalaman mistik yang mana roh manusia untuk sesaat terangkat keluar dari dirinya sendiri dan merasakan alam ketuhanan dan kekal hanya untuk kemudian kembali ke cakrawala normal keberadaannya. Pengalaman mistik adalah penghapusan sementara keterbatasan spasial dan kognitif jiwa. Namun ini bukanlah perjumpaan dengan seseorang yang datang kepadaku dari luar. Santo Paulus dengan jelas membedakan pengalaman mistiknya dalam 2 Korintus 12 dengan perjumpaannya dengan Tuhan yang bangkit dalam perjalanan menuju Damaskus dalam Kisah Para Rasul pasal 9. Yang pertama adalah peristiwa mistik, yang kedua adalah peristiwa sejarah.[1]

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Menulis di jurnal konservatif First Things, Richard B. Hays (Duke Divinity School) memuji Paus Benediktus karena mencoba menemukan titik temu antara Kristologi dan Yesus historis, tetapi mengkritiknya karena terlalu mengandalkan para sarjana abad ke-20 (seperti Joachim Jeremias, Rudolf Schnackenburg dan C.H. Dodd) dan karena mengabaikan studi oleh sarjana yang lebih baru seperti E. P.Sanders, N. T. Wright, Dale Allison jr., John P. Meier dan Raymond E. Brown SS , dua orang terakhir beragama Katolik Roma. Ia juga mencatat bahwa Paus terlalu bergantung pada Injil Yohanes, dan menggunakan Injil Sinoptik hanya untuk mengintegrasikan narasi Yohanes.[2]

Berbicara kepada National Catholic Register, sarjana Yahudi Géza Vermes juga mengkritik buku Benediktus, menuduh Paus tidak mengetahui perkembangan terkini dari beasiswa Perjanjian Baru. Paus dibela terhadap tuduhan tersebut oleh Kardinal Katolik Roma Swiss Georges Cottier pada publikasi yang sama.[3]

Sarjana agnostik Inggris Maurice Casey juga mengkritik buku tersebut: dalam karyanya Jesus of Nazareth: An Independent Historian's Account of His Life and Teaching, Casey mengkritik Paus karena terlalu mengandalkan Injil Yohanes dan mencatat bahwa jika buku seperti itu ditulis oleh seorang sarjana Perjanjian Baru, perhatiannya akan berkurang.[4]

Di Jerman, kritik juga datang dari pakar skeptis Gerd Lüdemann,[5] sedangkan buku tersebut dipuji oleh sarjana konservatif Klaus Berger.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Joseph Ratzinger: Jesus of Nazareth hal. . 273
  2. ^ "Benediktus dan Yesus dalam Alkitab | Richard B. Hays". Hal Pertama. Diakses tanggal 2021-09-12. 
  3. ^ "Ahli Alkitab merobek buku Paus, memperingatkan akan hal yang mengerikan effect". National Catholic Reporter. 2008-05-19. Diakses tanggal 2021-09-12. 
  4. ^ Casey, Maurice. Yesus dari Nazareth: Kisah Seorang Sejarawan Independen tentang Kehidupan dan Pengajarannya. A&C Black. hlm. 29–30. ISBN 978-0-567-64517-3. 
  5. ^ Lüdemann, Gerd. "Papst Benedikts Jesus-Buch: "Eine peinliche Entgleisung"". Der Spiegel. Diakses tanggal 2021-09-12. 
  6. ^ Mitternacht, Dieter (2012). "Validasi historis Paus Benediktus terhadap inkarnasi Yesus". Dalam Zetterholm, Magnus; Byrskog, Samuel. Pembentukan Kekristenan: Konflik, Kontak, dan Konstruksi: Esai untuk Menghormati Bengt Holmberg. Pennsylvania State University Press. ISBN 978-1575068176. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]