Jenius (aplikasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jenius
Jenius-logo.png
Perancang awalBank BTPN
PlatformiOS, Android
Tersedia dalamBahasa Indonesia, bahasa Inggris
Situs webhttp://www.jenius.com

Jenius adalah aplikasi perbankan digital revolusioner yang yang dilengkapi dengan kartu debit Visa dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih mudah, cerdas, dan aman. Semua dilakukan dari satu tempat, semua dari ponsel, serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari ponsel, baik yang berbasis Android maupun iOS.[1][2] Pengguna Android dengan operating system smartphone Kitkat 4.2 dan pengguna iPhone dengan operating system smartphone iOS 7 bisa segera merasakan pengalaman Banking Reinvented dengan mengunduh aplikasi Jenius di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini diluncurkan oleh Bank BTPN pada 11 Agustus 2016, setelah menjalani masa pengembangan selama 18 bulan dengan total nilai investasi Rp500 miliar.[3] Dalam operasinya, Jenius terkoneksi dengan ekosistem perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional melalui kartu debit Visa.

Simpler Life, Happier You[sunting | sunting sumber]

Walaupun memiliki fungsi sebuah bank, Jenius mengembalikan semua akses kepada penggunanya. Sehingga Nasabah memiliki kendali atas uang dan pengaturan keuangan mereka sendiri. Jenius lebih dari sebuah bank karena Jenius juga berperan sebagai alat yang membantu penggunanya dalam meraih integrasi yang lancar antara kehidupan dan keuangan sehingga dengan mudah, Nasabah bisa meraih tujuan hidup dan cita-citanya.

Jenius berbeda dari bank pada umumnya karena semua aktivitas perbankan dibuat lebih mudah tanpa harus pergi ke bank atau mengantre panjang dengan banyaknya birokrasi. Semua bisa dilihat, dikelola, dan diatur langsung dari dalam ponsel. Jenius juga mendesain sistem biaya yang unik dan personal sesuai dengan kebutuhan, transparan, serta tidak ada biaya tersembunyi. Seperti bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank masing-masing hingga 25 kali per bulan, bebas biaya administrasi, biaya pembukaan dan penutupan rekening, serta tanpa saldo awal atau saldo minimum.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Jenius memiliki fitur yang bertujuan mempermudah dan mempercepat transaksi lewat ponsel.[4] Jenius dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu proses transaksi lebih cepat, memaksimalkan tabungan dengan bunga lebih optimal, serta mengatur keuangan dengan kartu debit tambahan untuk alokasi dana dan limit budget. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • $Cashtag, nama rekening sebagai pengganti nomor rekening, jadi kamu tidak perlu lagi menghafal nomor rekening yang panjang;
  • Pay Me, mengirim permintaan uang kepada saudara atau teman melalui $Cashtag, nomor handphone, atau alamat e-mail;
  • Send It, mengirim uang lebih cepat dengan verifikasi antar rekening dan antar bank tujuan;
  • Split Bill, untuk membagi tagihan dengan teman atau keluarga secara adil;
  • Save It, memisahkan simpanan untuk tabungan dari transaksi harian melalui pilihan berikut:
    • Flexi Saver, tabungan dengan fleksibilitas bisa ditarik/disetor sesuai keinginan Nasabah tanpa terikat periode waktu tertentu dengan bunga 5% per tahun.
    • Dream Saver, tabungan yang digunakan untuk mencapai tujuan atau impian yang diinginkan Nasabah dengan bunga 5% per tahun.[5]
    • Maxi Saver, deposito berjangka yang bisa dibuat, diatur, dan diakses langsung dari smartphone dengan nilai suku bunga hingga 7% per tahun.[6]
  • Card Center, pengaturan semua kartu debit di satu tempat termasuk limit transaksi dan tarikan tunai harian atau blokir sementara dan buka blokir kartu serta blokir permanen kartu. 3 Kartu Debit Jenius yang diatur dalam Card Center antara lain:
    • m-Card: kartu debit utama yang memberikan total kontrol kepada Nasabah untuk mengatur limit dan alokasi pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan prioritas.
    • e-Card: kartu debit virtual yang memberikan pengalaman bertransaksi online semakin maksimal dan dapat digunakan di seluruh online merchant yang menerima Visa.
    • x-Card: kartu debit ekstra untuk mengatur pengeluaran agar tidak kebablasan. Tersedia dalam 3 warna berbeda, kartu ini juga dapat diberikan kepada orang lain yang dipercaya. m-Card dan x-Card yang juga bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM jaringan BTPN, Prima/Bersama di seluruh Indonesia atau ATM jaringan Visa di seluruh dunia.
  • In & Out, secara otomatis mencatat seluruh transaksi menggunakan Jenius, mulai dari pertama kali Nasabah membuat rekening Jenius.
  • e-Wallet Center, top up saldo e-Wallet dari satu tempat dengan nominal fleksibel. Pengguna bisa menambahkan hingga 10 e-Wallet di fitur ini.[7]
  • Jenius Keyboard, akses Jenius lebih mudah dan cepat tanpa perlu membuka app atau web. Sekarang pengguna bisa melakukannya langsung dari keyboard smartphone dengan Jenius Keyboard. [8]
  • Flexi Cash, dana siaga yang siap dicairkan kapan saja sesuai kebutuhan. Pengajuan dana mudah dan cepat, tanpa dokumen tambahan.  
  • Saldo Mata Uang Asing, cara mudah memiliki mata uang asing dari aplikasi. Pengguna bisa membeli/menjual USD, SGD, atau JPY langsung dari aplikasi Jenius selama pukul 08.00 – 16.00 WIB pada hari kerja.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BTPN Luncurkan Jenius, Aplikasi Cerdas Untuk Mengatur Keuangan
  2. ^ BTPN Luncurkan Jenius, Apa Saja Fiturnya?
  3. ^ Luncurkan Jenius, BTPN Investasi Rp500 miliar
  4. ^ Aplikasi Jenius: Buka Rekening Dari Smartphone
  5. ^ Chandra, Ardan Adhi. "Pakai Dream Saver, Nasabah Jenius Bisa Rancang Keuangan Masa Depan". detikfinance. Diakses tanggal 2019-07-18. 
  6. ^ BeritaSatu.com. "Deposito Cara Cerdas, Praktis, dan Aman Hanya Melalui Smartphone". beritasatu.com. Diakses tanggal 2019-07-18. 
  7. ^ Farras, Bernhart. "BTPN Buka Suara Soal Persaingan Jenius Dengan Gopay & OVO". fintech (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-18. 
  8. ^ "Jenius Rilis Fitur Keyboard, Permudah Akses Tanpa Buka Aplikasi | Dailysocial". dailysocial.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-18. 
  9. ^ Media, Kompas Cyber. "Mulai Rp 150.000, Milenial Bisa Menabung dalam Mata Uang Asing". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-07-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]