Jejak ekologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Jejak ekologi mengukur bagaimana alam memberikan dukungan bagi masyarakat. Ini adalah sebuah sistem akunting ekologi. Hal ini kontras dengan bagaimana masyarakat kawasan biologi produktif digungakan untuk konsumsi mereka sampai bagaimana kawasan biologi produktif tersedia (biokapasitas).

Secara lebih spesifik, jejak ekologi adalah kawasan biologi produktif yang dibutuhkan untuk menyediakan siapapun yang menggunkannya: buah-buahan dan sayur-sayuran, ikan, kayu, serat, penyerapan karbon dioksida dari penggunaan bahan bakar fosil, dan ruang untuk bangunan dan jalan raja. Biokapasitas adalah kawasan produktif yang dapat mengregenerasikan apa yang orang rusak dari alam. Jejak dan biokapasitas dapat berupa skala individual, regional, nasional atau global. Jejak maupun biokapasitas berubah tiap tahun dengan jumlah orang, konsumsi orang, efisiensi produksi, dan produktivitas ekosistem.

Pada skala global, jejak tersebut menunjukan bagaimana tuntutan besar umat manusia berbanding dengan apa yang planet Bumi dapat perbaharui. Global Footprint Network mengkalkulasikan jejak ekologi global dari PBB dan data lainnya untuk lebih dari 200 negara.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]