Jean Kahwaji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jean Kahwaji (Arab: جان قهوجي pelafalan dalam bahasa Arab: [ʤaːn qah'waʤiː]; lahir 23 September 1953) adalah mantan Perwira Militer Lebanon dan Panglima Angkatan Bersenjata Lebanon dari tahun 2008 hingga 2017.

Jean Kahwaji
Jean Kahwaji Tahun 2012
Lahir23 September 1953 (umur 70)
Kegubernuran Nabatiye, Lebanon
Pengabdian Lebanon
Dinas/cabangAngkatan Bersenjata Lebanon
Lama dinas1973–2017
PangkatJenderal
Perang/pertempuranPerang Saudara Lebanon
Luapan Perang Saudara Suriah di Lebanon

Karier Militer[sunting | sunting sumber]

Kahwaji bergabung dengan Tentara Lebanon pada tahun 1973. Ia berlatih di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat dan Italia. Ia juga menjalani pelatihan antiterorisme di Jerman pada tahun 2006, serta di Italia. Dia memimpin Brigade Infanteri ke-12 angkatan darat sejak tahun 2002. Dia juga bersekolah di Sekolah Tentara Swedia di Boden Garrison di Swedia untuk peperangan medan selama tahun 1990-an.

Pada tanggal 30 Agustus 2008, pemerintah Lebanon menunjuk Brigadir Jenderal Jean Kahwaji menjadi panglima Angkatan Bersenjata Lebanon, menggantikan Michel Suleiman,[1] yang menjadi Presiden Lebanon pada Mei 2008. Ia adalah panglima ke-13 di seluruh Angkatan Bersenjata. sejarah 63 tahun.

Tuduhan Korupsi[sunting | sunting sumber]

Kahwaji telah beberapa kali didakwa melakukan Korupsi dan pengayaan Ilegal. Sebagai Pejabat Militer, Kahwaji diduga menggunakan pengaruhnya untuk meraup kekayaan besar, dan menerima Suap. Pada bulan Desember 2020, seorang Hakim Lebanon telah mengajukan tuntutan Korupsi terhadap dirinya dan Pejabat tinggi lainnya.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Jean Kahwaji menikah dengan Marleine Sfeir. Mereka memiliki tiga anak: Jad, Joanna dan Joe. Dia adalah seorang Kristen Maronite.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jane's Intelligence Digest: The Global Early-warning Service (dalam bahasa Inggris). Jane's Information Group. 2008.