Lompat ke isi

Angkatan Bersenjata Lebanon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF ; Arab : القوات المسلحة اللبنانية , diromanisasi :  Al-Quwwāt al-Musallaḥa al-Lubnāniyya), juga dikenal sebagai Tentara Lebanon[1] (Arab : الجيش اللبناني, diromanisasi :  Al-Ja ish al-lubnani) , adalah militer Republik Lebanon. Terdiri dari tiga cabang, angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut. Motto Angkatan Bersenjata Lebanon adalah "Kehormatan, Pengorbanan, Kesetiaan" (Arab: "شرف · تضحية · وفاء" - Sharaf.Tadhia.Wafa).

Angkatan Bersenjata Lebanon
القوات المسلحة اللبنانية  (Arab)
Lambang Angkatan Bersenjata Lebanon
Bendera Angkatan Bersenjata Lebanon
Slogan"Kehormatan, Pengorbanan, Kesetiaan"
(bahasa Arab: شرف · تضحية · وفاء, translit. Sharaf.Tadhia.Wafa)
Didirikan1920
(Sebagai Tentara Syam)
1 Agustus 1945
(Sebagai Angkatan Bersenjata Lebanon)
Formasi terkini1991
Angkatan Angkatan Darat Lebanon
 Angkatan Laut Lebanon
 Angkatan Udara Lebanon
Markas besarYarze, Lebanon
Situs webWebsite Resmi
Kepemimpinan
PanglimaKosong
Perdana MenteriNajib Mikati
Menteri pertahananMaurice Sleem
KomandanJoseph Aoun
Kepala Staf UmumHassan Audi
Kekuatan personel
Usia penerimaan18–30
Wajib militerTidak (dihapus Sejak 2007)
Ketersediaan
menurut usia
1,106,879 laki-laki, umur 18–39,
1,895,723 perempuan, umur 18–39
Ketersediaan untuk
tugas militer
934,828 laki-laki, umur 18–39,
948,327 perempuan, umur 18–39
Personel aktif95,000[2]
Personel cadangan35,000
Belanja
Anggaran$1.92 Miliar (FY2020)
Industri
Pemasok asing Brazil
 Prancis
 Jerman
 Italia
 Jepang
 Amerika Serikat
 Korea Utara
 Rusia
 China
 Irak
 Iran
 India
 Britania Raya
Ekspor/tahunSenjata dan Perlengkapan
Artikel terkait
Operasi militer
Jenjang pangkatPeringkat Militer Lebanon

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang Angkatan Bersenjata Lebanon terdiri dari pohon cedar Lebanon yang dikelilingi oleh dua daun salam, ditempatkan di atas simbol tiga cabang: angkatan darat diwakili oleh dua bayonet, angkatan laut diwakili oleh sebuah jangkar, dan angkatan udara diwakili oleh dua sayap.

Gambaran Umum[sunting | sunting sumber]

Misi utama Angkatan Bersenjata Lebanon termasuk membela Lebanon dan warganya dari agresi eksternal, menjaga stabilitas dan keamanan internal, menghadapi ancaman terhadap kepentingan vital negara, terlibat dalam kegiatan pembangunan sosial dan melakukan operasi bantuan melalui koordinasi dengan lembaga-lembaga publik dan kemanusiaan .

Angkatan bersenjata terdiri dari 84.200 personel aktif dengan angkatan darat terdiri kurang lebih 80.000 prajurit, angkatan udara 2.500 personel, dan angkatan laut 1.700 personel. Personel yang tersisa adalah komandan, penasihat, insinyur, dan anggota pasukan khusus. LAF adalah kekuatan yang seluruhnya terdiri dari sukarelawan. Ketiga cabang tersebut dioperasikan dan dikoordinasikan oleh Komandan LAF; posisi yang biasa dipegang oleh seorang Kristen Katolik Maronit, dari kementerian pertahanan yang berlokasi di Yarzeh, sebelah timur ibu kota Lebanon, Beirut. Panglima Angkatan Bersenjata Lebanon saat ini adalah Jenderal Joseph Aoun. Saat ini, LAF berada di peringkat keenam dunia dalam hal pertumbuhan, dengan jumlah personel militer meningkat dua kali lipat selama periode antara tahun 1985 dan 2000. Negara ini memiliki enam perguruan tinggi dan sekolah militer. Perwira Lebanon dikirim ke negara lain seperti Amerika Serikat, Rusia atau wilayah lain di Eropa untuk menerima pelatihan tambahan.

Peralatan LAF sudah ketinggalan zaman karena kurangnya dana, perselisihan politik, dan hingga tahun 2000-an, kehadiran pasukan asing. Pemerintah Lebanon bekerja sama dengan mitranya untuk meningkatkan kemampuan angkatan bersenjata. Setelah berakhirnya Perang Saudara Lebanon, LAF memutuskan untuk memperbaiki peralatannya sebanyak mungkin, sambil dibantu oleh sumbangan sederhana dari negara bagian lain. Amerika Serikat tetap menjadi mitra utama Lebanon dalam proses perbaikan ini. Sekitar 85% peralatan LAF adalah buatan AS, sisanya buatan Inggris, Prancis, dan Soviet.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [https://web.archive.org/web/20020803172425/http://www.lebarmy.gov.lb/?ln=en "� Lebanese Army HomePage"]. web.archive.org. 2002-08-03. Diakses tanggal 2024-04-06.  replacement character di |title= pada posisi 1 (bantuan)
  2. ^ [IISS (2023). The Military Balance 2023. Routledge. p. 338].