Jean Decoux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jean Decoux
Jean Decoux 1919.jpg
Decoux tahun 1919
Lahir(1884-05-05)5 Mei 1884
Bordeaux
Meninggal21 Oktober 1963(1963-10-21) (umur 79)
Paris
Pengabdian Republik Prancis Ketiga
 Prancis Vichy
Dinas/cabangAngkatan Laut Prancis
Lama dinas1901–1949
PangkatLaksamana
KomandoKetua Komandan Angkatan Laut Timur Jauh

Jean Decoux (lahir 5 Mei 1884 – meninggal 21 Oktober 1963 pada umur 79 tahun) merupakan seorang laksamana angkatan laut Prancis, yang menjadi Gubernur-Jenderal Indochina Prancis dari bulan Juli 1940 hingga tanggal 9 Maret 1945, mewakili pemerintah Prancis Vichy.

Kehidupan awal dan karier angkatan laut[sunting | sunting sumber]

Decoux lahir di Bordeaux sebagai salah satu dari tiga anak dari sebuah keluarga yang berasal dari Haute-Savoie. Pada tahun 1901, berusia sekitar 16 tahun, ia memasuki École Navale. Ia dipromosikan menjadi taruna kelas dua pada tahun 1903, menjadi taruna kelas satu pada tahun berikutnya, pangkat letnan muda kapal (sub-letnan) pada tahun 1906, letnan kapal pada tahun 1913, kapten korvet (letnan-komandan) pada tahun 1920, kapten fregat (komandan) pada tahun 1923, kapten kapal pada tahun 1929 dan laksamana belakang (satu bintang) pada tahun 1935. Ia diangkat sebagai komandan sektor pertahanan di Toulon pada tahun 1938 dan dipromosikan menjadi wakil laksamana (laksamana belakang dua bintang).

Indochina[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Januari 1939, Decoux diangkat sebagai komandan pasukan Angkatan Laut di Timur Jauh oleh Presiden Albert Lebrun. Ia bertugas di jabatan barunya dengan pangkat wakil laksamana skuadron, pada tanggal 12 Mei.

Pada tahun 1940 ia diangkat sebagai gubernur Prancis Indochina, menggantikan Jenderal Georges Catroux.

Seperti pendahulunya, Decoux awalnya ingin melanjutkan perang melawan kekuatan-kekuatan Axis, tetapi ia bersumpah setia pada rezim Pétain setelah menyadari bahwa pasukannya yang sedikit tidak cocok dengan Jepang.

Decoux dilaporkan menerima permintaan dari Jepang pada awal Agustus untuk izin memindahkan pasukan melalui Tonkin (kemudian Vietnam) untuk membangun pangkalan udara dan memblokir rute pasokan Sekutu ke Tiongkok. Decoux mengirim atasan Vichynya untuk bantuan, tetapi ketika tidak ada bantuan yang akan datang menandatangani perjanjian pada tanggal 20 September 1940 membuka pelabuhan Hải Phòng dan memberi mereka hak untuk menempatkan pasukan di wilayah tersebut.

Decoux berupaya memperbaiki hubungan antara penjajah Prancis dan Vietnam. Dia membentuk Konsili Federal Agung yang berisi dua kali lebih banyak anggota Vietnam daripada orang Prancis dan menempatkan orang Vietnam di posisi pegawai negeri dengan gaji yang sama dengan gaji pejabat Prancis. Konsili Federal Indochina, yang hanya terdiri dari orang-orang Indochina, dan kemudian Konsili Federal Agung, adalah struktur formal yang menurut Decoux perlu ia bangun untuk mengembangkan kesadaran federal Indochina bersamaan dengan peningkatan elite. Daripada badan legislatif atau eksekutif, Konsili Federal dalam kedua bentuknya adalah badan yang terdiri dari elit adat yang tidak terpilih. Ini memberikan pendapat mereka kepada Gubernur Jenderal untuk membantunya dalam pengambilan keputusan, dan berfungsi sebagai forum untuk memperkuat hubungan antara para elit ini dan pihak berwenang. GFC menggantikan IFC pada tahun 1943 dengan memperkenalkan 23 perwakilan Prancis (dari sektor-sektor utama ekonomi, menjadikannya, menurut Decoux, lebih representatif) dan menambah lima anggota setempat, dengan demikian memastikan bahwa kehadiran orang Indochina lebih banyak daripada orang Eropa. Decoux percaya ini akan membalikkan keengganan penduduk setempat untuk menerima politik kolaborasi. Selain itu ia tampaknya ingin menunjukkan itikad baik kepada orang-orang Indochina mengikuti pernyataan publik Roosevelt bahwa mempertahankan kedaulatan Prancis di Indocina bukanlah tujuan utama Amerika Serikat. Pemerintah kolonial Prancis mengetahui kebijakan ini melalui siaran BBC.

Istri pertama Decoux, Suzanne Humbert meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun 1944. Ia dimakamkan di biara Domaine de Marie di Da Lat.[1]

Decoux menegakkan undang-undang Vichy yang diskriminatif terhadap Gaullisme dan Freemasonry, serta Antisemitisme Legislasi anti-Yahudi Vichy, meskipun mencela dampaknya terhadap rezim dan masyarakat kolonial Prancis.[2]

Seorang penulis menyatakan bahwa Decoux tetap tidak peduli dengan kelaparan tahun 1945. Selama waktu ini lebih dari satu juta orang Vietnam meninggal karena kelaparan di pedesaan dan kota-kota perkotaan dan penulis menegaskan bahwa pemerintah Decoux tidak melakukan apa pun untuk membantu para petani dan orang miskin Vietnam, meskipun meminta dan mendekati elit Vietnam.[3] Namun, catatan arsip menunjukkan bahwa pengeboman Sekutu atas rel kereta api dan permintaan perahu oleh Jepang membuatnya tidak mungkin untuk mengangkut beras dari Cochinchina ke Tonkin.

Pada tanggal 9 Maret 1945 Jepang mengambil alih langsung kendali pemerintahan dan mengusir Decoux, serta mendirikan Kekaisaran Vietnam.

Ditangkap dan diadili setelah perang, Decoux tidak dihukum. Ia dikembalikan ke pangkat dan hak prerogatifnya pada tahun 1949. Ia kemudian menulis buku A la barre de l'Indochine. Ia meninggal di Paris pada tahun 1963.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Decoux, Jean (2013). A la barre de l'Indochine: histoire de mon Gouvernement Général, 1940-1945 (dalam bahasa French). SOUKHA EDITIONS. ISBN 2919122525. 
  2. ^ Jennings, Eric Vichy in the Tropics: Petain's National Revolution in Madagascar, Guadeloupe, and Indochina, 1940–44 Stanford University Press, 2004 ISBN 0-8047-5047-5
  3. ^ Khanh, Huynh Kim "Vietnamese Communism, 1925–1945" Cornell University Press, 1986 ISBN 0-8014-9397-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]