Jaya Karet, Mentaya Hilir Selatan, Kotawaringin Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jaya Karet
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
KabupatenKotawaringin Timur
KecamatanMentaya Hilir Selatan
Kode Kemendagri62.02.08.2012 Edit the value on Wikidata
Luas29,00 km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Jaya Karet Merupakan salah satu desa di Kota Samuda, kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian penduduknya ada yang sebagai petani, berkebun, dan pengusaha walet, serta ada juga beberapa pengusaha kilang minyak kelapa serta banyak lagi profesi lainnya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di desa Jaya Karet ini, juga terdapat sebuah yayasan/pondok pesantren tertua di Kecamatan MHS (Mentaya Hilir Selatan) atau bahkan di Kabupaten KOTIM (Kotawaringin Timur) tersebut, yaitu Yayasan Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin dengan Pengasuh Guru Hj. Zainuri H.B. yang terletak di tepian Sungai Mentaya. Dalam Yayasan ini berisikan empat madrasah, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah dan Ma'hadiyah. Selain yayasan ini, di sektor pendidikan khususnya, masih ada beberapa tempat lain guna meningkatkan ilmu pendidikan warganya, yaitu ada 2 sekolah dasar negeri (SDN 1 & SDN 2 Jaya Karet) serta sebuah TK Alqur'an.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Desa yang memiliki masyarakat mayoritas Islam ini mempunyai cukup tempat ibadah, disana ada terbilang sekitar 3 buah musholla dan 2 buah masjid. Masjid Darul Muttaqin merupakan salah satu yang tertua didesa ini yang berada di RT II.

SEJARAH[sunting | sunting sumber]

Sebelum bernama Jaya Karet, desa yang terdiri dari enam rukun tetangga (RT) ini sebelumnya pernah diberi nama Jaya Nanas. Mentaya Hilir Selatan, Kotawaringin Timur, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]