Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jatimulyo
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Kabupaten Kulon Progo
Kecamatan Girimulyo

Jatimulyo (Jawa: Jatimulya) adalah desa di kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Desa ini terletak di barisan perbukitan Menoreh wilayah utara Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Penduduk desa ini sekitar 9.000 jiwa.

Mata pencaharian penduduk wilayah ini sebagian besar adalah bercocok tanam dan perkebunan dengan hasil alam berupa tebu, cengkeh, kakao, kelapa dan salak pondoh. Cengkeh merupakan salah satu sumber penghasilan warga Jatimulyo yang memberikan keuntungan yang besar, akan tetapi cengkeh hanya dapat dipanen secara besar-besaran tiap 5 tahun sekali. Wilayah ini juga dikenal dengan potensi pengembangan peternakan kambing PE (Peranakan Ettawa).

Desa Jatimulyo menawarkan objek wisata alam berupa goa yaitu Goa Kiskendo. Objek wisata Goa Kiskendo ini mulai dikembangkan sejak tahun 1990an dan cukup diminati oleh penduduk sekitar sebagai tempat rekreasi. Para pengunjung yang menyukai wisata alam pun dapat menikmati pemandangan perbukitan Menoreh di sepanjang jalan. Untuk memasuki Goa Kiskendo, pengunjung dapat meminta bantuan Juru Kunci goa yang siap mengantar pengunjung memasuki lorong goa alami tersebut.dan selanjutnya akan dibangun bendungan R.Padmo Seputro dan akan ada penambahan wisata lagi, yang merupakan hasil observasi wisata diantaranya, Air terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Nggembor, Susur Goa Silodo dan pelestarian 34 budaya lokal yang masih asri dan menarik untuk dikunjungi