Jan Janskýdi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jan Janský (1902)
Jan Janský pada medali perunggu Janského

Prof. MUDr. Jan Janský (pengucapan bahasa Ceko: [ˈjan ˈjanskiː]) (3 April 1873, Praha – 8 September 1921, Černošice, dekat Praha) adalah seorang serologis asal Ceko, yang juga adalah seorang neurologis dan psikiater. Dia dikenal dengan klasifikasinya yang membagi darah menjadi empat golongan (A, B, AB, O) dari sistem golongan darah ABO. 

Jansk mempelajari ilmu medis di Universitas Charles di Praha. Sejak tahun 1899, dia bekerja di Klinik Psikiater di Praha. Pada tahun 1914, ia meraih gelar profesor. Selama Perang Dunia I, Janský  melayani sebagai dokter selama dua tahun di lini depan hingga serangan jantung membuatnya harus mundur. Seusai perang dia bekerja sebagai neuropsikiater di Rumah Sakit militer (Vojenská nemocnice). Dia mengidap angina pectoralis dan mati dikarenakan penyakit arteri koroner.

Janský juga merupakan pendukung atas donor darah.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Melalui penelitian psikatrisnya, Janský mencoba untuk menemukan hubungan antara penyakit jiwa dengan penyakit darah. Dia tidak menemukan korelasi di antara keduanya dan mengeluarkan sebuah studi, Hematologická studie u psychotiků (1907, Hematological study of psychotics), yang mana mengelompokkan darah ke dalam empat grup: I, II, III, IV. Pada saat itu penemuan ini hampir tidak diketahui orang, hingga pada tahun 1921 seorang komisioner kesehatan dari Amerika mengakui klasifikasi Janský (daripada Karl Landsteiner, yang mengklasifikan golongan darah pada tiga golongan; dan meraih penghargaan Nobel di bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930). Klasifikasi yang ditemui Janský tetap digunakan hingga sekarang. Klasifikasi yang serupa dijelaskan oleh William Lorenzo Moss, kecuali tipe I dan IV, yang merupakan keterbalikan dari klasifikasi Janský. Hal ini menambah kebingungan ketika melakukan transfusi darah hingga penggunaan A, B, dan O menjadi standar.

Legacy[sunting | sunting sumber]

  • Pendonor darah akan diberi penghargaan medali Janský (Janského plaketa) atas jasanya yang cukup sering mendonor.
  • The Secret of Blood, sebuah film tahun 1953 dari Ceko mengisahkan penemuannya. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]