James Valentine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

James Valentine
James valentine 2007.11.29.jpg
James Valentine pada sebuah konser - 29 November 2007
Latar belakang
Nama lahirJames Burgon Valentine
Lahir5 Oktober 1978 (umur 41) Lincoln, Nebraska, Amerika Serikat
GenreAlternative rock, funk rock, pop rock
InstrumenGitar, perkusi, vokal
Tahun aktif1996–sekarang
LabelA&M/Octone
Artis terkaitMaroon 5, JJAMZ, Square
Situs webSitus resmi Maroon 5
Instrumen khusus
Gibson Les Paul
Fender Telecaster
Gibson Firebird
Fender Stratocaster
Fender Jazzmaster
Minarik Inferno
Fano Guitars

James Burgon Valentine (lahir di Lincoln, Nebraska, Amerika Serikat, 5 Oktober 1978; umur 41 tahun) adalah seorang musisi Amerika Serikat. Ia paling dikenal sebagai gitaris dari grup pop rock Maroon 5.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Valentine lahir di Lincoln, Nebraska. Ia dibesarkan sebagai anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (Mormon) dan memiliki tiga saudara perempuan dan satu saudara laki-laki. Ibunya adalah mantan ratu kecantikan, yang juga adalah seorang guru sekolah sebelum menjadi ibu rumah tangga untuk membesarkan kelima anaknya. James adalah anggota pramuka. Dia adalah presiden dewan siswa di saat SMA di Lincoln, Nebraska.

Selain gitar, James juga pandai bermain perkusi, bermain di band orkestra dan jazz pada masa mudanya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Valentine pernah bermain untuk grup musik Montag, Quarkstar Kid, Mondello, dan Happy Dog. Pada tahun 2000, Happy Dog berubah nama menjadi Square dan ia pindah ke Los Angeles, California dari Anaheim, California di mana ia di sana juga mengajar les gitar privat. Valentine juga pernah bermain dengan Reel Big Fish, pertama ketika gitaris Aaron Barrett patah tangannya, dan kemudian pada tahun 2001 ketika Barrett jatuh dari tangga. Ia pernah bermain selama penampilan Maroon 5 di MTV Cribs. Akhirnya anggota Square dan Kara's Flowers menjadi teman dan ketika Kara's Flowers mulai mencari gitaris lain, Valentine didekati. Ketegangan pribadi di Square membantu keputusannya untuk bergabung, dan tak lama kemudian, Kara's Flowers menjadi Maroon 5.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]