Jalan cepat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jalan cepat (bahasa Inggris: Racewalking) merupakan cabang olahraga atletik berjalan gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Meskipun merupakan perlombaan kaki, berbeda dengan berlari dengan satu kaki harus selalu terlihat menyentuh tanah. Ini dinilai oleh juri balapan. Biasanya diadakan di jalan raya atau di jalur lari, jarak umum berkisar dari 3.000 meter (1,9 mil) hingga 100 kilometer (62,1 mil).

Ada dua jarak lomba lari yang diperebutkan di Olimpiade Musim Panas: lomba lari 20 kilometer (pria dan wanita) dan lomba lari 50 kilometer (khusus pria).[1] Keduanya diadakan sebagai acara jalan. Kejuaraan Atletik Dunia dua tahunan juga menampilkan tiga acara ini, selain jalan kaki 50 km untuk wanita. Kejuaraan Tim Jalan Cepat Dunia IAAF, pertama kali diadakan pada tahun 1961, adalah kompetisi global yang berdiri sendiri untuk disiplin ini dan memiliki lomba lari 10 kilometer untuk atlet junior, di samping acara standar Olimpiade. Kejuaraan Dunia Dalam Ruangan IAAF menampilkan variasi lomba lari 5000 m dan 3000 m, tetapi ini dihentikan setelah 1993. Kejuaraan dan permainan atletik tingkat atas biasanya menampilkan acara balapan jalan kaki 20 km.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mulkeen, Jon. "PREVIEW: WOMEN'S 50KM RACE WALK – IAAF WORLD RACE WALKING TEAM CHAMPIONSHIPS TAICANG 2018". IAAF Official Website. IAAF. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2018. Diakses tanggal 30 August 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]