Jacob Soetoyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jacob Soetoyo adalah seorang pengusaha Tionghoa-Indonesia yang menjabat selaku pendiri dan pemilik perusahaan Surya Citra Media (SCM), sebuah perusahaan media yang memiliki beberapa stasiun televisi, seperti SCTV, Indosiar, O Channel dan lain-lain. Ia juga memiliki bisnis di bidang properti, perhotelan, dan pertanian. Ia merupakan anak dari Soetoyo Sosrodjojo, pendiri perusahaan teh Sosro.[1]

Ia juga merupakan presiden direktur, presiden komisaris, dan komisaris sejumlah perusahaan di bawah naungan Gesit Group. Salah satunya menjadi presdir PT Gesit Sarana Perkasa, salah satu perusahaan yang terlibat dalam pembangunan hotel elite JS Luwansa di Kuningan, Jakarta Selatan.

Ia meraih gelar S1-nya di bidang perdagangan dari Concordia University, Montreal, Kanada pada tahun 1978. Lalu mengambil gelar S2-nya di bidang administrasi dari McGill University, Kanada.

Jacob memulai karir bisnisnya sejak tahun 1980. Dia bergabung ke PT Alakasa Industrindo tbk sebagai komisaris dan ditunjuk sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Alakasa Industrindo tbk pada tahun 2010. Selain bidang bisnis, ia juga pernah tercatat dalam barisan dewan pengawas Center of Strategic and International Studies (CSIS) pada tahun 2005.

Para anggota keluarganya juga banyak yang bergerak di bidang bisnis dan yayasan sosial, seperti Jahja Soetoyo, Meiriana Soetoyo dan Meiriani Soetoyo. Mereka tergabung dalam JS Brothers Fund Foundation.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]