Itik paruh-gergaji besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Itik paruh-gergaji besar
Periode Pleistocene–present
Mergus merganser

M. m. merganser, male in Sandwell, England
M. m. americanus, female
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22680492
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
TribusMergini
GenusMergus
SpesiesMergus merganser
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim taksonMerganser americanus Cassin, 1852
Subspecies
3, see text
Distribusi

M. merganser range      Breeding      Resident      Passage      Non-breeding

Itik paruh-gergaji besar (Amerika Utara) atau goosander (Eurasia) ( Mergus merganser ) adalah sejenis unggas besar yang mendiami sungai dan danau di kawasan hutan di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Itik paruh-gergaji besar biasa makan terutama ikan. Ia bersarang di lubang-lubang pohon.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah spesies itik dengan rata rata ukuran 58–72 cm (23–28+12 in) panjang dengan 78–97 cm (30+12–38 in) lebar sayap dan berat 09–21 kg (19 pon 13 oz – 46 pon 5 oz) ; pejantan rata-rata sedikit lebih besar daripada betina, tetapi ada beberapa yang tumpang tindih. Seperti spesies lain dalam genus Mergus, ia mempunyai jambul bulu kepala yang lebih panjang, tetapi bulu ini biasanya terletak membulat mulus di belakang kepala, biasanya tidak membentuk jambul tegak. Jantan dewasa yang sedang berkembang biak bulunya mudah dibedakan, tubuhnya berwarna putih dengan semburat merah jambu salmon yang bervariasi, kepala berwarna hitam dengan kilap hijau warna-warni, pantat dan ekor berwarna abu-abu, dan sayap sebagian besar berwarna putih di bagian dalam, hitam di bagian luar. . Betina dan jantan di "gerhana" (bulu yang tidak berkembang biak, Juli hingga Oktober) sebagian besar berwarna abu-abu, dengan kepala coklat kemerahan, dagu putih, dan bulu sekunder berwarna putih di sayap. Burung remaja (keduanya jenis kelamin) mirip dengan betina dewasa tetapi juga menunjukkan garis putih pendek bermata hitam di antara mata dan paruh. Paruh dan kakinya berwarna merah hingga merah kecoklatan, paling terang pada jantan dewasa, paling kusam pada remaja.   

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Makanan[sunting | sunting sumber]

Seperti itik paruh-gergaji lainnya, itik paruh-gergaji besar pemakan daging ini memiliki tepi bergerigi pada paruhnya untuk membantu mereka mencengkeram mangsanya, sehingga mereka sering dikenal dengan sebutan "itik paruh-gergaji". Selain ikan, mereka juga memakan berbagai mangsa air lainnya, seperti moluska, krustasea, cacing, larva serangga, dan amfibi; lebih jarang, mamalia kecil dan burung dapat diambil. Seperti pada burung lain dengan karakter tersebut, semburat merah jambu salmon yang ditunjukkan secara bervariasi oleh jantan mungkin terkait dengan pola makan, yang diperoleh dari pigmen karotenoid yang terdapat pada beberapa krustasea dan ikan. Saat tidak menyelam untuk mencari makan, mereka biasanya terlihat berenang di permukaan air, atau beristirahat di bebatuan di tengah sungai atau bersembunyi di antara vegetasi tepi sungai, atau (di musim dingin) di tepi es yang mengapung.  

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Di sebagian besar tempat, itik paruh-gergaji besar hidup di air asin dan air tawar. Di aliran sungai yang lebih besar, mereka mengapung mengikuti arus sejauh beberapa mil, dan terbang kembali atau lebih sering mencari ikan kembali, menyelam tanpa henti sepanjang perjalanan. Di aliran sungai yang lebih kecil, mereka muncul berpasangan atau dalam kelompok yang lebih kecil, dan mereka mengapung ke bawah, berputar-putar di jeram, atau memancing dengan penuh semangat di kolam dalam dekat kaki air terjun atau jeram. Saat mengambang dengan santai, mereka memposisikan diri di dalam air mirip bebek, namun mereka juga berenang jauh di dalam air seperti burung kormoran, terutama saat berenang di hulu. Mereka sering duduk di atas batu di tengah air, mirip dengan burung kormoran, seringkali setengah membuka sayapnya ke arah matahari. Untuk bangkit dari air, mereka mengepakkan sayapnya di permukaan sejauh beberapa meter. Begitu mereka mengudara, penerbangan mereka kuat dan cepat. Mereka sering memancing dalam kelompok membentuk setengah lingkaran dan menggiring ikan ke perairan dangkal, sehingga mereka dapat ditangkap dengan mudah. Suara mereka yang biasa adalah suara serak yang rendah dan keras, tetapi selama musim kawin, jantan yang terlihat, serta anak-anaknya, mengeluarkan peluit lembut yang sedih. Umumnya, mereka waspada, dan satu atau lebih burung tetap bertugas berjaga untuk memperingatkan kawanan akan bahaya yang mendekat. Jika diganggu, mereka sering menghabiskan makanannya sebelum berpindah. Meskipun mereka bergerak dengan kikuk di darat, mereka terpaksa berlari ketika terdesak, mengambil posisi sangat tegak seperti penguin, dan sering terjatuh serta tersandung.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Biasanya bersarang di rongga pohon, sehingga memerlukan hutan tua sebagai habitat berkembang biaknya; mereka juga siap menggunakan kotak sarang besar jika disediakan, sehingga memerlukan lubang masuk 15 cm (6 in) diameternya. Di tempat-tempat yang tidak memiliki pepohonan (seperti pegunungan di Asia Tengah), mereka menggunakan lubang-lubang di tebing dan tepian sungai yang curam dan tinggi, terkadang pada jarak yang cukup jauh dari air. Betina bertelur 6–17 (paling sering 8–12) telur berwarna putih hingga kekuningan, dan membesarkan satu induk dalam satu musim. Anak-anak itik tersebut dibawa oleh induknya ke sungai atau danau segera setelah menetas, di mana mereka memakan invertebrata air tawar dan benih ikan kecil, yang menjadi dewasa ketika berumur 60–70 hari. Anak-anaknya menjadi dewasa

Gerakan[sunting | sunting sumber]

Spesies ini merupakan migran parsial, dengan burung yang berpindah dari daerah di mana sungai dan danau besar membeku di musim dingin, tetapi tinggal di tempat yang perairannya tetap terbuka. Burung Amerika Utara bagian timur bergerak ke selatan dalam kelompok kecil ke Amerika Serikat di mana pun terdapat kondisi bebas es di danau dan sungai; di pantai Pasifik yang lebih sejuk, mereka adalah penduduk tetap. Burung Skandinavia dan Rusia juga bermigrasi ke selatan, tetapi burung Eropa Barat, dan beberapa di Jepang, sebagian besar merupakan penduduk. Pada beberapa populasi, pejantan juga menunjukkan migrasi mabung yang berbeda, meninggalkan daerah perkembangbiakan segera setelah anak menetas untuk menghabiskan musim panas (Juni hingga September) di tempat lain. Khususnya, sebagian besar populasi jantan Eropa Barat bermigrasi ke utara ke muara di Finnmark di Norwegia utara (terutama Tanafjord ) untuk mabung, meninggalkan betina yang merawat anak-anak itik. Pejantan dalam jumlah yang jauh lebih kecil juga menggunakan muara di Skotlandia timur sebagai daerah ganti bulu atau mabung.

Status dan konservasi[sunting | sunting sumber]

Secara keseluruhan, spesies ini tidak terancam, meskipun penganiayaan ilegal oleh pelaku penangkapan ikan masih menjadi masalah di beberapa daerah. Pada bulan Februari 2020, penampakan itik paruh-gergaji besar yang jarang terjadi didokumentasikan di Central Park, New York ; burung itu jelas-jelas berada dalam kesusahan, paruhnya terjepit oleh puing-puing.[2]

Di Eropa Barat, penyebaran yang nyata ke arah selatan telah terjadi dari Skandinavia dalam wilayah perkembangbiakannya sejak sekitar tahun 1850, menjajah Skotlandia pada tahun 1871, Inggris pada tahun 1941, dan juga peningkatan populasi yang kuat di Pegunungan Alpen . Mereka sangat langka di Irlandia, dengan pembiakan rutin yang terbatas pada beberapa pasang saja di County Wicklow .[3]

Itik paruh-gergaji besar adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Mergus merganser". 2018: e.T22680492A132054083. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22680492A132054083.en. 
  2. ^ Kilgannon, Corey (2020-02-24). "Central Park Races to Save a Rare Duck Gagging on a Piece of Plastic". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-02-26. 
  3. ^ Report of the Irish Rare Breeding Birds Panel 2013 Irish Birds Vol.