István Sándorfi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
István Sándorfi
Étienne Sandorfi
KebangsaanHongaria, Prancis
Dikenal atasPelukis
Gerakan politikHiperrealisme

István Sándorfi, di Prancis dikenal dengan nama Étienne Sandorfi (lahir di Budapest, Hongaria, 12 Juni 1948 – meninggal di Paris, Prancis, 26 Desember 2007 pada umur 59 tahun) adalah seorang pelukis berkebangsaan Hongaria.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Akibat bekerja di perusahaan milik Amerika Serikat, ayahnya dipenjara pada tahun 1950 dan dibebaskan beberapa hari sebelum revolusi tahun 1956 meletus. Pada tahun yang sama, keluarganya meninggalkan Hongaria, awalnya menuju Austria, lalu ke Jerman dan pada tahun 1958 ke Prancis.[1][2] Sándorfi mulai menggambar ketika dia berumur 8 tahun, dan ketika berumur 12 tahun mulai menggunakan cat minyak. Dia meraih gelar diplomanya di École nationale supérieure des Beaux-Arts di Paris dan dia juga bersekolah di École nationale supérieure des arts décoratifs.

Sándorfi mempunyai dua anak, Ange (lahir tahun 1974) dan Eve (lahir tahun 1979).[2] Ia meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya pada 26 Desember 2007 dan dikuburkan di Budapest sesuai keinginannya.[3]

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970-an Sándorfi mulai menggunakan dirinya sebagai model karena tak suka diamati orang yang tak dikenal saat bekerja.[1] Pameran pertamanya diadakan di sebuah galeri kecil di Paris; pameran besar pertamanya diadakan pada tahun 1973 di Musée d'Art Moderne de la Ville de Paris.[2] Sejak saat itu lukisannya mulai dipamerkan di beberapa museum di luar negeri, misalnya Kopenhagen, Roma, München, Brussel, Basel, New York, Los Angeles, dan San Fransisco.

Dalam lukisannya ia menggunakan objek-objek, pergerakan, atau situasi yang aneh.[1] Warna-warna yang ia gunakan pada tahun 1970 hingga 1980-an adalah biru, ungu muda, dan kombinasinya. Pada tahun 1980-an ia melukis bentuk tubuh wanita dan lukisan alam benda.[1] Sejak 1988 ia kebanyakan melukis wanita.

Pameran pertamanya di Hongaria diadakan pada tahun 2006 di Budapest dan tahun berikutnya di Debrecen. Ini adalah pertama kalinya ia kembali ke Hongaria setelah meninggalkan negara tersebut saat masih kecil.

Pameran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]