Sukajadi, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sukajadi
Peta
Peta lokasi Kecamatan Sukajadi
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KotaBandung
Pemerintahan
 • Camat- Drs. Inci Dermaga Mustawan Alamsyah., Ma.P
Populasi
 • Total100,090 Jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.73.07
Kode BPS3273240
Desa/kelurahanKelurahan Pasteur

Kelurahan Cipedes Kelurahan Sukawarna Kelurahan Sukagalih

Kelurahan Sukabungah


Sukajadi

SUKAJADI saat ini sudah menjadi salah satu kawasan padat penduduk di Kota Bandung. Kemacetan pun kerap melanda kawasan tersebut menyusul berdirinya mal dan perhotelan. Muncul pertanyaan, kenapa daerah itu disebut Sukajadi?

Berikut ini uraian dari Anggota Masyarakat Geografi Indonesia dan Kelompok Riset Cekungan Bandung T Bachtiar yang dipublikasikan di Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 15 Oktober 2009. Kepada pembaca yang budiman, selamat membaca.

”Apanya yang jadi, apanya yang tumbuh di Sukajadi?” Pertanyaan itu sering ditanyakan kepada saya menyangkut asa-usul nama tempat (toponimi).

Lama saya berdiri, memandang ke utara dari pertigaan Jalan Sukajadi dengan Jalan dr. Eykman. Terlihat jalan itu menurun ke utara sampai sungai sebagai titik terendahnya, lalu menanjak kembali ke utara hingga Bunderansiem, bahkan menerus hingga Karangsetra.

Begitu pun saat berdiri memandang ke arah selatan dari depan kantor polisi, terlihat jalan yang menurun dan menanjak lagi ke arah selatan sampai Rancabadak.

Apalagi, bila kita berada di ketinggian di sekitar itu, akan jelas kawasan Sukajadi itu rona buminya cekung.

Penamaan tempat, seperti untuk menamai kawasan yang cekung misalnya, ada yang dihubungkan dengan benda  menyerupai rona bumi tersebut dan paling dikenal masyarakat saat itu.

Ada alat masak yang paling populer, karena paling dibutuhkan untuk bertahan hidup yaitu jadi, alat yang terbuat dari tanah yang dibakar (gerabah).

Kawasan yang rona buminya cekung cukup dalam, oleh masyarakatnya diasosiasikan dengan gerabah alat masak, yaitu jadi.

Oleh karena kawasan itu begitu indahnya, cekungan yang dikelilingi lengkung perbukitan  nan hijau dengan sungai  me­ngalir jernih di lembahnya, maka tempat itu membuat hati menjadi senang. Maka, masyarakat Bandung lama menamai tempat itu Sukajadi. Suka berasal dari kata sukha yang berarti suka atau senang dan jadi berarti kawasan itu rona buminya mirip benda cekung.

Jauh setelah tempat itu diberi nama Sukajadi, bahasa penghuni Bandung mengalami perubahan, sehingga alat yang semula bernama jadi, kemudian berubah sebutannya menjadi pariuk, tetapi tidak serta merta mengubah nama tempat yang ada.  

(Aksara Sunda Baku: ᮞᮥᮊᮏᮓᮤ) adalah sebuah kecamatan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]