Perusahaan Hindia Barat Belandа: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Aldo samulo (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Aldo samulo (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 33: Baris 33:
| intl =
| intl =
}}
}}
'''Geoctroyeerde Westindische Compagnie''' ({{lang-id|Perusahaan Hindia Barat Belanda}}) adalah sebuah perusahaan sewaan dari pedagang [[Belanda]]. Di antara pendirinya adalah [[Willem Usselincx]] (1.567-1.647). Pada tanggal 3 Juni 1621, itu diberikan piagam untuk monopoli perdagangan di [[Hindia Barat]] (berarti [[Karibia]]) oleh [[Republik Tujuh Belanda Bersatu]] dan diberi yurisdiksi atas perdagangan budak [[Afrika]], [[Brasil]], [[Karibia]], dan [[Amerika Utara]]. Wilayah di mana perusahaan dapat beroperasi terdiri dari [[Afrika Barat]] (antara Tropic of Cancer dan Tanjung Harapan) dan [[Amerika]], termasuk [[Samudera Pasifik]] dan bagian timur Guinea Baru.
'''Geoctroyeerde Westindische Compagnie''' ({{lang-id|Perusahaan Hindia Barat Belanda}})

==Lihat pula==
* [[Perusahaan Hindia Timur Britania]], didirikan pada [[1600]]
* [[Perusahaan Hindia Timur Belanda]], didirikan pada [[1602]]
* [[Perusahaan Hindia Timur Denmark]], didirikan pada [[1616]]
* [[Perusahaan Hindia Timur Perancis]], didirikan pada [[1664]]
* [[Perusahaan Hindia Timur Swedia]], didirikan pada [[1731]]

==Pranala luar==
*[http://www.colonialvoyage.com/ Dutch Portuguese Colonial History] Dutch Portuguese Colonial History: history of the Portuguese and the Dutch in Ceylon, India, Malacca, Bengal, Formosa, Africa, Brazil. Language Heritage, lists of remains, maps.
*[http://www.s4ulanguages.com/wic.html Facsimile of 15 WIC books] Relating about the events in Brazil in the 17th century (PT & NL)
*[http://geneaknowhow.net/in/schepen/overig-schepen/halve-maan-replica.html WIC ship halve maan] The GWC ship the Halve Maan.
*[http://avalon.law.yale.edu/17th_century/westind.asp Charter of the Dutch West India Company] Text of the Charter of the Dutch West India Company: 1621
*[http://www.atlasgeo.net/fotw/flags/nl-indch.html Netherlands West India Company GWC]


[[Kategori:Sejarah Belanda]]
[[Kategori:Sejarah Belanda]]

Revisi per 10 Desember 2012 02.11

West-Indische Compagnie
Didirikan03 Juni 1621 (1621-06-03)
PendiriWillem Usselincx (antara lain)
Ditutup1792 (1792)
Cabang
Amsterdam, Hoorn, Rotterdam, Groningen dan Middelburg
Tokoh
kunci
Heeren XIX

Geoctroyeerde Westindische Compagnie (Indonesia: Perusahaan Hindia Barat Belanda) adalah sebuah perusahaan sewaan dari pedagang Belanda. Di antara pendirinya adalah Willem Usselincx (1.567-1.647). Pada tanggal 3 Juni 1621, itu diberikan piagam untuk monopoli perdagangan di Hindia Barat (berarti Karibia) oleh Republik Tujuh Belanda Bersatu dan diberi yurisdiksi atas perdagangan budak Afrika, Brasil, Karibia, dan Amerika Utara. Wilayah di mana perusahaan dapat beroperasi terdiri dari Afrika Barat (antara Tropic of Cancer dan Tanjung Harapan) dan Amerika, termasuk Samudera Pasifik dan bagian timur Guinea Baru.

Lihat pula

Pranala luar