Rosh Hashanah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
PT09Christian (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
PT09Christian (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 23: Baris 23:
}}
}}


Secara etimologis, '''Rosh Hashanah''' ([[bahasa Ibrani]]: '''ראש השנה''') berarti "permulaan tahun".<ref name="Rosh Hashanah"/><ref name="Ensiklopedia"/> Hari raya ini adalah pembuka festival hari-hari raya besar.<ref name="Rosh Hashanah"/> Hari raya ini juga seringkali disebut sebagai ''Yom Teruah'' (Hari Meniup ''[[Shofar]]'')<ref name="Rosh Hashanah"/>, ''Yom Hazikarom'' (Hari Mengingat)<ref name="Rosh Hashanah"/>, ''Yom Hadim'' (Hari Penghakiman)<ref name="Rosh Hashanah"/>, atau ''Ianim Nora'im'' (Hari Pertobatan Sepuluh Hari)<ref name="Hari Raya Liturgi"/>.
'''Rosh Hashanah''' ([[bahasa Ibrani]]: '''ראש השנה''') adalah [[tahun baru]] dalam penanggalan [[Yahudi]]. Sebenarnya, [[Yudaisme]] memiliki empat hari "tahun baru" yang menandai berbagai "tahun" resmi, seperti halnya [[1 Januari]] menandai tahun baru dalam [[Kalender Gregorian|penanggalan Gregorian]]. Rosh Hashanah adalah tahun baru untuk manusia, binatang, dan kontrak hukum.


Hari raya ini adalah hari raya terpenting dalam hari raya Yahudi.<ref name="Ensiklopedia">{{en}}Jacob Neusner, Alan J. Avery-Peck, dan William Scott Green.1999.''The Encyclopedia of Judaism''.New York:The Continuum Publishing Company. hlm 32-50.</ref> Perayaan ini juga adalah perayaan tahun baru yang paling meriah dan penuh khidmat dibandingkan dengan perayaan tahun baru yang lainnya.<ref name="Hari Raya Liturgi"/><ref name="RH:A Preliminary">{{en}}Edward Goldman.1988.''Rosh Hashanah:A Preliminary Translation and Explanation''.USA:University of Chicago. hlm 1.</ref> Selain memperingati mengenai hari penciptaan alam raya, pada hari ini juga diperingati hari [[kiamat]].<ref name="Ensiklopedia"/> Hari raya ini dilangsungkan selama dua hari.<ref name="Ensiklopedia"/>
Secara etimologis, '''Rosh Hashanah''' berarti "permulaan tahun".<ref name="Rosh Hashanah"/><ref name="Ensiklopedia"/> Hari raya ini adalah pembuka festival hari-hari raya besar.<ref name="Rosh Hashanah"/> Hari raya ini juga seringkali disebut sebagai ''Yom Teruah'' (Hari Meniup ''[[Shofar]]'')<ref name="Rosh Hashanah"/>, ''Yom Hazikarom'' (Hari Mengingat)<ref name="Rosh Hashanah"/>, ''Yom Hadim'' (Hari Penghakiman)<ref name="Rosh Hashanah"/>, atau ''Ianim Nora'im'' (Hari Pertobatan Sepuluh Hari)<ref name="Hari Raya Liturgi"/>.

Hari raya ini adalah hari raya terpenting dalam hari raya Yahudi.<ref name="Ensiklopedia"/> Perayaan ini juga adalah perayaan tahun baru yang paling meriah dan penuh khidmat dibandingkan dengan perayaan tahun baru yang lainnya.<ref name="Hari Raya Liturgi"/><ref name="RH:A Preliminary">{{en}}Edward Goldman.1988.''Rosh Hashanah:A Preliminary Translation and Explanation''.USA:University of Chicago. hlm 1.</ref> Selain memperingati mengenai hari penciptaan alam raya, pada hari ini juga diperingati hari [[kiamat]].<ref name="Ensiklopedia"/> Hari raya ini dilangsungkan selama dua hari.<ref name="Ensiklopedia"/>


Hari raya Rosh Hashanah jatuh pada bulan Tisyri, juga dibulan yang sama terdapat beberapa perayaan yaitu: [[Tzom Gedaliah]], [[Yom Kippur]], [[Hari Raya Pondok Daun|Sukkot]], [[Hoshanah Rabbah]], [[Shemini Atzeret]], & [[Simchat Torah]].
Hari raya Rosh Hashanah jatuh pada bulan Tisyri, juga dibulan yang sama terdapat beberapa perayaan yaitu: [[Tzom Gedaliah]], [[Yom Kippur]], [[Hari Raya Pondok Daun|Sukkot]], [[Hoshanah Rabbah]], [[Shemini Atzeret]], & [[Simchat Torah]].

Revisi per 25 Maret 2011 15.46

Rosh Hashanah
A shofar dibuat dari tanduk kambing jantan
Nama resmibahasa Ibrani: ראש השנה
Nama lainAwal tahun
Dirayakan olehYudaisme dan orang Yahudi
JenisKeagamaan
MaknaTahun baru Yahudi menurut Kalender Ibrani. Memperingati penciptaan dunia dan kelahiran serta pengikatan Ishak.
Permulaan dari sepuluh "Hari-hari yang Menakjubkan" sebelum Yom Kippur.
KegiatanBerdoa di sinagoga, shofar. Makanan pesta dengan roti challah yang bundar dan apel yang dicelupkan ke dalam madu. Kepala ikan, buah delima. Buah-buahan baru pada malam kedua.
MulaiHari pertama bulan Tishrei
BerakhirHari kedua bulan Tishrei
TanggalScript error: The function "getRawValue" does not exist.
Tahun 2024date missing (please add)
Terkait denganYom Kippur yang dirayakan sesudahnya.

Secara etimologis, Rosh Hashanah (bahasa Ibrani: ראש השנה) berarti "permulaan tahun".[1][2] Hari raya ini adalah pembuka festival hari-hari raya besar.[1] Hari raya ini juga seringkali disebut sebagai Yom Teruah (Hari Meniup Shofar)[1], Yom Hazikarom (Hari Mengingat)[1], Yom Hadim (Hari Penghakiman)[1], atau Ianim Nora'im (Hari Pertobatan Sepuluh Hari)[3].

Hari raya ini adalah hari raya terpenting dalam hari raya Yahudi.[2] Perayaan ini juga adalah perayaan tahun baru yang paling meriah dan penuh khidmat dibandingkan dengan perayaan tahun baru yang lainnya.[3][4] Selain memperingati mengenai hari penciptaan alam raya, pada hari ini juga diperingati hari kiamat.[2] Hari raya ini dilangsungkan selama dua hari.[2]

Hari raya Rosh Hashanah jatuh pada bulan Tisyri, juga dibulan yang sama terdapat beberapa perayaan yaitu: Tzom Gedaliah, Yom Kippur, Sukkot, Hoshanah Rabbah, Shemini Atzeret, & Simchat Torah.

Selain Rosh Hashanah terdapat juga beberapa perayaan utama yaitu Festival Pesakh umat Yahudi, atau Paskah Yahudi (Ibrani, dan Yiddish: פֶּסַח, Tiberias: pɛsaħ, Ibrani: Pesach, Pesah, Pesakh), adalah perayaan yang dirayakan pada hari ke-14 dalam bulan yang disebut Nisan (Imamat 23:4; Bilangan 9:3-5, Bilangan 28:16), bulan pertama kalender Ibrani selama delapan hari. Festival ini berakhir pada hari ke-21 Nisan di Israel, dan hari ke-22 Nisan diluar Israel dan dirayakan untuk memperingati keluarnya bangsa Israel dari Mesir. Hari Raya Pondok Daun adalah sebuah hari raya Yahudi; merupakan perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen. Pada perayaan itu orang tinggal dalam pondok daun sebagai peringatan akan zaman pengembaraan dalam padang belantara. Kemudian perayaan Shavuot disebut Hari raya Tujuh Minggu (Ibrani: חג השבועות, Ḥag ha-Shavuot, Keluaran 34:22, Ulangan 16:10); Hari raya menuai (Ibrani: חג הקציר, Ḥag ha-Katsir, Keluaran 23:16), dan Hari hulu hasil (Ibrani יום הבכורים, Yom ha-Bikkurim, Bilangan 28:26). Mishnah dan Talmud menyebut Shavuot dengan Atzeret (Ibrani: עצרת, pertemuan khidmat), karena merupakan penutupan berbagai kegiatan selama dan setelah hari raya Paskah. Semenjak Shavuot bertepatan dengan 50 hari setelah Paskah, orang Yunani Hellenistik kemudian menyebutnya Pentakosta (πεντηκόστη, "hari kelima puluh").

Pada perayaan ini, serunai yang disebut shofar ditiup sepanjang hari di sinagoge sebagai tanda perayaan.[3][1] Selain itu, ada makna-makna lain dari ditiupnya shofar pada hari itu :

  • Allah dinobatkan sebagai raja pada hari itu;[3]
  • Pembuka masa sepuluh hari penyesalan dan pertobatan;[3]
  • Taurat diberikan di Sinai dengan iringan shofar;[3]
  • Para nabi membandingkan berita mereka dengan tiupan shofar;[3]
  • Para serdadu yang menghancurkan Bait Allah membunyikan shofar;[3]
  • Mengingat kurban domba sebagai pengganti kurban Ishak;[5]
  • Mengingat Amos 3:6;[3]
  • Hari Tuhan adalah hari peniupan shofar Zefanya 1:14-16;[3]
  • Shofar besar merupakan masa mesianis Yesaya 27:13;[3]
  • Shofar akan dibunyikan pada hari kebangkitan. [6]

Referensi

  1. ^ a b c d e f (Inggris)Judith Groner.1997.All about Rosh Hashanah.Rockville:Kar-Ben Copies. hlm1-6.
  2. ^ a b c d (Inggris)Jacob Neusner, Alan J. Avery-Peck, dan William Scott Green.1999.The Encyclopedia of Judaism.New York:The Continuum Publishing Company. hlm 32-50.
  3. ^ a b c d e f g h i j k Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Hari Raya Liturgi
  4. ^ (Inggris)Edward Goldman.1988.Rosh Hashanah:A Preliminary Translation and Explanation.USA:University of Chicago. hlm 1.
  5. ^ (Inggris)Adolf Adam. 1981. The Liturgical Year:its History and Its Meaning after the Reform of the Liturgy. Peublo Publishing Company.
  6. ^ (Inggris)Raphael Posner.1975.Jewish Liturgy: Prayer and Synagogue Service Through the Ages.Keter Publishing House Jerusalem.