Helsinki: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
k robot Adding: hy:Հելսինկի
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Image:Senate Square and Lutheran Cathedral in Helsinki.jpg|thumb|250px|Gedung Senat dan Katedral Luther]]
[[Image:Senate Square and Lutheran Cathedral in Helsinki.jpg|thumb|250px|Gedung Senat dan Katedral Luther]]
'''Helsinki''' atau '''Helsingfors''' dalam [[bahasa Swedia]] adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di [[Finlandia]] penduduk sebanyak 562.570 jiwa. Kota ini terletak di bagian selatan Finlandia, di tepi [[Teluk Finlandia]] dan [[Laut Baltik]]. Daerah urban Helsinki termasuk kota [[Espoo]], [[Vantaa]], dan [[Kauniainen]], yang disebut juga Wilayah Ibukota dengan penduduk sebanyak 992.836 jiwa. Daerah [[Helsinki Raya]] (''Greater Helsinki'') melingkupi lebih banyak kota-kota di sekitarnya dan memiliki 1.283.093 penduduk yang berarti satu dari empat penduduk Finlandia tinggal di daerah tersebut.
'''Helsinki''' adalah ibu kota [[Finlandia]]. Kota ini memiliki penduduk sekitar 1 juta jiwa. Ketika [[Finlandia]] masih dijajah oleh [[Swedia]], kota ini bernama Helsingfors, dan masih disebut dengan nama itu dalam [[bahasa Swedia]].


Helsinki adalah pusat bisnis, keuangan, mode, hiburan, media, dan budaya di [[Finlandia]] dengan jajaran [[museum]], [[galeri]], dan tempat pertunjukkan. Kota ini juga menjadi pintu gerbang internasional Finlandia. Helsinki memiliki jumlah warga asing terbesar di Finlandia baik dalam jumlah nyata maupun persentasenya. Mereka terdiri dari sekitar 130 kewarganegaraan dengan mayoritas dari [[Rusia]], [[Estonia]], dan [[Swedia]]. Saat ini, Helsinki mendapat perhatian dari dunia karena Finlandia memegang jabatan [[Presiden Uni Eropa]] dari [[Juli]] sampai [[Desember]] [[2006]].
==Pendidikan==

== Transportasi ==
[[Transportasi publik]] dalam kota Helsinki ditangani oleh [[Helsingin kaupungin liikennelaitos]], perusahaan [[transportasi]] milik pemerintah. Fasilitas transportasinya terdiri dari [[trem]], [[kereta api bawah tanah]], [[bus]], dan [[feri]].

Untuk urusan transportasi udara, Helsinki memiliki [[Bandara Helsinki-Vantaa]] dan [[Bandara Malmi]]. Bandara Helsinki-Vantaa ,yang terletak sekitar 19 km di utara Helsinki, adalah pintu gerbang internasional Finlandia.

== Pendidikan ==
Helsinki memiliki 190 sekolah umum dan 15 sekolah kejuruan. Ada pula delapan universitas dan empat politeknik.
Helsinki memiliki 190 sekolah umum dan 15 sekolah kejuruan. Ada pula delapan universitas dan empat politeknik.



Revisi per 13 September 2006 10.59

Gedung Senat dan Katedral Luther

Helsinki atau Helsingfors dalam bahasa Swedia adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia penduduk sebanyak 562.570 jiwa. Kota ini terletak di bagian selatan Finlandia, di tepi Teluk Finlandia dan Laut Baltik. Daerah urban Helsinki termasuk kota Espoo, Vantaa, dan Kauniainen, yang disebut juga Wilayah Ibukota dengan penduduk sebanyak 992.836 jiwa. Daerah Helsinki Raya (Greater Helsinki) melingkupi lebih banyak kota-kota di sekitarnya dan memiliki 1.283.093 penduduk yang berarti satu dari empat penduduk Finlandia tinggal di daerah tersebut.

Helsinki adalah pusat bisnis, keuangan, mode, hiburan, media, dan budaya di Finlandia dengan jajaran museum, galeri, dan tempat pertunjukkan. Kota ini juga menjadi pintu gerbang internasional Finlandia. Helsinki memiliki jumlah warga asing terbesar di Finlandia baik dalam jumlah nyata maupun persentasenya. Mereka terdiri dari sekitar 130 kewarganegaraan dengan mayoritas dari Rusia, Estonia, dan Swedia. Saat ini, Helsinki mendapat perhatian dari dunia karena Finlandia memegang jabatan Presiden Uni Eropa dari Juli sampai Desember 2006.

Transportasi

Transportasi publik dalam kota Helsinki ditangani oleh Helsingin kaupungin liikennelaitos, perusahaan transportasi milik pemerintah. Fasilitas transportasinya terdiri dari trem, kereta api bawah tanah, bus, dan feri.

Untuk urusan transportasi udara, Helsinki memiliki Bandara Helsinki-Vantaa dan Bandara Malmi. Bandara Helsinki-Vantaa ,yang terletak sekitar 19 km di utara Helsinki, adalah pintu gerbang internasional Finlandia.

Pendidikan

Helsinki memiliki 190 sekolah umum dan 15 sekolah kejuruan. Ada pula delapan universitas dan empat politeknik.

Universitas

Politeknik