Ediakara: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 7: Baris 7:
'''Ediakara''' atau '''Ediakarium''' adalah [[periode (geologi)|periode geologi]] ketiga dan terakhir pada [[era (geologi)|era]] [[Neoproterozoikum]] yang berlangsung dari 635 - 541 juta tahun yang lalu. Waktu tersebut bukan berdasarkan stratigrafi, melainkan didefinisikan secara kronometrik.
'''Ediakara''' atau '''Ediakarium''' adalah [[periode (geologi)|periode geologi]] ketiga dan terakhir pada [[era (geologi)|era]] [[Neoproterozoikum]] yang berlangsung dari 635 - 541 juta tahun yang lalu. Waktu tersebut bukan berdasarkan stratigrafi, melainkan didefinisikan secara kronometrik.


Periode '''Ediakara''', dinamai dari nama [[Ediacara Hills]] di [[Australia Selatan]] adalah [[periode (geologi)|periode]] terakhir dari [[era (geologi)|era]] [[Neoproterozoikum|Neoproterozoik]] dan dari [[eon]] [[Proterozoik]], yang kemudian diikuti oleh periode [[Kambrium]], periode pertama era [[Paleozoikum|Paleozoik]] dari eon [[fanerozoik]]. Statusnya sebagai periode geologis resmi disahkan tahun [[2004]] oleh [[International Union of Geological Sciences]] (IUGS), dengan demikian ia merupakan periode geologis baru pertama yang dideklarasikan dalam 120 tahun.<ref name=Knoll2004a>A. Knoll, M. Walter, G. Narbonne, and N. Christie-Blick (2004) "[http://www.stratigraphy.org/bak/ediacaran/Knoll_et_al_2004a.pdf The Ediacaran Period: A New Addition to the Geologic Time Scale.]" Submitted on Behalf of the Terminal Proterozoic Subcommission of the International Commission on Stratigraphy.</ref><ref>{{cite journal
Periode '''Ediakara''', dinamai dari nama [[Ediacara Hills]] di [[Australia Selatan]] adalah [[periode (geologi)|periode]] terakhir dari [[era (geologi)|era]] [[Neoproterozoikum|Neoproterozoik]] dan dari [[eon]] [[Proterozoik|Proterozoikum]], yang kemudian diikuti oleh periode [[Kambrium]], periode pertama era [[Paleozoikum|Paleozoik]] dari eon [[fanerozoik|fanerozoikum]]. Statusnya sebagai periode geologis resmi disahkan tahun [[2004]] oleh [[International Union of Geological Sciences]] (IUGS), dengan demikian ia merupakan periode geologis baru pertama yang dideklarasikan dalam 120 tahun.<ref name=Knoll2004a>A. Knoll, M. Walter, G. Narbonne, and N. Christie-Blick (2004) "[http://www.stratigraphy.org/bak/ediacaran/Knoll_et_al_2004a.pdf The Ediacaran Period: A New Addition to the Geologic Time Scale.]" Submitted on Behalf of the Terminal Proterozoic Subcommission of the International Commission on Stratigraphy.</ref><ref>{{cite journal
| author = Knoll, A.H.
| author = Knoll, A.H.
| coauthors = Walter, M.R., Narbonne, G.M., Christie-Blick, N.
| coauthors = Walter, M.R., Narbonne, G.M., Christie-Blick, N.

Revisi per 8 September 2019 06.33

Periode Ediakara
20–20 juta tahun yang lalu
Rata-rata kadar O2 selama periode ca. 8 Vol %[1]
(40 % tingkat kehidupan modern)
Rata-rata kadar CO2 selama periode ca. 4500 ppm[2]
(16 kali tingkat pra-industrial)
Rata-rata suhu permukaan selama periode ca. 17 °C[3]
(3 °C di atas tingkat kehidupan modern)

Templat:Ediakara graphical timeline

Ediakara atau Ediakarium adalah periode geologi ketiga dan terakhir pada era Neoproterozoikum yang berlangsung dari 635 - 541 juta tahun yang lalu. Waktu tersebut bukan berdasarkan stratigrafi, melainkan didefinisikan secara kronometrik.

Periode Ediakara, dinamai dari nama Ediacara Hills di Australia Selatan adalah periode terakhir dari era Neoproterozoik dan dari eon Proterozoikum, yang kemudian diikuti oleh periode Kambrium, periode pertama era Paleozoik dari eon fanerozoikum. Statusnya sebagai periode geologis resmi disahkan tahun 2004 oleh International Union of Geological Sciences (IUGS), dengan demikian ia merupakan periode geologis baru pertama yang dideklarasikan dalam 120 tahun.[4][5][6] Type section-nya ada di Barisan Pegunungan Flinders di Australia Selatan.

Rujukan

  1. ^ Image:Sauerstoffgehalt-1000mj.svg
  2. ^ Image:Phanerozoic Carbon Dioxide.png
  3. ^ Image:All palaeotemps.png
  4. ^ A. Knoll, M. Walter, G. Narbonne, and N. Christie-Blick (2004) "The Ediacaran Period: A New Addition to the Geologic Time Scale." Submitted on Behalf of the Terminal Proterozoic Subcommission of the International Commission on Stratigraphy.
  5. ^ Knoll, A.H. (2004). "A new period for the geologic time scale" (PDF). Science. 305 (5684): 621–622. doi:10.1126/science.1098803. 
  6. ^ Knoll, A.H., Walter, M.R., Narbonne, G.M., and Christie-Blick, N. (2006). "The Ediacaran Period: A new addition to the geologic time scale" (PDF). Lethaia. 39: 13–30. doi:10.1080/00241160500409223. 

Pranala luar

Didahului oleh Eon Arkean 2.5 Milyar tahun - Eon Proterozoikum - 542 Milyar tahun Diikuti oleh Eon Fanerozoikum
2.5 Milyar tahun - Era Paleoproterozoikum -1.6 Milyar tahun 1.6 Milyar tahun - Era Mesoproterozoikum -1.0 Milyar tahun 1.0 Milyar tahun - Era Neoproterozoikum -542 Milyar tahun
Siderium Riasium Orosirium Staterium Kalimium Ektasium Stenium Tonium Kriogenium Ediakarium