Kurt Vonnegut: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 129: Baris 129:
* [http://id.loc.gov/authorities/names/n79062641.html Vonnegut, Kurt] di ''[[Library of Congress]]''
* [http://id.loc.gov/authorities/names/n79062641.html Vonnegut, Kurt] di ''[[Library of Congress]]''
* [http://www.vonnegutlibrary.org/ Kurt Vonnegut Memorial Library]
* [http://www.vonnegutlibrary.org/ Kurt Vonnegut Memorial Library]

{{Kurt Vonnegut}}


{{DEFAULTSORT:Vonnegut, Kurt}}
{{DEFAULTSORT:Vonnegut, Kurt}}
[[Kategori:Sastrawan Amerika Serikat]]
[[Kategori:Sastrawan Amerika Serikat]]
[[Kategori:Pascamodernis]]
[[Kategori:Sastra pascamodern]]
[[Kategori:Tokoh Unitarian Universalis]]
[[Kategori:Alumni Universitas Chicago]]
[[Kategori:Alumni Universitas Chicago]]
[[Kategori:Alumni Universitas Cornell]]
[[Kategori:Alumni Universitas Cornell]]

Revisi per 24 Oktober 2018 11.41

Kurt Vonnegut, 1972

Kurt Vonnegut Jr. (/ˈvɒnəɡət/;[1] 12 November 1922 – 11 April 2007) adalah seorang penulis Amerika Serikat. Selama lima puluh tahun, Vonnegut menghasilkan empat belas novel, tiga koleksi cerita pendek, lima naskah drama, dan lima karya non-fiksi. Dia terkenal karena novel satir gelapnya Slaughterhouse-Five (1969).

Lahir dan besar di Indianapolis, Indiana, Vonnegut pernah berkuliah di Universitas Cornell. Ia keluar pada bulan 1943 dan bergabung dengan Angkatan Darat Amerika Serikat. Selama dinas militernya, dia belajar teknik mesin di Institut Teknologi Carnegie dan Universitas Tennessee. Dia kemudian dikirim ke Eropa untuk bertempur di Perang Dunia Kedua dan tertawan oleh pasukan Jerman pada saat Pertempuran Bulge. Vonnegut ditawan di Dresden dan selamat dari pengeboman Sekutu atas kota itu dengan berlindung pada sebuah peti daging di rumah potong tempatnya ditawan. Setelah perang usai, Vonnegut menikahi Jane Marie Cox; pernikahan itu menghasilkan tiga orang anak.

Vonnegut menerbitkan novel pertamanya, Player Piano, pada 1952. Novel itu mendapat tanggapan yang baik namun tidak berhasil secara komersial. Sepanjang dua puluh tahun setelahnya, dia menulis novel-novel yang hanya hampir-hampir sukses, seperti Cat's Cradle (1963) dan God Bless You, Mr. Rosewater (1964). Baru pada novel keenam, Slaughterhouse-Five, Vonnegut mendapat ketenaran. Sentimen anti-perang yang diusung novel tersebut beresonansi dengan para pembacanya, terlebih dengan sedang berlangsungnya Perang Vietnam. Setelah terbit, Slaughterhouse-Five memuncaki daftar buku terlaris The New York Times. Ketenaran barunya menyebabkan Vonnegut banyak mendapat undangan untuk berceramah dan menerima banyak penghargaan.

Di masa penghujung kariernya, Vonnegut menerbitkan beberapa koleksi esai otobiografis dan koleksi cerita pendek, seperti Fates Worse Than Death (1991) dan A Man Without a Country (2005). Baru setelah kematiannyalah Vonnegut disanjung sebagai seorang pengamat-penulis yang kritis, ironis, dan gelap, namun tak menyingkirkan tempatnya sebagai salah satu penulis dunia kontemporer yang paling berpengaruh. Putranya Mark Vonnegut menerbitkan himpunan tulisan-tulisan ayahnya yang belum sempat diterbitkan, berjudul Armageddon in Retrospect. Pada tahun 2017, Seven Stories Press published Complete Stories, sebuah koleksi cerita fiksi pendek karyanya, termasuk lima buah yang belum pernah diterbitkan. Complete Stories dihimpun dan diperkenalkan pada khalayak oleh sahabat Vonnegut Jerome Klinkowitz dan Dan Wakefield. Beberapa karya ilmiah juga telah memeriksa dan menguji karya dan humor yang membuat Vonnegut terkenal.

Karya

Daftar ini hampir seluruhnya diambil dari buku Thomas F. Marvin, Kurt Vonnegut: A Critical Companion (2002), dan tahun di dalam kurung menunjukkan kapan karya tersebut pertama kali diterbitkan:[2]

Referensi

Rujukan

  1. ^ "How to pronounce Kurt Vonnegut". Bookbrowse.com. Diakses tanggal 2 December 2017. 
  2. ^ Marvin 2002, hlm. 157–158.
  3. ^ Smith 2007.

Sumber

Pranala luar