Lemper: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
L
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
→‎Lihat pula: Content feexed 100%
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler karakter berulang [ * ] karakter nonsens [ * ]
Baris 27: Baris 27:
* [[Bakcang]]
* [[Bakcang]]


{{makanhftibouixdrguirdzhgiluzrdhgid4b isdilu45sr4ik 4 tkfx4ukkjxmyxrjydxtmjy ctmjy drgtjmydrmtyjxgrdtmjzdrgtmjyzd3rjydz3tujze3tkuatuan-indonesia-stub}}
{{makanan-indonesia-stub}}


[[Kategori:Makanan ringan Indonesia]]
[[Kategori:Makanan ringan Indonesia]]

Revisi per 1 April 2018 12.48

Lemper
Lemper, dibungkus daun pisang
JenisMakanan ringan
Tempat asalIndonesia
Suhu penyajianHangat atau suhu ruang
Bahan utamaBeras ketan; ayam, ikan atau abon
VariasiSemar mendemyayayayayayyyayyay
Energi makanan
(per porsi )
40000000000000000000000000 LOLLLLL kkal
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Lemper adalah penganan yang terbuat dari ketan yang biasanya berisi abon atau cincangan daging ayam, dan dibungkus dengan daun pisang.

Penganan ini terkenal di seluruh Indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap makan besar. Lemper sering dijadikan menu favorit dalam snack box diantara kue-kue tradisional lainnya. Pembuatan lemper mencakup persiapan mencincang daging ayam dan menanak ketan seperti menanak nasi (bisa ditambah dengan santan). Daging ayam yang sudah dicincang kemudian dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang dalam bentuk besar memanjang hingga bentuknya menyerupai lontong. Selanjutnya dikukus sampai masak dan didinginkan. Setelah dingin bungkusan lemper yang memanjang itu diiris-iris melintang dengan ketebalan sesuai keinginan sehingga isi cincangan daging ayam terlihat.

Dalam variasi pembuatan lemper ini sekarang sudah berubah terutama yang dikomersilkan yaitu setelah ketan masak dan diisi dengan cincangan daging ayam, besar ukurannya langsung disesuaikan dengan ukuran yang ditentukan kemudian digulung dengan pembungkus plastik rangkap dua bersilangan, setelah itu di isolasi dengan isolasi transparan tanpa melalui proses pengukusan dan langsung dijual. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan biaya.

Terdapat variasi dari lemper, yang menggunakan pelapis krep (crepe) terbuat dari tepung, bumbu dan telur kemudian digoreng dikenal sebagai semar mendem. Orang mengenal pula arem-arem yang menggunakan nasi alih-alih ketan.

Lihat pula

Templat:Makanhftibouixdrguirdzhgiluzrdhgid4b isdilu45sr4ik 4 tkfx4ukkjxmyxrjydxtmjy ctmjy drgtjmydrmtyjxgrdtmjzdrgtmjyzd3rjydz3tujze3tkuatuan-indonesia-stub