Ishq Subhan Allah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ishq Subhan Allah
Ishq Subhan Allah.jpg
PembuatCreative Eye Limited
PerancangDanish Javed
PengarangDanish Javed
SutradaraNitin Jindal
PemeranEisha Singh
Adnan Khan
Samiksha Bhatnagar
Gunn Kansara
Vinay Jain
Monica Khanna
Dhiraj Rai
NegaraIndia
BahasaHindi
Urdu
Jumlah musim1
Jumlah episode445 Sampai Dengan 15 November 2019
Produksi
ProduserZuby Kochchar
Dheeraj Kumar
KameraMulti-camera
Rumah produksiCreative Eye Limited
Rilis
Jaringan penyiarZee TV (India)
ANTV (Indonesia)
Format visual480i (SDTV)
1080i (HDTV)
Tanggal rilis14 Maret 2018 –
Sekarang

Ishq Subhan Allah (Bahasa Indonesia: Subhan Allah Cinta ini) adalah sebuah serial televisi drama India.[1] Serial tayang perdana pada 14 Maret 2018 dan akan diproduksi oleh Creative Eye Limited, serial ini akan disiarkan oleh Zee TV.[2][3] Serial ini akan dibintangi oleh Eisha Singh dan Adnan Khan dalam peran utama.[4][5] Pertunjukan tersebut juga menandai kembalinya Eisha Singh, yang sebelumnya terlihat di Zee TV Ek Tha Raja Ek Thi Rani dan Colors Ishq Ka Rang Safed.[6][7][8]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Jumlah episode Awalnya Disiarkan (Indonesia)
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 127 15 Juli 2019 (2019-7-15) 29 November 2019

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ishq Subhan Allah berfokus pada agama di dunia modern melalui isu-isu seperti talaaq Triple di India (suatu bentuk perceraian instan yang diberikan secara verbal oleh suami dalam Islam) dan Mahr, pembayaran yang dilakukan kepada pengantin wanita di bawah Islam. Cerita ini bermarkas di Lucknow dan berfokus pada komunitas Muslim. "Ishq Subhan Allah" berkisar pada dua orang, Zara dan Kabir yang mengikuti agama yang sama, Islam tetapi menafsirkan Quran secara berbeda. Dua karakter utama memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Salah satunya adalah Zara Siddiqui (Eisha Singh), seorang wanita Muslim yang berpikiran terbuka yang berjuang untuk hak-hak manusia. Dia menyelesaikan Masternya dalam Studi Islam dan telah kembali ke Lucknow setelah 5 tahun. Tokoh utama lainnya adalah Kabir Ahmad (Adnan Khan), yang merupakan seorang Mawlawi muda yang berorientasi pada budaya dan konservatif. Dia juga telah kembali ke rumah ke Lucknow, setelah menyelesaikan studinya dalam latihan Maulvi (Islam). Pandangan tradisional Kabir dan perspektif modern Zara terhadap Islam menyebabkan percikan daya tarik awal mereka untuk mati dan mereka saling berbenturan karena cita-cita mereka yang berbeda pada talaq instan tiga.

Diskusi Zara dan Kabir tentang triple instant talaq menjadi viral di media sosial, membuat marah ayah mereka, yang menjadi anggota Dewan Syariah (Islamic Board) di kota. Zara ditekan untuk mengambil kembali pandangannya terhadap talaq instan tiga, yang menurutnya menghina perempuan. Hal ini membawa murka pada komunitas pada dirinya. Kabir, yang mengambil alih posisi anggota dewan Syariah dari ayahnya, Shahbaz Ahmed (Vinay Jain), melindungi Zara (demi martabat komunitas mereka) dan memberikan pernyataan kepada media yang mengatakan bahwa video itu palsu. Zara, yang percaya bahwa Kabir bertanggung jawab atas bocornya video itu, menantangnya bahwa dia akan membuat perbedaan bagi kedudukan perempuan di komunitas mereka. Untuk membalas dendam terhadap Kabir, Zara mengambil alih keanggotaan Dewan Syariah dari satu-satunya wakil perempuan. Kabir, yang percaya bahwa pandangan Zara bertentangan dengan Islam, melecehkan tindakannya, yang berakhir dengan Zara dan Kabir mengalami perkelahian publik. Karena tidak ingin komunitas mereka menderita dan terbagi karena perspektif mereka yang berbeda, para penatua masyarakat menyarankan agar Zara dan Kabir menikah.

Dengan demikian, karena keadaan, mereka berdua akhirnya bertunangan karena pertandingan ini diyakini bermanfaat bagi komunitas Islam mereka di kota. Tidak ingin terikat satu sama lain seumur hidup, Kabir dan Zara bergabung dengan teman-teman terbaik mereka Reema dan Imran untuk menghentikan pernikahan. Kabir bahkan memanipulasi saudara iparnya, Zeenat untuk memunculkan fakta bahwa ayahnya sebelumnya telah setuju untuk menikahi dia dengan Rukhsaar (Shipsy Rana), adik perempuan Zeenat, Rukhsaar, yang telah memendam perasaan untuk Kabir sejak kecil tidak dapat mengambil syok mencoba bunuh diri pada hari pertunangan Kabir dan Zara. Dia akhirnya diselamatkan oleh Zara yang menyumbangkan darah padanya dan meyakinkannya bahwa dia tidak akan menikahi Kabir. Namun, dalam pergantian peristiwa, Shahbaz Ahmed mampu menipu Rukhsaar dan meyakinkannya bahwa dia akan membuatnya menikah dengan Kabir setelah ia menjadi Sheher Qazi (Pemimpin Agama Islam kota) dengan bantuan dari Zara Pastor Irfan, yang Sheher Qazi saat ini. Rukhsaar yang ingin mendapatkan Kabir serta menjadi Qazian (Istri Qazi) setelah menikahi Kabir setuju untuk mendapatkan Kabir dan Zara menikah tanpa memikirkan dampak aliansi ini pada masa depannya dengan Kabir. Kabir dan Zara akhirnya terkejut ketika Rukhsaar sendiri melangkah maju dan membuat mereka bertunangan. Melihat tidak ada jalan keluar lain, Kabir dan Zara memutuskan untuk mengatakan tidak pada nikaah, ketika mereka ditanya apakah mereka menerima pernikahan. Di saat kelemahan, Zara khawatir bahwa penolakannya terhadap pernikahan ini akan menyebabkan keburukan ayah tercintanya mengatakan "Qubool Hai" (Saya Menerima) untuk pernikahan. Kabir, melihat tidak ada jalan keluar lain, mendidih dengan kemarahan juga secara terbuka menerima pernikahan di upacara, meninggalkan Zara bingung karena dia berharap dia akan mengatakan tidak jika dia tidak bisa menolak. Takut mendukung Kabir untuk talaq-e-biddat (triple instant talaq), Zara memasukkan sebuah klausul dalam nikahnama-nya (kontrak pernikahan) yang menyatakan bahwa Kabir tidak dapat menceraikannya dengan cara ini. Kabir dengan marah menyetujui persyaratan ini, sementara memberikan maharnya 10 juta.

Meskipun mereka dipaksa menikah, orang tua Kabir, Shahbaz dan Ayesha (Gunn Kansara) meyakinkan baik Zara maupun Kabir untuk pergi ke Kashmir untuk bulan madu mereka. Saat menjelajahi wilayah yang indah, Zara diculik oleh Siraj (Piyush Sahdev), seorang Don bawah tanah yang dibuat untuk dipercaya oleh Rukhsaar, (yang menciptakan akun media sosial palsu untuk Zara) bahwa Zara jatuh cinta padanya. Zara diselamatkan oleh Kabir. Ini menghasilkan hubungan Zara dan Kabir menjadi mekar dan mereka menyempurnakan pernikahan mereka. Zara mengetahui bahwa itu adalah Rukhsaar yang membuat profil tiruannya. Setelah episode Kashmir, Zara jatuh cinta pada Kabir, sementara Kabir masih berjuang untuk memahami perasaan dan ketertarikannya kepada istrinya dan memandang pernikahan ini sebagai tugas. Rukhsaar terkejut mengetahui bahwa Zara telah kembali dengan Kabir dari Kashmir karena dia berharap dia akan tetap di tempat Siraj. Segera setelah Qazi Irfan Siddiqui memutuskan untuk membuat Kabeer Nayyab Qazi (Wakil Presiden untuk Qazi) dengan syarat bahwa Rukhsaar harus dinikahkan karena dia terus campur dalam kehidupan Kabir dan Zara. Karena ingin melihat putranya sebagai Qazi, ayah Kabir memutuskan untuk menikah dengan Rukhsaar. Menyadari bahwa dalam keserakahannya untuk menjadi istri Qazi, dia telah kehilangan Kabir selamanya, Rukhsaar berjanji untuk menghancurkan pernikahan Zara dan Kabir dengan menggunakan ego Kabir dan perbedaan mereka dalam ideologi melawan hubungan mereka. Kabir yang masih menentang Zara sebagai anggota Dewan Syariah selalu mencoba untuk menjaga dia di rumah dan melibatkan dirinya dengan pekerjaan rumah tangga. Kabir bersikeras bahwa Zara menjadi seperti ibunya yang dia jawab mengatakan "ketika Ammi memberitahu saya untuk kemudian saya akan mengubah diri saya menjadi menantu yang Anda inginkan".

Kabir memulai proyek baru tetapi membutuhkan seorang investor dan Zara memutuskan untuk menggunakan cek mahr untuk membantunya. Menyakiti bahwa istrinya tidak percaya pada kemampuannya, dia menolak bantuannya dan mengejeknya karena berpikir bahwa dia akan pernah mengambil uangnya. Rukhsaar menyadari bahwa dia seharusnya menikahi Kabir ketika dia memiliki kesempatan membuat rencana dengan Miraj, saudara Siraj, yang berpura-pura menjadi investor kaya yang tertarik dengan proyek Kabeer. Zara yang sadar akan sifat asli Rukhsaar adalah waspada terhadap Miraj dan karena itu dia bekerja sama dengan ibu Kabir, Imran dan Reema untuk menjauhkan Kabir dari Miraj. Sementara mereka pada awalnya sukses, Miraj akhirnya mampu memulai kemitraan dengan Kabir dan juga berhasil membawa Rukhsaar sebagai mitra sementara Zara melihat tanpa daya. Kabir yang muak dengan gangguan Zara dalam pekerjaannya dan tertarik padanya tinggal di rumah mulai menghindarinya. Untuk memperbaiki hubungan mereka, Zara mencoba merayu dia dengan berpakaian seperti pengantin dan menunggu Kabir. Kabir menyerah pada kemajuannya dan tidur bersamanya saat dia memandang ini sebagai tugas seorang suami. Zara di sisi lain, sangat gembira ketika dia berpikir itu karena dia mencintainya. Ketika Kabir mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya padanya, Zara dibiarkan patah hati dan bertanya-tanya apakah dia akan mencintainya. Sementara itu, Rukhsaar bertunangan dengan Hamdan (Vishesh Sharma). Diatasi dengan nafsu untuk Kabir dan terkejut pada inklusi Zara ke dalam proyek Kabir oleh Miraj, Rukhsaar mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya untuk Kabir yang menegurnya atas perilakunya dan mengatakan dia adalah pria yang sudah menikah yang hanya akan setia pada istrinya, Zara, pada setiap biaya.

Untuk menghindari masalah lebih lanjut dari Rukhsaar, Kabir dan Zara dengan bantuan Miraj, Rukhsaar bertunangan dengan Hamdan dan memperbaiki tanggal pernikahannya. Rukhsar yang bersikeras untuk meminta Kabir memutuskan membatalkan pernikahannya. Zeenat melihat jalan merusak dirinya sendiri adiknya menginjak permintaan untuk menerima nasibnya dan menikahi Hamdan. Marah oleh pernyataan kakaknya, Rukhsaar menyadari dia kehilangan satu-satunya dukungan yang dia miliki di rumah. Miraj juga mengetahui bahwa Rukhsaar adalah orang yang menciptakan profil palsu Zara dan sangat marah dia menyebabkan kematian saudaranya dan mencoba untuk memanipulasi dia untuk menghancurkan hubungan Kabir dan Zara. Dia kemudian bersumpah untuk membunuh Rukhsaar dulu. Sementara itu, Kabir perlahan-lahan menghangatkan pikiran dan pandangan Zara dan menemukan dirinya ditarik ke istrinya dan bergerak melampaui hanya "tugas suami" dan benar-benar jatuh cinta dengan Zara.

Putus asa untuk menikahi Kabir, Rukhsar mengambil bantuan Miraj untuk melancarkan sebuah situasi di mana dia bisa tidur dengan Kabir sehingga dia diliputi rasa bersalah dan akan menawarkan untuk menikahinya. Miraj yang sadar akan peran Rukhsaar dalam penangkapan dan kematian Siraj, berencana menggunakan situasi ini untuk membunuh Rukhsaar, Zara, dan Kabir sekaligus. Zeenat, yang sadar akan rencana Rukhsaar, terperangah dengan betapa rendahnya adik perempuannya dapat tenggelam, mencoba menghalangi Rukhsaar dari melakukan dosa semacam itu, terutama selama Ramadhan. Berdasarkan rencananya dengan Rukhsaar, Miraj meyakinkan Kabir untuk berbicara dengan Rukhsaar dan memintanya untuk menikahi Hamdan dan melupakan Kabir. Saat berbicara dengan Rukhsaar, Kabir diberi air yang diberi obat penenang yang kuat. Kabir tanpa sadar tertidur dan Rukhsaar mencoba mengambil keuntungan dari situasi itu. Zeenat yang ingin menyelamatkan saudara perempuannya dari dampak tindakannya, memanggil Zara dan memintanya untuk pulang cepat. Zara tiba dan terkejut menemukan Rukhsaar mencoba menganiaya Kabir yang tidak sadarkan diri. Zara dalam kemarahan marah menampar Rukhsaar dan menyeretnya ke ruang tamu di depan anggota keluarga lainnya. Miraj, yang bersembunyi di kamar mandi, menunggu untuk menembak mereka semua mati, menyadari bahwa Zeenat pastilah orang yang memanggil Zara dan menggagalkan rencananya. Zara menghina Rukhsaar di depan keluarga yang Rukhsaar membalas dengan mengklaim Kabir adalah orang yang mendekati dia dan hanya membalas karena dia jatuh cinta padanya. Kabir perlahan bangun setelah obat penenang habis dan terkejut melihat apa yang terjadi. Zara menolak untuk percaya bahwa Kabir salah dan mencoba untuk mencari tahu kebenaran sementara Kabir sedih bahwa dia menyebabkan rasa sakit kepada istri dan keluarganya. Dia berjanji bahwa jika dia salah, dia akan memastikan bahwa dia melakukan hal yang benar oleh semua orang, termasuk Zara. Namun, dia menyebutkan kepada Rukhsaar bahwa jika ini ternyata tidak benar, dia akan menunjukkan warna aslinya dan memastikan bahwa dia menderita karena perbuatan buruknya. Singkatnya, Zara menyadari bahwa Rukhsaar telah berubah menjadi baju tidur (untuk menggoda Kabir setelah membiusnya) dan telah meninggalkan mereka di lemari Zara untuk diambil kemudian. Dia membuktikan ini menggunakan kamera CCTV di pintu masuk rumah mereka. Zara juga mampu membuat air minum Rukhsaar dari kendi di kamarnya. Rukhsaar pingsan setelah minum air yang membuktikan bahwa Kabir tidak bersalah.

Rukhsaar diisolasi oleh keluarga setelah insiden ini. Zara juga dapat memberi tahu Kabir bahwa Rukhsaar adalah orang yang membuat profil palsunya untuk mengobrol dengan Siraj. Dia juga mengungkapkan bahwa Rukhsaar telah mencoba membunuhnya ketika mereka berada di Kashmir pada beberapa kesempatan. Kabir mengatasi dengan kemarahan menyeret Rukhsaar keluar dan menyatakan bahwa dia harus diserahkan ke Polisi karena mencoba membunuh istri tercintanya. Zara campur tangan dan menyarankan agar mereka menikahi Hamdan sebagai gantinya dan mengajukan FIR terhadapnya setelah dia pergi ke Dubai untuk memastikan bahwa dia tidak dapat kembali ke India lagi. Rukhsar, melihat tidak ada jalan keluar lain yang setuju untuk menikahi Hamdan. Zeenat juga menghangatkan gagasan bahwa saudara perempuannya menikahi Hamdan yang dia yakini sebagai pasangan yang cocok untuk saudara perempuannya seperti yang dia pikir dulu adalah Kabir. Menyadari bahwa dia melakukan kesalahan besar dengan memanggil Miraj ke rumah, Rukhsar membayar seorang rekan lama (Nisha Nagpal) miliknya untuk berpura-pura menjadi saudara perempuan Miraj, Nilofer, untuk mengawasi dia dan melindungi Amaan, keponakannya serta Kabir. Dia juga memberitahu temannya untuk melakukan sedikit untuk menjaga Zara dan Kabir terpisah. Bersumpah untuk kembali ke rumah, Rukhsar dengan sedih menikahi Hamdan dan berlinang air mata mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga saat Kabir mengawal dia di tempat ayahnya keluar dari rumah dengan suami Hamdan. Kabir dan Zara tumbuh lebih dekat selama acara-acara ini dan Kabir akhirnya mengaku kepada istrinya bahwa akhir-akhir ini dia telah melakukan hal-hal untuknya dengan cinta murni dan bukan hanya tugasnya sebagai seorang suami. Zara sangat gembira mendengar ini dari Kabir dan mereka menikah lagi dengan mengatakan "Qubool Hai" satu sama lain lagi karena mereka awalnya menikah dengan keinginan mereka. Miraj terkejut menemukan "Nilofer" didorong masuk ke dalam rumah sebagai saudara perempuan dan berjuang untuk menemukan motif sebenarnya datang ke rumah. Dia juga menjadi waspada terhadap Zeenat, yang dia percaya telah menggagalkan rencananya untuk membunuh Kabir dan Zara dan mengekstraksi pembalasannya.

Saat Idul Fitri mendekati, Kabir dan Zara, sebagai anggota Dewan Syariah, berbenturan mengenai apakah wanita dapat menawarkan Namaz di masjid. Kabir dan Zara tetap terpisah selama diskusi ini dan akhirnya Zara memenangkan kasus tersebut sehingga membuat Kabir marah, yang menolak untuk menerima kekalahan ini. Kabir menolak untuk memimpin shalat dan sebagai Nayyab Qazi, menjengkelkan Qazi Irfan dan Shahbaz karena menentang keputusan Dewan Syariah. Kabir juga mulai menghindari Zara dan tidak memanggilnya kembali dari rumah orang tuanya, di mana dia diseret olehnya saat bertengkar. Kebahagiaan Rukhsaar tidak mengenal batas ketika dia mendengar hal ini dari Nilofer. Sisa dari keluarga bekerja keras untuk membawa Zara dan Kabir lebih dekat lagi. Shahbaz dan Qazi Irfan meludahi kasus Zara bagi para wanita yang berdoa di masjid. Rukhsaar dan Hamdan kembali untuk Idul Fitri dan Rukhsaar menikmati kenyataan bahwa Kabir menghalangi upaya Zara untuk berdamai dengannya. Zara memperingatkan dia untuk menjauh dari kehidupan mereka. Dia lebih lanjut mengancam untuk memanggil Polisi karena kasus terhadap Rukhsaar masih tertunda. Rukhsaar dengan enggan mundur. Banyak yang membuat Rukhsaar dan Miraj kecewa, Kabir dan Zara kembali berbaikan selama Idul Fitri. Kebahagiaan mereka hidup singkat ketika Kabir menyaksikan Zara mengatakan pada ayahnya bahwa dia berpikir Kabir mungkin belum cukup dewasa untuk mengambil alih sebagai Sheher Qazi dulu. Kabir melontarkan rasa frustrasinya dan bertanya-tanya apakah dia ingin terus hidup dengan orang yang dia anggap sangat buruk. Zara mencoba untuk mempertahankan pendiriannya hanya untuk jatuh ke telinga yang tuli. Hal ini juga menunjukkan bahwa Miraj lambat menemukan dirinya tertarik pada Zara dan mencoba untuk mendapatkan perhatiannya ketika mencoba untuk memisahkan pasangan. Nilofer ditawari lebih banyak uang oleh Miraj dan dia menerima tawaran itu sambil perlahan meninggalkan Rukhsaar. Kabir juga terlihat telah meminjam 10 juta untuk beberapa tujuan. Ketika Zara menanyainya, dia dengan marah menolaknya dan mengatakan pada ibunya bahwa dia akan mengungkapkan niatnya pada waktunya. Diteladani oleh temannya dari dewan Syariah dan marah oleh pertarungan verbal dengan Qazi Irfan, Shahbaz sekarang memutuskan bahwa akan lebih baik jika Kabir menceraikan Zara dan mencoba yang terbaik untuk membuat Kabir marah dengan Zara. Dia senang melihat bahwa Zara akan melayani sebagai saksi melawan Kabir di dewan Syariah karena tidak memimpin Namaz. Dia percaya bahwa ini akan membuat Kabir marah dengan Zara dan membuatnya menceraikannya.

Zara, didukung olehnya Ayesha memberikan pernyataan melawan Kabir. Sebagai pembalasan, Kabir dengan marah mundur dari jabatan Nayyab Qazi, banyak yang mengagetkan Zara. Untuk menyelesaikan hal-hal di antara pasangan, Ayesha berencana membawa Zara kembali ke rumah sementara Kabir bergumul dengan perasaannya terhadap Zara dan pengkhianatan yang dirasakannya dengan melawannya di dewan Syariah. Tampak marah dan mengingat diskusi mereka tentang perceraian sebelum menikah, Kabir akhirnya menyeringai pada dirinya sendiri. Dia mengumpulkan 10 juta dan menuju ke rumah Zara. Zara sangat senang melihatnya. Kabir bertanya padanya apakah dia akan menyesuaikan dengan pikirannya sekarang yang dia setujui. Dia menyatakan bahwa satu-satunya hal yang mereka sepakati sejak awal adalah bahwa mereka seharusnya tidak menikah dan mulai memberinya talaq instan tiga kali lipat (dengan memproklamasikan talaq tiga kali) dan Mehr-nya. Zara sangat kecewa dan Ayesha, Salma dan Irfan terkejut. Zara bersumpah untuk melawan ketidakadilan yang dijatuhkan padanya bahkan jika itu adalah Kabeer di pihak penerima. Dia menunjukkan bahwa dalam nikaahnama mereka, ada klausul khusus yang tidak memungkinkan untuk talaq tiga, sehingga membuat perceraian antara dia dan Kabir batal. Agar Kabir dan Zara bercerai, Kabir harus melalui, talaq-e-ahsan, yang berarti ia akan memproklamirkan perceraian pada tiga waktu yang berbeda, menyusul kesenjangan 30 hari antara setiap proklamasi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Shipsy Rana as Rukhsar Sheikh (2018-present)
  • Vinay Jain/Anupam Bhattacharya as Shahbhaz Ali Ahmad, Kashan, Kabeer and Alina's father (2018-2019)/(2019-present)
  • Gunn Kansara as Ayesha Ahmad, Kashan, Kabir and Alina's mother (Died) (2018-2019)
  • Dhiraj Rai as Kashan Ahmad, Kabir's brother, Zeenat's husband (2018-present)
  • Monica Khanna as Zeenat Ahmed, Kabir's sister-in-law, Kashan's wife, Rukhsar's elder sister (2018-present)
  • Toshi Shaikh as Amaan Ahmad, Kabir's nephew, Zeenat and Kashan's son (2018-2019)
  • Anjita Poonia as Alina, Kabir's sister, Amir's wife (2018-2019)
  • Amit Dolawat as Amir Nabi, Alina's husband, Kabir and Zara's helper, Former Army Officer (2019)
  • Suneel Pushkarna as Qazi Irfan Siddiqui, Zara's father (2018-present)
  • Shalini Arora as Salma Siddiqui, Zara's mother (2018-present)
  • Kanika Gautam as Azhra, Zara's cousin (2019-present)
  • Kinshuk Vaidya as Zain Abdullah (2019)
  • Ali Raza Naamdaar as Wali Khan
  • Unknown as Amina Bi
  • Aashutosh Semwal as Imraan, Kabir's best friend[10]
  • Rutpanna Aishwarya as Reema, Zara's best friend, Imran's love interest (2018-2019)
  • Piyush Sahdev as Siraaj Ahmad, Underworld Don of Kashmir[11](2018)
  • Gautam Vig as Miraaj Ahmed/Miraaj Ali, Siraaj's brother (2018-2019)
  • Nisha Nagpal as Nilofer Ali, Miraaj's fake sister, Rukhsar's friend (2018)
  • Aliraza Namdar as Priest Imam Hashim Mian (2019)
  • Deepali Saini as Kausar, Bilal's wife, the one whom Zara helped (2019)
  • Salman Shaikh as Bilal Hasan, Kausar's Husband (2019)
  • Ankit Vyas as Rizwan, Zara's cousin (2019)
  • Shefali Rana as Tabassum, Kabir's aunt (2019)
  • Worshipp Khanna as Chef Deven (2019)

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

  • Di Indonesia (Bahasa Indonesia) mulai ditayangkan di ANTV dengan judul Ishq Subhan Allah: Subhan Allah Cinta Ini pada 15 Juli 2019 hingga 29 November 2019.[12][13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ishq Subhan Allah, Coming Soon". www.ozee.com. ozee.com. 10 February 2018. Diakses tanggal 24 February 2018. 
  2. ^ "Kundali Bhagya, Ishq Subhan Allah, Yeh Rishta Kya Kehlata Hai – Here are the Top 10 shows of the week as per the BARC report". Bollywood Life. 28 April 2018. 
  3. ^ "Most watched Indian television shows: Ishq Subhan Allah soars up the BARC list". Indian Express Limited. 29 April 2018. 
  4. ^ "Adnan Khan on Ishq Subhan Allah's success: I feel people are curious to know about the lives of regular Muslim people". Bollywood Life. 25 April 2018. 
  5. ^ "'Ishq Subhan Allah' stars Eisha Singh and Adnan Khan making the most of thei Kashmir shoot". DNA India. 16 April 2018. 
  6. ^ "Zee TV's New Show With Muslim Backdrop Ishq Subhan Allah Is A Love Story Between Two Varying Principles". www.desi-serials.tv. 13 February 2018. Diakses tanggal 24 February 2018. 
  7. ^ "Mishal Raheja bumps into his co-star Eisha Singh fro Ishq Ka Rang Safed". The Times of India. 24 April 2018. 
  8. ^ "Ishq Subhan Allah beats Bepannaah, here's why the show on triple talaq is making waves". India Today. 20 April 2018. 
  9. ^ https://m.timesofindia.com/tv/news/hindi/ishq-subhan-allah-new-promo-tunisha-sharma-makes-an-entry-into-the-show/amp_articleshow/71740544.cms
  10. ^ Team, Author: Editorial (2019-07-23). "Aashutosh Semwal returns to Zee TV's Ishq Subhan Allah". IWMBuzz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-27. 
  11. ^ "Piyush Sahdev is back on television with 'Ishq Subhan Allah'". The Times of India. 29 April 2018. 
  12. ^ "ANTV Hadirkan Serial Religi India Terbaru "Ishq SubhanAllah"". moeslimchoice. 
  13. ^ "Antv Sajikan ISHQ SUBHANALLAH Drama Religi dari India". Kapanlagi.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]