Iridomyrmex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Iridomyrmex
Periode 35.6–0 jtyl
Eocene to present
Iridomyrmex

Semut daging (I. purpureus)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoHymenoptera
FamiliFormicidae
GenusIridomyrmex
Gustav Mayr, 1862
Diversitas
c. 79 spesies hidup
5 spesies fosil
Spesies

Iridomyrmex atau semut pelangi (yang merujuk kepada kilau hijau-biru cangkang luar mereka) adalah sebuah genus semut yang pertamakali dideskripsikan oleh entomolog Austria Gustav Mayr pada 1862. Ia menempatkan genus ini pada subfamili Dolichoderinae pada famili Formicidae. Genus ini memiliki 79 spesies yang sudah dideskripsikan, dan lima spesies fosil. Kebanyakan dari semut-semut ini berasal dari Australia; lainnya ditemukan di Asia dan Oseania, dan mereka telah dikenalkan ke Brazil, Selandia Baru dan Uni Emirat Arab. Spesies fosilnya diketahui dari Tiongkok, Prancis dan Amerika Serikat.

Semut-semut ini diketahui sebagai sebuah kelompok semut yang dominan dan penting secara ekologis, namun mereka juga terkadang dianggap sebagai hama karena mereka menggangu tanah dan memasuki kediaman-kediaman manusia. Peternak pada pedesaan Australia nemaruh bangkai semut pada tumpukan sarang semut daging (I. purpureus) sebagai metode untuk menyingkirkan mereka; bangkainya biasanya dihabiskan seluruh dagingnya dalam hitungan pekan. Semut-semut ini juga ikut ritual bertarung, yang membantu mencegah kematian dan menyelesaikan perselisihan-perselisihan teritori diantara koloni-koloni bertetangga. Semut daging ini adalah yang paling besar pada genus ini, dengan panjang 8 mm (0,31 in).

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

(Tanda salib menunjukkan spesies punah)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnson, Norman F. (19 December 2007). "Iridomyrmex Mayr". Hymenoptera Name Server version 1.5. Columbus, Ohio, USA: Ohio State University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 June 2015. Diakses tanggal 11 June 2015. 
  2. ^ Bolton, B. (2014). "Iridomyrmex". AntCat. Diakses tanggal {{{accessdate}}}.