Institut Manajemen Global Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Institut Manajemen Global Indonesia disebut sebagai salah satu 'lembaga jual gelar di Indonesia. Institut tersebut beroperasi dari 1997 sampai dengan 2003 dalam kerjasama dengan Northern California Global University. Pada tahun 2003, bagian Northern Californaia Golbal University yang terdaftar di San Francisco, California, tertutup di indonesia karena kalah untuk memenuhi syarat akreditasi dari Departemen Pendidikan Tinggi. Sesudah itu, Modus operandinya adalah membagi-bagikan gelar Doktor Honoris causa kepada para pejabat dan selebritis Indonesia, dan orang lain yang berkontribusi besar pada Indonesia dengan alasan penghargaan kepada mereka.

Doktor Honoris Causa bukan gelar yang dapat digunakan untuk menunjuk kualifikasi atau mencari kerja melainkan bentuk penghargaan saja. Hal ini diakui oleh Dir. Gen Dep. Pendidikan Tinggi, Indonesia, ketika dipanggil sebagai saksi di pengadilannya. Ia mengatakan

"Aku tidak bisa menyatakan gelar ini oleh karena gelar ini dikeluarkan oleh negara lain, dan tidak dalam wewenang atau jurisdiksi Indonesia."

Pada tahun 2005, presiden senat akademik Northern California Global Univeristy, Luke Comey (dari Amerika Serikat) serta dirutnya Mardiana ditahan kepolisian, bersama sebelas staff lain seperti sekretaris, komisaris, staff fotokopi, supir, dan lain-lain. Sementara IMGI sendiri dibubarkan[1][2][3][4] Yang tertarik, orang2 yang disebut dalam daftar dibawa terima penghargaan yang masih sah, dan cuman di 'spin' oleh media massal sebagai sesuatu yang tidak pantas. Akhirnya semua staff termasuk Luke Comey (walaupun bukan staf juga!) dianggap tak salah oleh pengadilan tinggi waktu mereka naik banding. Akhirnya hanya yang milik IMGI, Mardiana, divonis dua tahun penjara. Yang lain dibebaskan. Mardiana memakai waktu itu dengan baik untuk mempelijari agamanya, Islam, dan masih merasa sukyur pada tuhan atas kesempatan baik itu untuk lihat kembali hidupnya.

Daftar penerima gelar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Republika
  2. ^ Kompas
  3. ^ "Suara Pembaruan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-11-18. Diakses tanggal 2006-08-29. 
  4. ^ "Sinar Harapan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-12. Diakses tanggal 2006-08-29. 
  5. ^ "Suara Merdeka". Suara Merdeka Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-10. Diakses tanggal 2006-08-29. 
  6. ^ Kompas
  7. ^ Liputan 6[pranala nonaktif permanen]
  8. ^ "CV di Laporan Tahunan Japfa Comfeed" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-09-28. Diakses tanggal 2006-08-29. 
  9. ^ "Suara Merdeka". Suara Merdeka Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-11. Diakses tanggal 2006-08-29. 
  10. ^ Pos Kota[pranala nonaktif permanen]