Insiden Mayor Henderson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Insiden Mayor Henderson terjadi pada 30 Juni 1975. Sekelompok pasukan pengaman dan reporter Korea Utara menyerang Mayor Angkatan Darat Amerika Serikat W. D. Henderson, seorang perwira keamanan Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNC) di Wilayah Keamanan Bersama (JSA), membuatnya terluka serius. Henderson diinjak-injak oleh pasukan Korea Utara dan menderita retak laring sebelum ia diselamatkan oleh Komando Penjaga PBB.

Saat Mayor Henderson sedang duduk di bangku yang terletak di luar T2, dekat Kantor Tugas Perwira Gabungan UNC, seorang jurnalis Korea Utara, yang pada saat itu dikenal karena menghasut perkelahian, mendekati Henderson dan memerintahkan dia untuk minggir dari jalan. Ketika Henderson tidak mematuhinya, wartawan itu meludahinya. Henderson berdiri dan reporter Korea Utara mulai memukulnya. Henderson membalas pukulan tersebut. Beberapa penjaga Korea Utara kemudian menyerang Henderson, menyeretnya ke tanah dan mulai memukuli dan menendangnya. Henderson menderita laring hancur dan dievakuasi medis dengan helikopter.

Henderson selamat, melanjutkan kariernya, dan kemudian pensiun dari Angkatan Darat Amerika Serikat.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ UN Korean War Allies Association, Inc. “Axe-wielding Murder at Panmunjom” Diarsipkan 2016-09-18 di Wayback Machine. booklet (PDF) (see Axe Murder Incident), published 21 August 1976, Seoul, South Korea pp. 24–6.
  2. ^ Joint Security Area: Pan Mun Jom. "Major Incidents in the JSA: June 30, 1975 (The MAJ Henderson Incident)". 8th US Army (5th photo). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-19. Diakses tanggal 2016-09-11.  Hapus pranala luar di parameter |work= (bantuan)