Pertempuran Taegu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 35°52′N 128°36′E / 35.867°N 128.600°E / 35.867; 128.600

Pertempuran Taegu
Bagian dari Pertempuran Perimeter Pusan
A machine gun firing at a river with four soldiers watching
Para prajurit Divisi Kavaleri ke-1 AS menemabki pasukan Korea Utara yang menyeberangi Sungai Naktong
Tanggal5-20 Agustus 1950
LokasiTaegu, Korea Selatan
Hasil Kemenangan Perserikatan Bangsa-Bangsa
Pihak terlibat

 Perserikatan Bangsa-Bangsa

 Korea Utara
Tokoh dan pemimpin
Douglas MacArthur
Walton Walker
Choi Yong-kun
Kim Chaek
Kekuatan
4 divisi 5 divisi
Korban
200 tewas
400 terluka
3.700+ tewas dan terluka

Pertempuran Taegu adalah sebuah pertempuran antara Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pasukan Korea Utara pada awal Perang Korea, dengan pertempuran berkelanjutan dari 5-20 Agustus 1950 di sekitar kota Taegu, Korea Selatan. Pertempuran ini merupakan bagian dari Pertempuran Perimeter Pusan, dan merupakan salah satu dari beberapa pertempuran besar yang dilakukan secara serentak. Pertempuran berakhir dengan kemenangan bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa setelah pasukan mereka mampu mengusir sebuah serangan oleh divisi Korea Utara yang berusaha menyeberangi Sungai Naktong dan menyerang kota.

Lima divisi Tentara Korea Utara (KPA) berkumpul di sekitar kota bersiap untuk menyeberangi Sungai Naktong dan menyerangnya dari utara dan barat. Yang mempertahankan kota adalah Divisi Kavaleri ke-1 dan Korps ROK II. Dalam serangkaian pertempuran, masing-masing divisi Korea Utara berusaha untuk menyeberangi Naktong dan menyerang pasukan pertahanan. Keberhasilan serangan ini bervariasi menurut wilayah, tetapi serangan di sektor Divisi Kavaleri ke-1 dipukul mundur dan serangan di sektor Korea Selatan lebih berhasil.

Selama pertempuran, pasukan Korea Utara mampu mengejutkan pasukan Amerika Serikat di Bukit 303 dan merebut mereka. Pada akhir pertempuran, pasukan-pasukan ini bersenapan mesin dalam Pembantaian Bukit 303. Terlepas dari kemunduran ini, pasukan PBB berhasil mengusir sebagian besar pasukan Korea Utara, tetapi pertempuran menentukan untuk mengamankan kota akan terjadi selama Pertempuran Gang Boling.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pecahnya perang[sunting | sunting sumber]

Setelah invasi terhadap Republik Korea (Korea Selatan) oleh tetangga utaranya, Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) dan pecahnya Perang Korea pada 25 Juni 1950, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa memutuskan untuk mengirim pasukan bersenjata untuk membela Korea Selatan. Amerika Serikat, anggota tetap Dewan Keamanan, segera mengerahkan angkatan bersenjata (unit Angkatan Laut AS dan Angkatan Udara AS)[1] ke Korea Selatan bagian tenggara karena pasukan yang langsung tersedia dari pangkalan mereka di Jepang dan Okinawa, di mana pendudukan militer Jepang masih berlaku.[2] Negara-negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Britania Raya dengan cepat membantu dengan mengerahkan kapal angkatan laut untuk mendukung tindakan Perserikatan Bangsa-Bangsa.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stokesbury 1988, hlm. 14–15.
  2. ^ Stokesbury 1988, hlm. 40–41.
  3. ^ Stokesbury 1988, hlm. 42.

Sumber[sunting | sunting sumber]