Pertempuran P'ohang-dong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pertempuran P'ohang-dong adalah pertempuran antara Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pasukan Korea Utara di awal Perang Korea, yang berlangsung selama 5-20 Agustus 1950 di sekitar kota P'ohang-dong, Korea Selatan. Pertempuran ini adalah bagian dari Pertempuran Perimeter Pusan, dan merupakan salah satu pertempuran skala besar yang terjadi di Perimeter Pusan. Pertempuran ini berakhir dengan kemenangan bagi pasukan PBB setelah pasukan PBB berhasil memukul mundur serangan tiga divisi Korea Utara di pantai timur Korea.

Angkatan Darat Republik Korea, didukung oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Udara Amerika Serikat, mempertahankan pantai timur Korea yang merupakan bagian dari Perimeter Pusan. Ketika beberapa divisi Tentara Rakyat Korea melintasi pegunungan untuk menyerang pasukan PBB, pertempuran sengit meletus di daerah sekitar P'ohang-dong, yang dilintasi oleh jalur perbekalan penting bagi pasukan inti PBB di Taegu.

Selama dua minggu, pasukan Korea Utara dan Korea Selatan bertempur mati-matian. Pada akhirnya, akibat runtuhnya jalur perbekalan Korea Utara dan jumlah korban yang meningkat, pasukan Korea Utara yang kelelahan terpaksa mengundurkan diri.

Pertempuran ini adalah titik balik bagi pasukan Korea Utara, yang sebelumnya meraih kemenangan demi kemenangan karena jumlah yang lebih besar dan peralatan yang lebih baik, akan tetapi jarak dan tekanan terhadap pasukan Korea Utara di P'ohang-dong membebani jalur perbekalan mereka.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]